1. ECU (Electronic Control Unit
ECU adalah adalah otak dari motor, atau bahasa bengkelnya komputer. ECU bertugas mengkalkulasi data yang masuk dan hasilnya didistribusikan ke semua sistem pada mesin
2. Sensor Tekanan Udara Masuk (MAP Sensor)
Sensor Tekanan udara masuk adalah sensor yang bertugas mendeteksi tekanan udara masuk, dan
mengirimnya ke ECU untuk dikalkulasikan, jika sensor ini rusak biasanya mesin masih dapat hidup tapi
lampu check engine pada spedometer menyala dan pada waktu idle mesin tidak bisa langsam, atau RPM
mesin naik turun
3. Sensor Temperatur Udara Masuk (Intake Air Temperature Sensor)
Sensor ini bertugas untuk mendeteksi suhu udara yang masuk dan mengirim data tersebut ke ECU untuk dikalkulasikan. Sensor ini letaknya difilter udara, jika sensor ini rusak mesin masih bisa hidup tapi lampu indikator check engine pada spedometer menyala
4. Sensor Temperatur Air Radiator (Engine Coolant Temperature)
Sensor ini bertugas untuk mendeteksi suhu air pendingin pada mesin dan mengirimkan datanya ke ECU untuk dikalkulasikan. Selain itu sensor ini bertugas menyalakan Fan radiator. Sensor ini hanya ada dimotor yang sudah ada radiatornya seperti Honda CBR,Vario, Yamaha Vixion,Kawasaki Ninja,dll. Sensor ini biasanya terpasang diblok mesin. jika suhu air pendingin melebihi dari spesifikasi normal maka sensor ECT akan mengirim sinyal ke lampu indikator temperatur yang terdapat dispedometer, sehingga lampu indikator temperatur menyala. jika sensor ini rusak mesin masih bisa hidup tapi lampu check engine juga akan hidup dan hal ini cukup bahaya jika suhu temperatur diatas suhu normal maka tidak ada sensor yang memberi informasi kepada kita, tau-tau air radiator habis dan silinder cop akan memuai karena mesin overheat
5. Sensor Crank Angle
Crank Angle Sensor bertugas untuk mendeteksi posisi crankshaft (poros engkol),dan mendeteksi posisi TMA saat mesin baru menyalakan dan mengirimkan data tersebut ke ECU untuk dikalkulasikan dan mengatur saat pengapian dan waktu penyemprotan bahan bakar ke ruang bakar oleh injector. selain itu bertugas mendeteksi putaran mesin, dan dapat menghasilkan energi listrik, jika Crank Angle Sensor rusak maka mesin tidak dapat hidup dan lampu check engine juga akan menyala.
6. Sensor TP (Throttle Position Sensor)
Sensor ini bertugas mendeteksi sudut pembukaan katup throttle lalu mengirimkan data ke ECU untuk
dikalkulasikan berapa bahan bakar yang akan disemprotkan. Jika sensor ini rusak mesin dapat hidup tapi
tidak bisa stabil dan bahan bakar sangat boros dan lampu check engine juga akan menyala.
7. Sensor O2 (Oxygen Sensor)
Sensor ini bertugas menjaga gas buang sisa pembakaran agar selalu pas dan memberi informasi ke ECU untuk memberikan campuran bahan bakar yang ideal sehingga gas buang yang dihasilkan lebih ramah lingkungan. sensor ini terdapa dimotor keluaran terbaru seperti CBR 150, New Vixion,Vario tecno,dll
8. Sensor Kemiringan Motor (Lean Angle Sensor/Bank Angle Sensor)
Sensor ini bertugas mendeteksi kemiringan motor, atau yang lebih tepatnya berfungsi ketika terjadi kecelakaan jika motor anda ambruk, otomatis sudut kemiringan motor anda kurang dari 65 derajat, maka sensor ini akan mengirimkan sinyal ke ECU untuk menonakifkan semua sistem mesin kemudian mesin mati secara otomatis, Lean Angle sensor untuk motor brand yamaha, dan Bank Angle Sensor untuk motor bran honda, tetapi sistem kerjanya sama, sensor ini terdapat dibawah jok motor
9. Sensor EOT (Engine Oil Temperature)
Sensor ini sistem kerjanya sama dengan sensor ECT, hanya saja sensor ini bekerja mengukur suhu oli.
dan sensor ini hanya terdapat pada motor yang berpendingin udara seperti Supra x 125 PGM-FI
10.Injector
Injector bertugas menyemprotkan bahan bakar ke ruang bakar. jika injektor rusak maka akelerasi motor kurang bahkan mesin ada juga yang mogok jika injector sampai rusak parah
11.IACV (Intake Air Cut Valve)/ FID (Fast Idle Solenoid)
IACV/FID bukanlah sensor tetapi aktuator yang bertugas meningkatkan RPM saat mesin dalam keadaan dingin (Fast Idle). Fungsi Piranti tersebut sama dengan fungsi choke pada mesin karburator. Jika unit ini rusak, maka mesin sulit dinyalakan ketika mesin dingin. atau RPM mesin akan drop saat mesin dingin
Mz bro ane punya motor new vixion.
ReplyDeleteane ganti knalpotnya pake racing apakah kipas radiatornya bisa rusak apa gak.
Soalnya semenjak ane ganti knalpot racing ane gak pernah denger tu kipas radiator nyala.
Tapi lampu indikator di spedometer g nyala.
Mohon infonya.
Matur nuwun.
Mz bro ane punya motor new vixion.
ReplyDeleteane ganti knalpotnya pake racing apakah kipas radiatornya bisa rusak apa gak.
Soalnya semenjak ane ganti knalpot racing ane gak pernah denger tu kipas radiator nyala.
Tapi lampu indikator di spedometer g nyala.
Mohon infonya.
Matur nuwun.
Lampu indikator radiatornya (yang warna merah) nyala nggak? Biasanya kalo kipas gak nyala trobelnya di sensor coolant temperature.
DeleteMas, klw honda beat metik gak mau d gas, apa nya yg rusak y..
Deletemass,,, kreta saya gk bsa hdup,,, stelah sya bongkar smu body blakang untuk saya cuci, stelah sya cuci saya psang balek, ih ternyata gk bsa hidup lgi,,, klu msalah klistrikannya tdak bsah dan smua sdah terpasang kembali. VIXION 2013 ya...
ReplyDeletecoba dicek skeringnya putus gak pak,,, atau kabel DLCnya sudah terpasang atau belum.... itu bisa mempengaruhi mesin motor hidup atau gak .... :)
ReplyDeletethank's info x :)
ReplyDeletemotor injeksi pada waktu jalan tiba tiba mati mendadak gimana cara penanganannya.
ReplyDeletebawa selalu sekering cadangan minim 2 biji besarnya 15A, soalnya motor injeksi sering mogok cuma gara-gara sekering Injeksinya putus, terus jangan lupa bawa kabel besar diameternya 3mm panjangnya 2 meter, untuk jemper accu, biasanya motor injeksi gak mau distarter doubel/di engkol kalo accunya soak.... semoga bermanfaat :)
ReplyDeletemas mau nanya, motor vario 125 pgm-fi saya mati total apa ngaruh ke ecu nya ya?
ReplyDeleteSaya ingin bertanya, Honda Vario CBS 125 iss saat saya putar Kunci Kontak pada posisi on, tidak ada bunyi khas sensor injeksi, dan Indikator cek mesin berwarna oranye juga tidak menyala, sehingga tidak bisa saya starter, saya cek 5 Fuse 10A dan 1 Fuse 25A dan 2 Rely semuanya baik, tetapi masih juga tidak bisa di starter, bagaimana solusinya Pak?
ReplyDeleteApa ada kemungkinan ECU nya yang sudah tidak berfungsi?
