Note : Ini berlaku untuk semua mobil honda yang masih menggunakan OBD 1
Apabila tiba-tiba mesin tidak hidup ketika distarter atau tiba-tiba lampu chek engine (MIL) menyala saat anda mengendarai kendaraan, jangan panik berikut cara mudah dan murah agar anda dapat mengetahui kesalahan/kerusakan mesin letaknya dimana
Segera matikan mesin kendaraan anda, lalu cari socket DLC (Data Link Connector), biasanya honda ada di bawah laci sebelah kiri, warna connector pada umumnya biru muda atau ditutup oleh semacam cover karet warna hijau
Cari socket dengan 2 pin (3 pin hanya untuk diagnosis dengan alat scanner), jumper kedua pin tersebut, putar kunci kontak ke posisi ON (Mesin dalam keadaan mati), perhatikan apakah lampu check engine/MIL memberikan kedipan
Kedipan pada kendaraan yang masih menggunakan tipe DLC OBD 1 (On Board Diagnostic Level 1) mayoritas untuk kendaraan sebelum tahun 1996. Biasanya akan muncul dalam 2 kode error (2 Digit) misal 41, 32, 12, dsb
Kedipan pada kendaraan yang sudah menggunakan tipe DLC OBD II mayoritas untuk kendaraan setelah tahun 1996, biasanya akan muncul 4 kode error (4 Digit) Misal P0106, P0107, P0113, dsb arti huruf P pada kode tersebut berarti Powertrain
Kita hanya mnengulas terlebih dahulu cara menself diagnose kendaraan pada tipe OBD I
Kedipan tersebut menandakan kondisi kendaraan saat itu. Apabila muncul kedipan yang muncul tidak konstan, contoh 1, 4, 8, 11, 12, 14, 41, dsb. Maka ada kemungkinan sensor kendaraan anda tidak bekerja denan baik, biasa disebabkan oleh socket sensor yang rusak, kotor, atau ada kabel yang mengirimkan arus atau sinyal elektrik putus.
setelah anda mengetahui sensor mana yang dimaksud, coba periksa kembali socket tersebut dan coba berihkan socket beserta sensornya. Pasang kembali, coba cabut fuse engine sekitar 1 menit (minimal) lalu pasang kembali. atau yang lebih simpelnya lepas kabel positif/negatif baterai sekitar 1 menit lalu pasang kembali. Lalu coba self diagnose kembali. Apakah DTC (Data Trouble Code) masih muncul seperti tadi?
SUMBER ARTIKEL
Apabila tiba-tiba mesin tidak hidup ketika distarter atau tiba-tiba lampu chek engine (MIL) menyala saat anda mengendarai kendaraan, jangan panik berikut cara mudah dan murah agar anda dapat mengetahui kesalahan/kerusakan mesin letaknya dimana
Segera matikan mesin kendaraan anda, lalu cari socket DLC (Data Link Connector), biasanya honda ada di bawah laci sebelah kiri, warna connector pada umumnya biru muda atau ditutup oleh semacam cover karet warna hijau
Cari socket dengan 2 pin (3 pin hanya untuk diagnosis dengan alat scanner), jumper kedua pin tersebut, putar kunci kontak ke posisi ON (Mesin dalam keadaan mati), perhatikan apakah lampu check engine/MIL memberikan kedipan
Kedipan pada kendaraan yang masih menggunakan tipe DLC OBD 1 (On Board Diagnostic Level 1) mayoritas untuk kendaraan sebelum tahun 1996. Biasanya akan muncul dalam 2 kode error (2 Digit) misal 41, 32, 12, dsb
Kedipan pada kendaraan yang sudah menggunakan tipe DLC OBD II mayoritas untuk kendaraan setelah tahun 1996, biasanya akan muncul 4 kode error (4 Digit) Misal P0106, P0107, P0113, dsb arti huruf P pada kode tersebut berarti Powertrain
Kita hanya mnengulas terlebih dahulu cara menself diagnose kendaraan pada tipe OBD I
Kedipan tersebut menandakan kondisi kendaraan saat itu. Apabila muncul kedipan yang muncul tidak konstan, contoh 1, 4, 8, 11, 12, 14, 41, dsb. Maka ada kemungkinan sensor kendaraan anda tidak bekerja denan baik, biasa disebabkan oleh socket sensor yang rusak, kotor, atau ada kabel yang mengirimkan arus atau sinyal elektrik putus.
setelah anda mengetahui sensor mana yang dimaksud, coba periksa kembali socket tersebut dan coba berihkan socket beserta sensornya. Pasang kembali, coba cabut fuse engine sekitar 1 menit (minimal) lalu pasang kembali. atau yang lebih simpelnya lepas kabel positif/negatif baterai sekitar 1 menit lalu pasang kembali. Lalu coba self diagnose kembali. Apakah DTC (Data Trouble Code) masih muncul seperti tadi?
Diagnostic Trouble Code 1991 - Honda
- Primary Oxygen Sensor (HO2S) (Sensor 1)
- Rear Heated Oxygen Sensor
- Manifold Absolute Pressure Sensor (MAP)
- Crankshaft Position Sensor (CKP)
- Engine Coolant Temperature Sensor (ECT)
- Throttle Position Sensor (TP)
- Top Dead Center Position Sensor (TDC) = Camshaft Position Sensor (CMP)
- No. 1 Cylinder Position Sensor (CYP)
- Intake Air Temperature Sensor (IAT)
- Exhaust Gas Recirculation (EGR) System
- Barometric Pressure (BARO) Sensor
- Idle Air Control (IAC) Valve
- Ignition Output Signal
- Vehicle Speed Sensor (VSS)
- Electric load detector
- A/T FI signal A
- A/T FI signal B
- Oxygen Sensor Heater
- Fuel Supply System
SUMBER ARTIKEL
No comments:
Post a Comment
Silahkan Tinggalkan Pesan