Tuesday 7 October 2014

Hyundai Getz saat mesin panas tidak bisa di gas

Halo sobat otomotif semua, kali ini saya akan bertukar pengalaman mengenai troubelshooting pada mobil Hyundai Getz SOHC,



Awal cerita, pelanggan datang dan saya tanya keluhan pada mobil yang dibawa oleh pelanggan, dan si pelanggan menerangkan keluhan mesin mobil mbrebet, dan ketika saya lihat kondisi mesin emang mbrebet nggak bisa buat jalan, saya mengarahkan pelanggan agar mobil diservis tune up dulu untuk mengecek semua sistem, dari sistem pengapian dan suplai bahan bakar.

Ketika ditune up, saya lihat kondisi busi, filter bensin, dan filter udara. Ternyata kondisi semua komponen masih bagus lalu saya pasang lagi seperti semula, lalu mesin saya starter hasilnya mesin tidak mbrebet lagi, lalu saya test drive sejauh kurang lebih 5 Km, mobil kumat lagi mbrebetnya, dan mogok. distarter juga nggak mau hidup mesinnya, setelah mesin dingin mesin mau hidup lagi saya bawa ke bengkel dan saya check kondisi pompa bensin ternyata tekanan bensin lemah, lalu saya minta yang punya mobil membelikan pompa bensin yang bagus, dapetnya malah merk "NUK". ya udah saya pasang aja mesin dingin masih normal dan stabil ketika mesin udah mulai panas dan mau saya test drive malah kumat lagi mbrebetnya dan mogok maning. Karena hari sudah sore, yang punya mobil saya suruh pulang dulu dan saya pulang untuk menjernihkan pikiran karena masalah-masalah bengkel. hehehehe

Esok harinya saya check kelistrikan sensor-sensor injeksinya, menurut pengalaman, kalo mesin bermsalah ketika panas dan mogok biasanya bermasalah pada sensor CKPnya, dan ternyata benar kabel-kabel disekitar sensor CKP konsleting, pada berantakan solasinya dan 2 kabel saling berhubungan, dan itu dapat mengakibatkan suplai data ke ECU terganggu, saya coba perbaiki dan rapikan kabel-kabelnya, tapi masih aja mobil kumat lagi brebetnya, saya berfikir sensor CKP sudah rusak dan saya beli sensornya dengan harga 400.000 yang original barangnya, soalnya nggak bisa dituker kalo rusak.hehehe
Karena kemaren saya udah minta pompa bensin dan ternyata nggak sembuh, nggak enak donk kalo mau minta sparepart lagi.Sparepart udah dapet dan saya pasang, mesin saya starter hidup normal, dan langsung saya test jalan kan sama temen-temen... dan lagi-lagi apa yang saya takutin terjadi, penyakit akutnya kumat lagi udah ganti sparepart masih aja nggak sembuh-sembuh. Saya check lagi sistem kelistrikannya ternyata nggak ada masalah, lalu saya check pompa bensinnya lagi saya bongkar lagi rumah pompa bensin yang ada didalam tangki bensin, ternyata rumah pompa bensin yang berbahan plastik pecah, saya coba tambal pakai lem plastik steel dulu soalnya kalo saya minta ganti ntar kasihan pelanggan abis duit banyak, setelah tambalan kering, pompa bensin saya pasang, setelah rapi mesin saya hidupkan sekitar 15 menit, kondisi idle stabil, lalu saya coba test jalan, dan mesin masih juga stabil buat akselerasi juga nggak mbrebet lagi,,,, gara-gara masalah spele otak dibikin muter-muter


NB : lebih telitilah dalam memeriksa suatu komponen.
Semoga bermanfaat buat para mekanik, dan para pembaca setia blog saya... salam otomotif

4 comments:

ame said...

kalo hyundai matrix pernah nyervis mas?

Spesifikasi hyundai getz. Klik Disini said...

Baca dan klik link di atas

Toyota murah klasik ! klik disini said...

klik link di atas

RadenAriefBudiman said...

Mantap,,, Pengalaman adalah guru yang terbaik

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Pesan

 
Design by http://4-jie.blogspot.com/ | Bloggerized by Fajri Alhadi