Hal itu terjadi karena kecerobohan saya, awalnya saya membuka Alarm system yang saya pasang 3 bulan yang lalu, saat membukanya saya lupa untuk membuka socket di alarm systemnya, sehingga masih ada power 12v. saat saya membuka kabel alarmnya, kabelnya tersentuh body dan akhirnya menjadi masalah seperti yang saya sampaikan di atas.
Terimakasih
Coba Accunya dijumper pak... atau accunya dituker dengan accu motor yang masih bagus. Karena jika bapak pasang Accsesories alarm, kekuatan Accu bertambah boros.
ReplyDeleteTapi kalo keadaan ACCU baik paling yang bermasalah sistem alarmnya, biasanya sistem alarm dihubungkan dengan sistem injeksi mesin pak
@ simpak liar : coba cek sekering EFInya pak, biasanya putus.... klo sekering EFI putus, maka kelistrikan mesin tidak ada... semua sistem mati
ReplyDeletemas pny saya verza, kalo mesin sdh nyala kok ada bunyi ngiiiing di tanki bensin y?apa itu wajar?br ptama pk injeksi soalnya.thx
ReplyDeleteNormal brooww... suara itu suara pompa bensin,,,, klo gak ada bunyi itu malah gawat>>>> gak bisa idup thu mesin motor.. hehehehe
ReplyDeletePunya gw kejadian nya mirip sama yang di atas, motor gw cbr150r ada bunyi ngiing saat mesin udah nyala, bunyinya mirip kayak pgm-fi nya nyala pas kontak ON, padahal sebelumnya ga kedengeran bunyi kyk gitu
ReplyDeleteApakah dalam jangka panjang itu ga bakal pengaruh ke sistem injeksi nya?
Mohon pencerahan nya
Thx
gak papa pak dave, itu cuma suara pompa bensin... saran buat pengguna motor injeksi : jangan pernah motor anda-anda kehabisan BBM. soalnya pompa bensin cepat rusak, usahakan level Bahan bakar lebih dari 25% keatas, biar kerja pompa bensin tidak terlalu berat... semoga bermanfaat
ReplyDeletemas kalo punya saya supra x 125 speedometernya ga nyala, sudah saya ganti sekringnya tapi ga mau juga
ReplyDeleteudah injeksi belum pak marfel??? yg gak nyala lampu MILnya atau apa?
ReplyDeletewah bisa neh buat ECU sendiri untuk motor 2tak memadukan ilmu elektro dan otomotif
ReplyDeletemas motor saya new cbr 150, ada kejadian aneh saat kontak saya on kan ada bunyi fi nya seperti biasa, tapi di selingi ada bunyi teeeeeet daerah depan dekat tangki. padahal dulu-dulu g seperti ini. tolong kasih penceraha mas
ReplyDeletemas sanjaya : coba dicheck pompa bensinnya, kemungkinan pompa bensin mas tersumbat kotoran atau mungkin sudah lemah juga bisa
ReplyDeletetapi bukan dari system injection atau aki nya soak kan?
ReplyDeletekemungkinan enggak pak, awal bunyi saat dikunci kontak ON itu bunyi pompa bensin injeksi
ReplyDeletemas motor sy vario 125 fi,tegangan ECT nya terlalu tinggi,gimana cara mengatasinya?sdh di bawa ke BERES tapi ttep saja motornya sering mati
ReplyDelete@mhamasz Ambarawa : indikator check enginenya nyala gak pak???? trus temperaturnya naik gak???
ReplyDeletepermisi gan , mau tanya seputar sensor, motor saya Vario CBS iss, bila saya nyalakan kunci kontak terdengar suara start engine dibawah jok dan getarannya lumayan terasa dijok motor tsb. sebenarnya apa yg ada dibawah jok itu? normal kah dgn getaran sampai terasa dijok?
ReplyDeletemas saya mau tanya, motor saya Honda Vario CBS 125 saat saya putar Kunci Kontak pada posisi on, tidak ada bunyi sensor injeksi, dan Indikator cek mesin berwarna oranye juga tidak menyala, sehingga tidak bisa saya starter, kemungkinan harus ganti accu atau ngecarge accu?
ReplyDeletemas mo nanya, motor saya Beat f1 baru 5 bulan pakai dan 2 minggu lalu terakhir servis, sekarang mesin nggak mau nyala distater elektrik maupun engkol nggak ada reaksi apa2, padahal klakson nyala, saya kontak indikator injeksi nyala, lampu normal semua, apa ya penyebabnya
ReplyDeletebuat mas rizky : itu getaran dari pompa bensin elektrik mas, semua motor injeksi kaya gitu
ReplyDeletebuat mbak indah : gak usah ganti accu, itu mungkin sekering injeksinya putus atau kurang kenceng... posisi sekering deket accu motor
buat mas BILBO : coba check rellay starternya, mungkin rellaynya kotor, atau rusak. jadi gak bisa meneruskan arus listrik dari accu ke motor starter
Semoga bermanfaat
Bos q pnya Mtr cb150r kmrn jth dan skrg kgk bsa nyala knp y. Tapi stlh jth msh smpt hdp. Pdhl lmpu injeksi nyala normal. mhn bantuannya. Trmksh
ReplyDeleteDihidupin pake Kick stater bisa hidup gak pak teguh? klo bisa hidup kemungkinan Rellay Starternya sudah jelek, minta diganti rellaynya
ReplyDeleteMas motor saya new vxion, emg salah saya sii motor gak dipake" atau dipanasin kurleb 2mingguan, pas mau dipake awalnya idup, gak jauh dr rumah mati total gak bisa diapa"in, besok.nya saya bawa ke BERES, katanya akinya jebol sama ada masalah di kiproknya, disuruh sii ganti dua"nya biyar normal lg, tp lg bokek akhirnya saya ganti aki nya doang dan motor idup kembali, yg jadi pertanyaan apa saya harus juga ganti kiprok nya???
ReplyDelete@ mas abdul rozaq : coba test accu dengan avometer/multimeter, check tegangan ACCU normalnya si 12 V keatas, terus hidupin mesin sambil diukur tegangan accunya kalo nambah berarti kiprok masi normal,,, jadi gak usah ganti kiprok.... klo mas gak punya avometer, coba nyalain mesin, pada saat mesin hidup, lepas salah satu kabel accu, klo mesin masi hidup berarti pengisian baterai noramal dan kiprok dalam kondisi baik... semoga bermanfaat :)
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeletebro mau nanya, honda cb150r ane kalo di on kuncinya gk mau nyala lampu dan kawan2nya sama ada bunyi2 gitu terus kalo di stater gk bisa, tp kalo di kick stater mesin nyala dan semuanya lgsg nyala, itu kenapa ya bro? apanya yg rusak kira2
ReplyDeletekelupaan bro sambungan pertanyaan yg tadi. Pas kunci di ON itu lampu spedo gk nyala termasuk lampu aladin check engine yg orange itu, tp kalo dibiarin tiba2 spedo berkedip gitu clap tp mati lagi terus bunyi lagi dan seterusnya, tp kalo di kick stater bisa bro, apanya ya, tnks
ReplyDeleteBro mau tanya ne sy puny vario FGM Fi klo di pasang fuse 2,5 putus sblum Ώyå mm ada kabel body lampu stop di gereget tikus tp sy benari tp ttp aj sakring pts tp klo soket ecm yg sblh kiri bwh di lepas gak pts sekring Ώyå mkinkah ecm na sdh konslet
ReplyDeleteMas agung. Aku mau nanya nih .aku pnya mtr honda supra 125 helmin injection .kata tmn q injction kl dah mati diengkol pun ssh .trs terang aku jd takut motornya mati mesinya dijalanan.ktny kalo injection kalo udah mati ssh dienkol jg gk bakalan hdp .untuk jaga2 yg hrs di srdiain apa aza mas .
ReplyDeletekak,motor saya mio j.
ReplyDeletelampu indikatornya nyala terus, bingung harus di apain.
dari ganti aki baru, sampe tadi dah ganti ECU masih nyala juga.
trus motornya jadi panas banget.. kira² kenapa ya? makasih ya kak
Mas tito : kemungkinan Accu tidak kuat, coba diganti accunya dlu,
ReplyDeletemas yuda : mesin injeksi itu ada sekering pengaman, klo mesin gak hidup saat diengkol dan didoubel starter gak hidup kemungkinan sekering putus; tapi klo didoubel gak hidup tapi diengkol mesin hidup kemungkinan rellay starternya rusak, semoga bermanfaat
ReplyDeleteRahel : klo Mio J, lampu indikator check enginenya nyala sebaiknya discann pake alat scanner; klo efeknya temperatur mesin panas, bisa sensor ECTnya rusak apa kabel2 yang menuju sensor putus mbak rahel. coba dichek ke bengkel motor kepercayaan anda. semoga bermanfaat
ReplyDeleteMas Agung saya mau tanya, motor saya cb 150 r baru beli 2 mingguan, waktu saya hidupkan stasioner (ditempat) kiproknya saya pegang kok panas dan apabila digas rpmnya tambah tinggi kiproknya juga semakin panas, apakah hal ini normal atau tidak mas, mohon pencerahannya dan terima kasih.
ReplyDeletemlam mas sya mau tanya motor saya kenapa yah lampu engine hidup 22 ,,terus ketika dijalanin kok motor ngempos brebet padahal dah ganti busi baru,, apa masalh di intake air sensor nya yah mas,, terus bagaimana cara penangananya,, mohon bantuanya mas terima kasih
ReplyDeleteMas vixion sya dijailin ma org pas dparkiran dstarter n diselah ga bsa hidup pdhl smua klistriknny nyala.. n tombol swict merah jg udah on. Itu diakalin Apanya ya mas bro..
ReplyDeletecara setting iddle motor pgm-fi gimana gan
ReplyDeletemas mau nnya donk, saya denger kata temen klo motor verza ituh harus di cek air apahnya gituh, tpi dia bilang sih make air biasa juga bisa, nah saya ini kan bnr" msh newbie soal motor, saya mau nnya klo cek nya dimna yah ? n caranya gimna .? mohon pencerahnya. .
ReplyDeleteMas mau nanya, klau kripok sampe jebol akibatnya apa lagi y , sy sdh ganti aki sama kiprok baru tspi vixion saya masih blum bisa nyala, mohon pencerahanya mas ..tx
ReplyDeleteGan , berkaitan dgn petanyaan saya yg diatas tadi ,skring induk nya juga sdh saya ganti, kelistrikan semua sdh nyala kecuali pompa bensin ya ,, itu kira " kenapa y? Apa ada hubunganya klau kiprok rusak ECU nya juga bisa kena. . Tx atas pencerahanya gan. .
ReplyDelete@muhamad fatih : itu yang dimakasud air radiator. untuk motor baru saya sarankan pakai coolant, klo emang udah kehabisan air dijalan terus dalam kondisim darurat bisa diisi pakai air mineral biasa. :), semoga bermanfaat
ReplyDelete@ mas west bagus : kiprok itu berkaitan dengan sistem pengisian accu, kalo kiprok rusak ya aki tekor, klo masalah mengganggu ECU apa gak, saya rasa gak ngaruh, klo gak ada konsleting di jalur kabel sensor. coba cek relai pompa bensin pak, mungkin mati, jadi pompa gak hidup. klo relai kondisi baik, cek pompa bensin. semoga bermanfaat
ReplyDelete@dopsolution : cara stel idle gak ada disistem pak, kalo ECUnya sudah diganti ECU racing (Peggybag) bisa distel komputer, di motor yang sudah terkenal seperti YAMAHA : campuran bahan bakar dan udara bisa distel pakai alat scanner motor yamaha (Yamaha Diagnostic Tool), untuk honda campuran bahan bakar tidak bisa distel. sudah paten dan dikalkulasi otomatis oleh ECU. Semoga bermanfaat :)
ReplyDeletePak cbr150 sya pas distarter knapa ya mesinnya ga hidup??
ReplyDeleteMohon bantuannya...
check engine nyala gak pak waktu kunci kontak diputar ON
ReplyDeletemau nanya gan... motor voxion saya
ReplyDeletepada saat jalan normal.. tiba-tiba
lampu indikator'a menyala.. stelah
saya matiakn mesin'a.. trs saya
hdpkan lg.. lampu indikator berhenti
menyala gan.. ini apa penyebab'a..
mohon info gan
Mas mau nanya.mtrku new beat pgm f1.kipas pendinginku pecah, dan blm aku ganti. Krna brng hrs inden dlu. Mtr aq pakai jrak jauh trus,kdng lampu indikatorku injeksi menyala trus waktu aq paki kalau mesin panas dan jalan menanjak. Bensin msh ada stngah nya. Kalau bensin aq isi jd png lagi atau berhnti dlu sktr 5 mnt .lampu indikator gak nyala lg. Mhn pnjlsannya.pnyebabnya apa.trmksh
ReplyDelete@pengguna vixion : untuk mengetahui apa kerusakannya, saya sarankan mendiagnosa motor dengan scantool yamaha,
ReplyDelete@mas vian : iya nyala itu kemungkinan sensor temperatur mengirim data ke ECU karena temperatur tidak sesuai spesifikasi. Klo untuk jarak jauh tiap indikator nyala saya sarankan berhenti sekitar 10 menit soalnya OVERHEAT. kan sangat bahaya kalo sampai air radiatornya kehabisan karena terserap panas dan akan merusak mesin
Masbro. Cbr150 repsol saya sudah ganti aki sblumnya dijumper pake aki mobil seblum beli aki baru dan setlah itu kontak on mati total trus saya beli aki baru tetep mati total pas kontak on..gimana ya solusinya apa ada sikring yang putus ? Nah saya liat ada sikring ijo 30A deket rumah aki itu buat apa yah ? Tks. iTon
ReplyDelete@MAS ITON : iya mas kemungkinan sekering EFI nya putus. coba check sekering ijo 30A nya.... klo putus langsung ganti sekering aja
ReplyDeleteiTon: iya kebetulan saya juga pengen nanya itu sikring ijo cadangan nempel dirumah aki itu buat panel listrik disebelah mananya yah soal yang kelihatan yang 10A(merah) semua
ReplyDeleteKalau bisa tolong tampilkan gambar komponen yang terdapt di mobil tronton NISSAN CWB..
ReplyDeleteMas bro.... Vixion 2012 sy kemasukan air di tanki-nya akhirnya sampe skrg walau sudah sy ganti bensin dan bersihkan tanki, Tapi ga mau hidup lagi. Pompa injeksi ga bunyi sama sekali, aki lumayan kuat api busi bagus, help me please ....
ReplyDeletepompa injeksi mati bisa dari sistem, bisa dari pompanya sendiri yang mati, coba check sekering FInya putus gak? terus klo gak putus tapi pompa masi mati juga, coba lepas pompa dalam tengki, terus dicheck langsung dengan accu, klo mati coba dipukul2 pelan dengan kunci ring atau palu plastik. klo tetep mati, ganti pompa bensin
ReplyDeleteMas, apakah motor vario 125 fi dilepas ECU-nya lalu lupa kita coba hidupkan mesin, itu menyebakan eror pada progrom ECU-nya?
ReplyDeletetidak menyebabkan ECU eror gan, asal tidak ada konsleting kabel yang berhubungan dengan ECU, jika ada konsleting di kabel yang berhubungan dengan ECU, maka ECU akan terbakar atau eror atau rusak,,,, klo cuma lepas socket terus mencoba menghidupkan mesin tidak akan ada efek eror dalam program.
ReplyDeleteSemoga bermanfaat
Gan motor vario 125 f1 ane setelah kontak on g mau hidup kayak sekering putus tp actualny d.chek ok semua.
DeleteAku bawa k.bengkel sama bengkel d.lepas relanya soketnya d.siram oli terus lngsung bau gosong trnyata motor saya g bisa hidup lg wlpun pke kick stater..
Apakah itu ecunya yg k.bakar..?
Misal iya ad dampak lain g dr konsleting itu k.sensor" yg lain.
Please advise
Maaf IACVNYA UDAH KOIT ALIAS MATI
Deletenumpang tanya chek engin xeon 125 th 2012 kok nyala kedip terus ya ,, gmana bro solusinya ,,?
ReplyDelete@mas yodik : coba discan dulu mas yodik, kemungkinan ada troubel disistem injeksinya,,, coba discan ke BERES YAMAHA terdekat. semoga bermanfaat
ReplyDeletebro saya mau tanya kenapa vxsion injeksi sya
ReplyDelete1.jampu indktr brwrna kuning ktka sya jalankn kdang hdp kdang mti
2.kdang mgok tba2 ktka sya jalankn n msin mti trz hdp lagi
3.kadang mau hdpn msin On nya gk bsa
ksh solusi bro
Masbro....kok meter aq cb150r klu temperatur radiator uda high kok klakson ga mau nyala ya? Tp klu uda turun temperatur nya klakson normal lg,itu pengaruh ke sistem pengapian ga ya bro,trimz
ReplyDeletemas motor saya visen semalam mogok dibawak kebengkel kataya lampu indikator hidup terus, pegapian bagus, pompa injeksinya bagus, tapi egak hidup, kata orang bengkelya, harus diset kembali di bengkel resmi yamaha, apa betul, atau ada cara yang lain.
ReplyDeletero, gw lagi mogok nih di jalan. Setiap kunci di on lampu indikatornya sebentar nyala, mati terus hidup lagi dan ga mati2. Pas di starter mau tapi ga mau hidup. Takut jadi tekor nanti akinya. Kick starter juga ga ada di moto ini. Harus gimana nih ya biar bisa nyala?
ReplyDeletemas aku mau nanya ni.... ni ecu saya pada mtor r15 rusak,... ceritanya gini..... aku pasang holder old vixi n head lamp led.... setelah 1 bulan lebih g da masalah apa2.... kmudian ak pasang knalpot racing n setting CO plus 10,.... abis tu seminggu spedo motor ane eror,, n jarang mau baca.... setelah tu ane cek di delaer ternyata ecu ane dh g kbaca.... nah yg ane bingung... yg nyebabin ecu rusak itu,,, apa setiing CO,ny apa holder vixi n led.. pdahal udah 1 bulanan lebih g da masalah.... tp stelah setting co semingguan.. br ecu ane rusak...??
ReplyDeleteMaaf baru bisa bales pertanyaannya
ReplyDeletebuat dian ismatrisandi : Dulu saya pernah ngalamin hal seperti itu, saya check ada kabel yang hampir putus di daerah kunci kontak, jadi ketika kabel tidak konek, maka lampu di spedo akan mati semua dan motor tidak bisa dihidupin, saya coba scan nggak bisa tembus, saya check ke BERES pun tidak bisa nemuin, pas aku coba cari tau sendiri ternyata cuma kabelnya doang yang perlu disambung terus disolasi,,, masalah selesai, cuma modal 10rb doang. hehehe
"semoga bermanfaat"
Masbro....kok meter aq cb150r klu temperatur radiator uda high kok klakson ga mau nyala ya? Tp klu uda turun temperatur nya klakson normal lg,itu pengaruh ke sistem pengapian ga ya bro,trimz
ReplyDeleteJawab: mungkin sistem pengisian ada yg error, atau accu mas udah mulai soak, hehe
"Semoga bermanfaat. salam otomotif"
mas motor saya visen semalam mogok dibawak kebengkel kataya lampu indikator hidup terus, pegapian bagus, pompa injeksinya bagus, tapi egak hidup, kata orang bengkelya, harus diset kembali di bengkel resmi yamaha, apa betul, atau ada cara yang lain.
ReplyDeletejawab : setau saya harus discann di dealer yamaha klo yg simple, atau bengkel motor yang sudah punya scanner.
Mas Nova: klo nggak discan saya kurang tau kerusakan pastinya mas, takutnya nanti salah perkiraan, hehehe
ReplyDeletemaaf baru bales mas lp yayan
ReplyDeleteklo untuk setting CO nggak terlalu ngefek ke ECU, klo ECU nggak ke baca, bisa dari scanner nya nggak kompatibel juga bisa mas, coba mas balikin ke bengkel pas mas setting CO, terus coba suruh check sekalian socket di spedometer mungkin terlepas atau kendor juga bisa...
"semoga bermanfaat, salam otomotif"
Maaf mas .mhn solusi mtr jarang sya pk.lampu indukator wrn kuning berkedip beberapa kali.trus mati sebentar.trus berkedip lagi lmpu indikator nua.tp mesin msh bisa nyala di starter jg
ReplyDeleteMaap mau nanya ni mas...
ReplyDeleteMotor saya honda beat fi.
Lampu orange indikator check engine kok g nyala ya, tp bunyi ngingnya msh bunyi, semua itu terjadi setelah saya melepas kabel "-" & "+" aki dgn maksud membersihkan 2 kutub aki tsb.
Mw naxa Gan,,,,Kok motor sy pada saat On dalam wk 15 menit,,,tiba2 lampu injeksinya nyala……..Kira2 masalhnya gmn????soalnya sy udh bw ke bengkel resmi, tp setelah di cek trnyata nda ad maslah…..
ReplyDeleteThankz sebelumnya
mau tanya mas saya kan pasang alarm cuman blom bisa mematikan mesin. yang saya tyakan kabel apa yang di jemper massa dari remote untuk mematikan mesin,,,, untuk motor vario 125 fi
ReplyDeletedari -koil ada efeknya gk? suwun
mas mau tanya, vixion 2009 pas lg jalan tiba tiba keluar bensin g tau dri mana... setiap di kontakin masih terasa pompa bensinya tapi terus keluar bensinya , blm coba d utak atik sihh, males juga jarang d pake,
ReplyDeletemohon pencerahan bang bosss
setia
Mas saya mau tanya motor r15 saya kabel lampu sen nya putus pas saya lagi buka spakbor belakang ketarik kabelnya posisi kontak motor lagi on lalu mesin mati total gak bisa distarter mohon solusinya terima kasih
ReplyDeleteMas sy mw tny. Beat f1 msh baru seminggu. Indikator ecu nyala tp spedony tdk berputar . Sehingga tdk bisa distater pke 2-2nya. Bensin full
ReplyDeleteMas,mau tanya ECU cb 150 r apa bener g boleh direstrat?
ReplyDeletemank ngaruhnya kemana sih?
Numpang tanya mz.vixi sya rpmnya mati...trs tak coba pake ecu tmen rmpnya nyala...apakah ecu sya bsa diperbaiki..trims
ReplyDeleteSalam otomotif
Numpang tanya mz.vixi sya rpmnya mati.trs tak coba pake ecu tmen tak psang mtr sya rmpnya nyala lg...apakah ecu sya bsa di peebaiki.trims
ReplyDeletemas numpang nanya , beat fi ane tidak mau langsam padahal tidak ada kedipan pada lampu milnya . Mohon pencerahannya
ReplyDeleteKeluhan motor vario 125 pgm fi,, lampu indikasi injeksi sering kedip sbnyak 8x kedip.. kendala nya suara motor lebih kasar dan saat jln ngempos,, apa mungkin dr sensor throttle position nya yg rusak
ReplyDeleteMas aku mau nanya aku punya ninja sdh pakek injeksi.yg aku tanyakan gmna cara cek ecu pakek komputer dan sofwernya apa.mohon bantuanya
ReplyDeletemas kalau motor verza lampu indikator mati semua tapi kalo kontak on bisa di stater itu masalahnya rusak di bagian apa
ReplyDeleteMas agung saya mw nanya, 2bln yg lalu saya hbiz psang lampu LED utk NVL saya tp ckrg kx mlah mesin sering mati...trus lampu indikator suhu & indikator injeksinya menyala terang, knapa ya mas?! Mohon bantuannya...
ReplyDeleteBang Agung kalau motor saya ngandat-ngandat, apakah itu ada trouble pada sensor?? kalau ada sensor apa?? dan bagaimana cara memperbaikinya
ReplyDeleteterimakasih
Tau settingan ecu juken 2 nvl mas?
ReplyDeleteMinta penjelasan warna kabel pada karbu injeksi CB 150 R
ReplyDeleteMas motor saya tiba tiba di state gak hidup dan lampu indikator mati semua dan hidup kembali dlm beberapa detik kok diengkol juga gitu mas
ReplyDeleteMas saya punya motor vario pgm fi ,di hidup kan susah ,sekali hidup di gas mati, sedangkan busi udah saya ganti ,tapi tensionernya ya normal. Tolong solusinya mas..
ReplyDelete@pak dadang, coba bersihkan injektornya pak. klo injektor sudah dibersihkan hasil masih sama, cek tekanan pompa bahan bakar. mungkin pompa sampean bermasalah. makasih
ReplyDeleteMau tanya, apa Penyebab kalo Indikator Temperatur di Speedo Menyala??? Dan bagaimana yg harus di lakukan??? Type Sepeda Vario tahun 2010.
ReplyDeleteMau tanya om, cb150r ane ketika kunci kontak on, AHO tidak nyala, otomatis starter tidak nyala, ga ada bunyi pda saat kunci kontak on, lampu di speedo tidak nyala, tapi ketikadi kick starter motor baru nyala.
ReplyDeleteKira2 apanya yg rusak?
Apakah injektornya?
Makasih om..
Nice Posting bro. Izin share foto ECU ya Ya. Trims sebelumnya.
ReplyDeleteMau tanya dong mas motor sama cbr150r tiba tiba distater ga nyala. Trus lampu dispedometer mati dan indikator bensin panas semua ga nyala. Trus pas kunci kontak di matiin lampu tetap nyala. Kira kira yg rusaknya apa ya
ReplyDeleteMass motor saya vario biasanya pas di on nin di bawah jok bunyi kok sekarang gak bunyi trus motor saya di stater gak idup idup
ReplyDeleteasssalamu'alaikum.
ReplyDeletemass saya punya motor vixion sudah hidup kalu mesinya dingin, padahal percikan api dari businya masih bagus, kira-kira bagaimana solusinya mass?
Mas saya mau nayak ne saya punya CBR 150 maslah nya saya hidupkan pake staer hidup trus saya lepaskan stater nya mati kan seharus nya hidup mas itu kenap ya mas mohon bantuan nya
ReplyDelete.Mas bro motor saya new vixion
ReplyDeletekipas radiator motor saya kok hidup terus, padahal kontak sudah saya cabut, gimana mengatasinya mas bro, tolong bantuannya,,,
Mas agung wibowo mau nanya,kenapa mtor scoopyfi saya ga bisa nyala tapi yang lain mah masih normal kompresi,kelistrikan,sama injektor mah normal ga ada kerusakan tapi kata bengkel mah katanya dari ECU nya ,bener ga mah? Mohon di jawab mas
ReplyDeletemaaf baru online sodara-sodara... @ mas anthon : coba cek sistem kelistrikan pada pompa bensin, mungkin ada kabel yang putus mas. yang mas maksud suara bunyi di jok adalah suara pompa bensin.... @ mas ari : susah hidup saat dingin, coba cek injektor tersumbat kotoran atau tidak. cek tekanan bensin. lalu cek tegangan sensor ECT pada motor, @mas ancis : pertanyaan kurang jelas. yang dimaksud lepas starter, pake engkol starter atau tombol starter @Fatchul : fan hidup terus ketika kontak OFF, coba cek rellay kipas radiator, sama kabel kipas kemungkinan konslet dengan kabel positif baterai. @ yang tidak ada namanya:bisanya jadi dari ECUnya. soalnya otak dari motor injeksi ECU, dan ECU rusak tidak ada gejala yang bisa discan pakai alat scanner. Semoga bermanfaat sodara sodara
ReplyDeleteMas aging mau tanya biaya buat perbaikan motor vario 150 pgm fi klo mati total brp ya???
DeleteMas mau nanya kan pada scoopy baru ado katok hitam di ujung sok bawah. Apakah akan mempengaruhi bila di copot
ReplyDeleteMas mau nanya kan pada scoopy baru ada kotak warna hitam di ujung sok bawah. Apakah akan mempengaruhi kalo dicopot
ReplyDeleteMas motor saya blade 125 Fi kalau di kontak On semua mati tapi pas di kick stater nyala tapi semua lampu berkedip ngikutin mesin mohon pencerahannya
ReplyDeleteselamat malam mas agung wibowo. nama saya wahyu. motor saya old vixion . setiap kali mesin dingin kok brebet yha. sulit buat langsam. pertama kontak on. mesin nyala rpm di 2 ribuan. tapi setelah itu. rpm turun sampai mati. nunggu di geber2 dulu baru bisa idle normal. kira kira rusak apanya ya?
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteSelamat malam mas,numpang nanya.motor ane cbr 150 thailand,motor ane tiba2 mogok,saat dibawa jalan,ane udh ganti busi,ane ch pompa bensin ok,ch semua fuse ok,cuman anehnya jarum rpmnya kadang. Error saat mogok,jarumnya sampai melebihi batas merah saat on,distarter2 jg g msh g mau.ampek accu jd tekor,sekarang jg msh blm idup,kmaren waktu di bawa ke beres waktu ganti oli ma busi,ane tanyain,apa krn busi,teknisinya kgak bisa jawab,ya saya kita krn busi,akhirnya saya ganti busi,,mohon solusinya
ReplyDeleteMas ma tanya motor saya cbr250 pengapian ke koilnya ga ada,tpi sarter bisa tpi mesin ga mau hidup apanya?
ReplyDeleteMas numpang nanya
ReplyDeleteMotor saya.megapro fi 2014
Mesin sering brebet pas keadaan.mesin dingin
Kalo.di gas gede rpmnya.malah.turun.
Aki masih bagus.
Kira kira apa penyakitnya ya.
Terimakasih
Mas numpang nanya
ReplyDeleteMotor saya.megapro fi 2014
Mesin sering brebet pas keadaan.mesin dingin
Kalo.di gas gede rpmnya.malah.turun.
Aki masih bagus.
Kira kira apa penyakitnya ya.
Terimakasih
Mas numpang nanya
ReplyDeleteMotor saya.megapro fi 2014
Mesin sering brebet pas keadaan.mesin dingin
Kalo.di gas gede rpmnya.malah.turun.
Aki masih bagus.
Kira kira apa penyakitnya ya.
Terimakasih
Mas , saya minta pencerahan buat motor cb150r , motor udah lebih dari 2 thun, dan saya belum pernah ganti ecu, awalnya sudah menempuh perjalan -+ 50km, dan saya beristirahat sebentar, dan mematikan motor, setelah selesai beristirhat saya menghidupkan kembali motor, tapi tiba-tiba motor tidak hidup, spidometer mati, saya coba kick starter bisa hidup lagi, tapi kemudian spidometer sya mati lagi dan lumyan lama motor hidup lagi.
ReplyDeleteApa ecu sya soak?
Apa mesin ijeksi saya mengalami kerusakan?
Apa ada penyebab lain?
Mohon pencerahanya!
Hatur nuhun #BrotherBanten
Om mau nanya dong, motor beat fi saya di starter gamau nyala, indikator injektornya udh mati pas di starter malah nyala terus tuh indikatornya, bagi info dong itu knapa ?
ReplyDeleteOm mau nanya dong, motor beat fi saya di starter gamau nyala, indikator injektornya udh mati pas di starter malah nyala terus tuh indikatornya, bagi info dong itu knapa ?
ReplyDeleteOm mau nanya dong, motor beat fi saya di starter gamau nyala, indikator injektornya udh mati pas di starter malah nyala terus tuh indikatornya, bagi info dong itu knapa ?
ReplyDeleteMas motor saya vario 150 yg baru kenapa pas di stater ga respon,terus di engkol ga nyala apa sih penyebabnya padahal motor baru setahun di pake
ReplyDeleteMas motor saya vario 150 yg baru kenapa pas di stater ga respon,terus di engkol ga nyala apa sih penyebabnya padahal motor baru setahun di pake
ReplyDeletepermisi mas, motor saya byson FI, saya ganti lampu depan dengan HID projector double angel eyes... pemasangan na rapi... tapi setelah beberapa hari, ni kebo klo gk dpt starter pertama hidup, malah susah hidup, harus di engkol dan starter beberapa x.. tapi kadang2 starter peratama lgsg hidup...
ReplyDeleteBro mo nanya...vario cbs 125 saya. Di kunci on tapi gk nyala semua lampu indikatornya, tapi di engkol masih nyala..kira2 kenapa ya....
ReplyDeleteMas saya baru beli all new cbr150r facelift indikator bensin masih 2 level,tapi mesin gak beres hidup bentar terus mati lagi, ternyata bensin kehabisan, setelah saya isi normal, tapi 1.masalah muncul saat kontak on pompa bensin kok hidup terus ya, 2.level bensin tidak akurat mohon infonya
DeleteMas saya baru beli all new cbr150r facelift indikator bensin masih 2 level,tapi mesin gak beres hidup bentar terus mati lagi, ternyata bensin kehabisan, setelah saya isi normal, tapi 1.masalah muncul saat kontak on pompa bensin kok hidup terus ya, 2.level bensin tidak akurat mohon infonya
Deletemas saya mau tanya, setelahs service kedua, di bengkel resmi, ketika kunci kontak saya ON kan ko ga ada kedengeran bunyi fii..... waktu saya pertama beli service pertama itu selalu kedengeran,.... saya awam masalah begini. saya baca di buku petunjuk seharunya itu bunyi.
ReplyDeletesya mau nanya punyaku honda beat... FI. setelah dicuci tiba tiba mati waktu aku cek sikringnya putus terus aku ganti terus gak sampai 1 jam dipakai putus lagi... yang ukuran 5.. trus saya ganti lagi yang ukuran 10. tetep sama setelah dipakai gak lama putus lagi... setelah itu aku ganti tapi malah gak bisa nyala. dan lampu indikator pun juga gak nyala... meskipun kontak sudah on....
ReplyDeleteGan vixion ane kn pake knalpot racing tuh tp ecu gk di setting standar pabrik .. tadi pas jalan agak brebet klo pelan trus lampu indikator nyala sekali abis itu mati lagi tp mesin ny gk panas soal ny baru keluar
ReplyDeleteGan vixion ane kn pake knalpot racing tuh tp ecu gk di setting standar pabrik .. tadi pas jalan agak brebet klo pelan trus lampu indikator nyala sekali abis itu mati lagi tp mesin ny gk panas soal ny baru keluar
ReplyDeleteassalamualaikum maaf mas numpang tanya ni motor ane scoopy f1 motor mati setelah dicuci dan pas dinyalakan mesin tidak langsam itu knp yaa?
ReplyDeleteterus pas saya ganti busi sama cangklong busi ecunya langsung ga berfungsi motor ga nyala prngapian ga ada sama sekali itu knp yaa?
ada yang eror dmnnya ya mas
mohon bantuannya
Mas brow, tanya soal vario 125 cbs iss, pas kunci kontak on tiba2 nggak bisa starter, injeksi nggak bunyi, jarum speddo bergerak naik turun, lampu indikator engine kedap kedip, indikator bbm kadang idup/mati, di start pake engkol juga nggak idup, apakah batrei aki tekor ya...
ReplyDeleteMohon penceerahanya mass..
Thank uu
Mas brow, tanya soal vario 125 cbs iss, pas kunci kontak on tiba2 nggak bisa starter, injeksi nggak bunyi, jarum speddo bergerak naik turun, lampu indikator engine kedap kedip, indikator bbm kadang idup/mati, di start pake engkol juga nggak idup, apakah batrei aki tekor ya...
ReplyDeleteMohon penceerahanya mass..
Thank uu
Mas saya mau coba tanya keluhan motor saya.
ReplyDeleteSaya pake soul gt 115fx sistem penerangan saya ganti dengan lampu HID ( dikarenakan dulu lampu bawaan pabrik suka putus)dan saklar saya ganti dengan saklar mio yang imitasi ( dikarenakan sklar pabrik ga bisa mati ) awalnya aman aman saja lalu, baru muncul kendala, ga bisa stater listrik, lalu saya betulin sendiri allhamdulillah bisa normal tapi di salah satu kabel lampu ada yang putus dari solderan nya, lalu saya coba kontak on motor saya , dan saya tempelkan kabel itu ke stang, dan saya coba stater. Yang muncul malah sekarang percikan api. Dan saya matikan lagi kontaknya, saya coba lagi nyalakan kontak tapi yang muncul malah ga bisa stater, dan lain lain, bahkan bunyi khas mesin injeksi pun tidak berbunyi. Kira kira kenapa ya kondisi motor saya
Mas , scoopy PGM-FI 2013 sy pernah tiba2 mati djln, trs lampu indktornya kedip & nyala lama dipake doubel stater bs,nah skrg dikondisi ON lampu indktor kadang nyala kadang tdk menyala sma skali jd dpake doubel stater gk bs, mesti pake kick stater kl nyalain (kondisi aki normal), kira2 knp ya ? Mohon infonya ...
ReplyDeleteTrims.
Mas , scoopy PGM-FI 2013 sy pernah tiba2 mati djln, trs lampu indktornya kedip & nyala lama dipake doubel stater bs,nah skrg dikondisi ON lampu indktor kadang nyala kadang tdk menyala sma skali jd dpake doubel stater gk bs, mesti pake kick stater kl nyalain (kondisi aki normal), kira2 knp ya ? Mohon infonya ...
ReplyDeleteTrims.
Saya mau nanya saya pnya cbr 150 kalau rpm di bawah 3 mati terus. Tapi kalau udah di buat jalan jauh mesin notmal tanpa kendala. Kemaren juga mau coba saya bawa ke ahass malah sampai ahas mesin normal tanpa kendala. Sampe rumah saya cuci motor mulai di nyalain idup berapa detik mati.
ReplyDeletesorry mau koreksi dikit..IACV itu bukan Intake Air Cut Valve.. tapi Intake Air Control Valve
ReplyDeletesorry mau koreksi dikit..IACV itu bukan Intake Air Cut Valve.. tapi Intake Air Control Valve
ReplyDeleteMasbrow saya mau tanya. Saya make motor xride, kan fuel injek tuh.biasanya kalo saya make icon inject di spedo meter nyala trus mati, nah smnjak kmren di service dari dealer motor keadaan jalan. Icon injectnya nyala. Motor juga di pk gaenak. Apa ada kerusakan?
ReplyDeletemas agung...mo tlng tnya nih,motor sya vario 125 cbs,kmrn sya cba psng flaser di lmpu rem,mksdxa klo di rem lmpu seinxa ikut nyla,tp pas mo sya psng ada kbl yg nmpl..dr situ smua klstriknx mti,udh cek sikring..bnr ada yg putus 1...prtnyaanxa klo 1 skring putus,apa lampu,stter,klakson smua mati.. mohon infox mz agung..matur nuwun
ReplyDeleteMas mau tanny Honda verza punya saya.. Tiba suara injeksinya klo di kontak tidak terdengar bunyi nya. Sya stataer ber ulang unlanv tdak nyala mesinya.
ReplyDeleteKta temen saya "sekring ijeksinya putus'
Kira kira gman mas solusinya. Sekring apa yng lain dan klo sekring injekzi itu posisi tempatnya dman.....?
Mohan Pencerahaanya terimaksih
Mas sya mau tanya, motr mio j sya awalny wktu d starter seperti tidak kuat, dnmo muter kadang egx, sya pncet trus starterny hidup, selang beberapa hari kmudian lama klamaan mlemah starterny, trus skarang malah mati tidak bisa d starter , cuman bunyi cetek cetek doang mas, waktu sya coba akiny pindah ke motor viksen akiny madih bagus mas, msih kuat starter, trus aki motor viksen saya pndah k motor mio J, masih tetep tidak bisa, cman bunyi cetak cetak doang, kira2 apany mas,
ReplyDeleteMas agung sy mau tanya blade 125 fi wktu di nyalakan mesin nya trus di panteng gas tidak dijalankan ada bunyi ngebrebet suara knalpot nya itu knp ya penyebab nya?
ReplyDeleteharga sensor Oli SOul GT berapa ya mas ?
ReplyDeletegan mau tanya kalo ais mio injeksi letaknya di mana ya
ReplyDeleteMotor saya CBR 150 facelift, ganti knalpot pro speed putaran bawah mantap tp putaran atas cpat bnget limit,pkai knalpot standard gigi 4 tembus 114 km/j tp skrang cuma 111 km/j udh membrebret,,knp ya?
ReplyDeleteBroo Motor ane Yamaha Mio soul GT 115cc. waktu keadaan mesin panas dan motor d matikan, pas mo d hidupin lagi g bisa. dan untuk pengapian hilang. tpi klo pas d diemin sampai mesin dingin, bisa hidup lagi dan pengapian pun ada lagi. kira2 itu masalahnya apa ya broo..
ReplyDeletemohon penjelasannya.
terima kasih.
Ass...
ReplyDeleteMas saya pnya motor mio gt injeksi
Ketika kontak saya onkan tidak ada bunyi injeksi atau fuelpumpnya dan saya cek pengapian jga tidak ada namun di stater jadi tetapi tidak hidup mesin motornya,saya cek lagi pengapianya tetap tidak ada sudah saya cek di kabel kuil saya sambung ke sasis atau blog namun tidak mengeluarkan api kira kira apa yang rusak mas?
Dan apakah injeksi atau fuel pump berjalan jika cdi rusak?
Malam mas Agung Wibowo.
ReplyDeletenama saya yudi, saya mau tanya mas?
Motor x ride saya lampu indukator yg berwarna kuning sempat berkedip ketika kontak motor baru di ON. Waktu itu saya bawa ke BERES yamaha, kata mekaniknya dinamo starternya kotor dan accu motor di cas.
habis di service saya engga ngeh kalo lampu indikator di speedometer yg berwarna kuning palah mati total.
tapimesin hidup. Ketika saya bawa ke BERES yamaha lagi. Katanya kabel satu body harus di ganti beserta ECU.
apakah benara mas kalau lampu indikator yg berwarna kuning mati harus ganti kabel satu body dan ECUnya.
Sedangkan lampu indikator yg warna kuning ketika di pindah ke lampu indikator jarak jauh menyala mas.
tolong pencerahannya mas.
trimakasih.
Maaf mas saya mau nanya , saya gian , saya punya motor cb150r idikator bensin naik turun gk mau berenti terus motor sering mati kalau di masukin gigi 1 ke 2 , ituu kalau di hentak tiba2 mati dan ke tenaga juga jadi gk ada kaya mau kehabisan bensin padahal bensin penuh , ituu apanya yahhh , tolongg kasihh masukannya
ReplyDeleteMohon pencerahannya suhu .
ReplyDeleteKemaren motor ane soket spul cb150r gosong nihh , terus udah ane ganti ( soket dan aki ) karna aki jugak drop seketika . Dan setelah reset ECU motor udah kembali normal . Tapi , semenjak motor udah di bawak ngaspal lagi nihh , agak lama motor mati mendadak dan sulit untul di nyalakan kembali , apa dikarenakan ECUnya yg kenak ? Tetapi sensor masih normal semua . Itu kenapa ya ? Mohon pencerahannya suhu .
Mau nanya nih om, biasanya vixion ane klo di ksih nyala bunyi krik di blakang tp ni gak bunyi lgi dan mtor tidak bisa nyala lagi, ituh ecu yg rusak atau sensornya ya yg di blkang dkat lampu
ReplyDeleteNumpang cari info motor ane beat fi lampu indikator mati dan susah nyala kalo nyala brebed ...td nya normal pas service dari dealer balik jd kek gitu ...pencerahannya....suhu
ReplyDeletemotor ane vario150 gan kalau pagi mesin nyala dan langsam tbtb mati sendiri setiap di pagi hari,kira-kira kenapa ya?
ReplyDeleteMohon maaf mas,mau tanya,NVL saya baru saya ganti ecu nya sama ecu BRt,tp kenapa spidometer saya ga bergerak yah klo sedang jalan
ReplyDeleteMas ..saya pake ecu junken 2 new vixion ...setelah lama sya pke lampu indikator kuning nyala kedip" terus ..itu bermasalah di apanya ya ...??? Trimakasih
ReplyDeleteMas maaf tolong bantuannya , Aq punya vario 125 cbs 2104 , kendala ku ketika kunci kontak di on ... Indikator tidak menyala , starter , lampu indikatornya ataupun semua tidak menyala , namun jika di engkol , beberapa kali baru semua indikator menyala baru bisa dicarter sudah ganti yg seperti spul namun tetap saja ... Knp ya mas ... Apa masalah seperti itu harus ganti Ecu nya mas , tolong bantuannya mas ...
ReplyDeleteTerima kasih ...
Mas maaf tolong bantuannya , Aq punya vario 125 cbs 2104 , kendala ku ketika kunci kontak di on ... Indikator tidak menyala , starter , lampu indikatornya ataupun semua tidak menyala , namun jika di engkol , beberapa kali baru semua indikator menyala baru bisa dicarter sudah ganti yg seperti spul namun tetap saja ... Knp ya mas ... Apa masalah seperti itu harus ganti Ecu nya mas , tolong bantuannya mas ...
ReplyDeleteTerima kasih ...
mas saya mau tanya mtr r15 saya saklar ebgine cut y terbakar terus saya sambungin mlh kebakar terus sikring saya putus terus saya sambung lg sikiring y mlh injeksi y gx bunyi terus kabel engine cut y bila di sambung terbakar tapi aneh y mtr sya kontak hidup lampu hidup tapi gx bisa di setarter terus saya coba ganti aki ttp aj gx idup2 tolong info y gan
ReplyDeleteMohon Infonya Para suhu, Lampu mil di beat fi ga mau nyala saat kontak on, saya cek lampu ga putus untuk mesin dan lainnya normal.. kira troublebya dimana yach.??? Mohon penjelasannya
ReplyDeleteMohon Infonya Para suhu, Lampu mil di beat fi ga mau nyala saat kontak on, saya cek lampu ga putus untuk mesin dan lainnya normal.. kira troublebya dimana yach.??? Mohon penjelasannya
ReplyDeleteMohon infony kang mas.ane puny vixson 2011.knp ya pas ngontak ga langsung bunyi(nguing)/nyala lampuny.harus di engkol baru bisa nyala motorny.itu jg ngenkol nya ga cukup sekali bisa berkali² baru nyala.awal mula itu terjadi gara²ny pernah keabisan bensin.mohon infonya.
ReplyDeleteSaya baru beli beat street.. Lampu indikator ga nyala terus kalo jalan, cman kalo pas jalan kadang mati kadang hidup, kadang kalo pelan2 mati kalo kebut idup. Apakah itu normal?
ReplyDeletepagi mas bro,.,.setelah mengikutin panduan permasalahan code 52 pada motor scoopy pgm-f1 yyg katanya ckpnya yg bermasalah,.,.dan sudah saya ganti satu set,.,sensor ckp dan spoelnya,.,.tapi motor saya tetap brebet,.,.kira2 apanya ea yg bikin brebet pada mesin motor pgm-f1 pull injection,.,.,.mohon bantuannya ea,.,.
ReplyDeletepagi mas broo,, mau nanya nih, motor saya beat f1 naik turun,,???
ReplyDeletemaaf mas,, maksud saya mesin nya naik2 turun mas gak spontan mas,,
ReplyDeleteMisi bos mtor sya beat f1 injks lampu mil nya saat d kontak on brkdip,prtma 1kli trs 2kali lbh cpt itu krusakan ny ap yah
ReplyDeleteMisi bro saya pake motor beat street, setelah di servis dan ganti oli sp*x kok malah tarikan ngempos dan jadi boros bgt, masalah ada dimana bro, terimakasih
ReplyDeleteTerimakasih informasinya
ReplyDeleteMas boos ane punya honda beat f1 mati total... Saya uda coba ganti sekring sama kunci kontaknya tapi tetap sama... Trus ganti ACUnya juga tp masi tetap sama.. Mas bola tolong kasi pencerahan... Terimah kasih
ReplyDeleteMas ane ganti flashed buat motor cbr150r.. Krna habis ganti sein lef variasi selesai instal koq pas start awal sebelum bunyi nguing ada bunyi treeeeetttttt...knp yah mas motor nyala normal.. Awalnya say slah pasang kabel flashernya.. Apa ada yg konslet ya mas!?
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
DeleteGan, cbr 150r ane lampu mil yg kuningnya kedip" 9x itu katanya ada masalah di iat nya.
ReplyDeleteCara benerinnya gimana ya gan? Mohon bantuannya, makasi..
Kalo motor bead 2015 pas di kontak lampu sepedo hidup tapi fuel pump dan setart tidak hidup apanya ya gan
ReplyDeleteMenarik dan informatif artikelnya .... Terimakasih
ReplyDeleteAssalamualaikum mas aggung ,ane konsul dulu nih ,satria injek ane ect nya rusak ,pa di stater gk bisa hidup apa pengaruh nya ya sampai gk bida hidup pas di stater??
ReplyDeleteEct sensor mas ggung satria injeksi
ReplyDeleteinfo seputar otomotif
ReplyDeleteMas mau tanya motor saya beat pop especially kok kalo mau nyala harus ngechoke throttle boddy nya kalo ga dichoke ga hidup.tapi kalo motornya udah panas bisa lagi hidup trus kalo udah dingin motornya susah hidup hari dichoke pake tangan throttle boddy nya
ReplyDeleteMinta infonya mas motor ane Vixion gala dan apinya mas apanya ya mungkin gak kalau lean angle sensornya rusak?
ReplyDeleteMalaysia Toto 4D/5D/6D Result For 9/10/2018 ANGKA JITU DAN AKURAT HASIL RITUAL YANG BISA ANDA MENANGKAN HARI INI HUB NO =082=348=154=218 AKI KALI JAGA DENGAN KEMANPUAN SUPRANATURAL YANG DIMILIKINYA BISA MENEMBUS ALAM GHOIB DAN AKAN MEMBERIKAN KEMENANGAN ANDA HARI INI KARNA BELIAU AKAN SELALU MEMBANTU ANDA DENGAN ANGKA RITUALNYA YANG DI JAMIN 100% TEMBUS DAN MEMANTAU ANDA SELAMA PEMASANGAN ANGKA (SGP/HKG/MALAYSIA/ )SAMPAI AKHIR PUTARAN ANGKA TOGEL SELESAI DI PUTAR,
ReplyDeleteAnda cukup mendaftar dengan biaya 100 ribu
Contoh format nama dan kirim pulsa 500=000 RP ribu ke nomor =082=348=154=218 sebagai biaya ritual untuk di belikan peralatan sesajen seperti :
KEMBANG,KEMENYANG,PISANG DAN TELUR AYAM KAMPUNG. Setelah biaya di kirim maka AKI KALI JAGA akan membantu anda dengan ritual ghoib. Biaya yang anda keluarkan tidak sebanding dengan angka hasil ritual yang di berikan kepada anda semua.tapi ingat setelah tembus sisihkan sedikit buat yang memerlukan biar berkah. DAPATKAN SEKARANG JUGA ANGKA TEMBUS AKI KALI JAGA Call / Sms =082=348=154=218
.GHOIB: singapur 2D/3D/4D/
angka GHOIB: hongkong 2D/3D/4D/
angka GHOIB; malaysia 4D/6D/8D/
angka GHOIB; toto magnum 4D/5D/6D/
angka GHOIB; laos 4D/6D/8D
angka GHOIB; thailan
angka GHOIB; macau
angka ghoib; sidney
Angka Giab = Damacai
Angka Gaib =Magnum
buat saudara yang punya permasalahan ekonomi yang ingin di bantu melalui jln pesugihan uang gaib,togel jitu silahkan hub nyai ronggeng di nohp 085-286-344-499 atau kunjungi situs web di http://jual-sewatuyul.blogspot.com/ silahkan buktikan sendiri karna saya sudah membuktikannya
ReplyDeleteMalam bos.... Mtr beat fi sy br ganti stang seher, gulung spul dan ganti aki, awalnya di on mil dan spido nyala. Ga bs stater tp kl diselah mesin hidup dan sy bw kerja tp dijln tiba2 mati dan lampu mati semua. kira apa kerusakannya
ReplyDeleteMas mau tanya knapa motor mio j saya,saat kontak di nyalain bunyi nging nya gak henti2 mohon pencerahan nya
ReplyDeleteMau tanya mas motor old cb150r kalo lepas gas sering mati padahal rpm langsam 1500, dan itu awal terjadi setelah saya melewati banjir dan hujan deras.itu apanya yang rusak ya, trimaksih.
ReplyDeleteMau tanya mas motor old cb150r kalo lepas gas sering mati padahal rpm langsam 1500, dan itu awal terjadi setelah saya melewati banjir dan hujan deras.itu apanya yang rusak ya, trimaksih.
ReplyDeleteMau tanya mas motor old cb150r kalo lepas gas sering mati padahal rpm langsam 1500, dan itu awal terjadi setelah saya melewati banjir dan hujan deras.itu apanya yang rusak ya, trimaksih.
ReplyDeleteMANTUL
ReplyDeleteAssalamu'alaikum mas, kenapa pada saat lampu speedemeternya (lampu merah FI) menyala mesin langsung mati. Tunggu hingga 20 detik distater menyala lagi. Apa maslahnya itu mas yach?
ReplyDeleteKlu mesin motor panas ngak bisa di stater.cuman klu sensor tp di lepas di stater langsung nyala kira2 penyebab nya apa.....? Makasih
ReplyDelete