Suatu kasus, Mobil Innova Diesel baru beli paling sekitar 6 bulan, mengalami mogok karena kehabisan solar, setelah solar diisi penuh mobil pun bisa hidup. Tetapi lampu indikator bahan bakar disamping control level bahan bakar terus menyala.
Kenapa hal itu bisa terjadi?? Jika anda pengguna mobil diesel, jangan sampai kasus diatas sampai terjadi berulang kali. Memang seperti hal kecil atau sepele, tapi itu sangat membahayakan untuk pompa bahan bakar solar (Bosh pump). Lampu indikator bahan bakar itu menyala dikarenakan terdeteksinya kandungan "Air" dalam aliran bahan bakar. Biasanya air tersaring oleh "Water Sedimenter", apa itu Water Sedimenter? Water Sedimenter berfungsi untuk memisahkan air dari bahan bakar dengan memanfaatkan perbedaan berat jenis. Bila tinggi air dan pelampung naik melebihi batas tertentu, maka magnet yang ada pada pelampung akan menutup reed switch dan menyalakan lampu indikator bahan bakar pada dashboard untuk memperingatkan pengemudi bahwa air telah terkumpul pada water sedimenter. Water Sedimenter mempunyai keran dibawahnya, air dapat dikeluarkan dengan membuka keran dan memompa priming pump
Cara Menguras Water Sedimenter Innova Diesel dan mereset indikator bahan bakar (water)
1. Pastikan Kunci Kontak dalam posisi OFF
2. Buka Kap mesin dan cari komponen Water Sedimenter
3. Cari baut plastik pada water sedimenter dan kendurkan saja jangan dilepas
4. pompa priming pump, sampai air dalam water sedimenter habis
5. Jika air dalam water sedimenter habis tapi lampu indikator masih belum mati coba nyalakan mesin, kemudian lepas, pasang soket pada water sedimenter sekitar 5 - 10 kali. kemarin saya pakai cara itu lampu indikator bahan bakar bisa normal lagi. Semoga bermanfaat......
NB : atau kalo masih belom mati indikatornya, coba pakai cara ini
Pertama lepaskan socket lampu kontrol yang diatas filter, kemudian putar kunci kontak ke posisi ON, biarkan sesaat selama 5 detik, lalu pasang lagi socket yang tadi dilepas. Saran dari comentator (Bp Heru dan mas doni)
Salam Otomotif
Sumber gambar :http://www.team-bhp.com/
Kenapa hal itu bisa terjadi?? Jika anda pengguna mobil diesel, jangan sampai kasus diatas sampai terjadi berulang kali. Memang seperti hal kecil atau sepele, tapi itu sangat membahayakan untuk pompa bahan bakar solar (Bosh pump). Lampu indikator bahan bakar itu menyala dikarenakan terdeteksinya kandungan "Air" dalam aliran bahan bakar. Biasanya air tersaring oleh "Water Sedimenter", apa itu Water Sedimenter? Water Sedimenter berfungsi untuk memisahkan air dari bahan bakar dengan memanfaatkan perbedaan berat jenis. Bila tinggi air dan pelampung naik melebihi batas tertentu, maka magnet yang ada pada pelampung akan menutup reed switch dan menyalakan lampu indikator bahan bakar pada dashboard untuk memperingatkan pengemudi bahwa air telah terkumpul pada water sedimenter. Water Sedimenter mempunyai keran dibawahnya, air dapat dikeluarkan dengan membuka keran dan memompa priming pump
Cara Menguras Water Sedimenter Innova Diesel dan mereset indikator bahan bakar (water)
1. Pastikan Kunci Kontak dalam posisi OFF
2. Buka Kap mesin dan cari komponen Water Sedimenter
3. Cari baut plastik pada water sedimenter dan kendurkan saja jangan dilepas
4. pompa priming pump, sampai air dalam water sedimenter habis
5. Jika air dalam water sedimenter habis tapi lampu indikator masih belum mati coba nyalakan mesin, kemudian lepas, pasang soket pada water sedimenter sekitar 5 - 10 kali. kemarin saya pakai cara itu lampu indikator bahan bakar bisa normal lagi. Semoga bermanfaat......
NB : atau kalo masih belom mati indikatornya, coba pakai cara ini
Pertama lepaskan socket lampu kontrol yang diatas filter, kemudian putar kunci kontak ke posisi ON, biarkan sesaat selama 5 detik, lalu pasang lagi socket yang tadi dilepas. Saran dari comentator (Bp Heru dan mas doni)
Salam Otomotif
Sumber gambar :http://www.team-bhp.com/
Artikel yang sangat bermanfaat, Saya sbg org awam bisa mengerti atas infonya. Terima kasih pak Agung atas info & tips nya, makin sukses & salam Super :D
ReplyDeleteTerima kasih luar biasa
ReplyDeletesoket ny yg mana gan ?
ReplyDeleteyg atas apa yg bawa ?
@ pak widiyo : yang bawah pak
ReplyDeletekalo di fortuner diesel sama nggak ? tks.
ReplyDeletesudah saya coba lakukan sesuai langkah diatas ternyata lampu indicator masih menyala juga.... apa perlu dibawa kebengkel resmi????
ReplyDeletejika terjadi pd triton glx bagaimana yah cara matiinnya ? cara spt anjuran telah dilakukan tp tetap aj lampunya ga mw mati.
ReplyDeleteSudah dicoba pak..alhamdulillah berhasil..sangat bermanffat
ReplyDeleteGan kalau pada mobil rocky sama aja gk ??
ReplyDeleteGan kalau pada mobil rocky sama aja gk ??
ReplyDeleteArtikel yang sangat bermanfaat bagi orang awam, besok akan langsung dipraktekkan. Thx, jk
ReplyDeleteThis comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDeleteTrim info...besok saya coba di inova d4d saya
ReplyDeleteTrim info...besok saya coba di inova d4d saya
ReplyDeleteKok sy coba malah ga nyala mesin nya yah? Mohon pencerahan
ReplyDeleteUntuk Reset lampu indikatornya, cukup dengan cara mudh. Pertama lepaskan soket lampu kontrolnya yg ada diatas filter, kemudian buka kunci kontak ke posisi ON, biar kan sesaat selama 5 detik, baru sambungkan kembali soketnya. pasti lampunya akan mati dan normal kembali.
ReplyDeleteTrimah ksih...infox sngt mmbntu
DeleteTerima kasih pak doni sudah berbagi ilmu dan pengalaman,,sangat membantu
DeleteMembantu sekali, terima kasih..
ReplyDeleteterima kasih . bermanfaat. kalau masih nyala liat cara Pak doni usmono. punya saya berhasil.
ReplyDeletelihat juga ini
https://www.youtube.com/watch?v=SBEwYIms8gQ
Trimakasi infonya pak heru susanto bermanfaat sekali sekali coba langsung cespleng 👍🏻👍🏻👍🏻
DeleteBoss sudah mati lampu nya tetapi setelah buat jalan lumayan jauh itu indikator nyala lagi
Deletehttp://otomotifnet.com/Mobil/Tips/Gampang-Kok-Nyetelnya-Cuma-1-Menit
ReplyDelete@ pak heru trimakasih cara-caranya, indahnya berbagi... salam otomotif
ReplyDeletesaya input ke blog solusi yg sampean sampaikan.
Waktu dipumping yg keluar koq solar, bukan air? Jumlahnya banyak pula
ReplyDeleteMantab.. Mujaarab..
ReplyDeletesiip om mkasih
ReplyDeleteKeluar airnya tapi sisanya solar bang. Gimana tuh ? Mohon saran.
ReplyDeleteKeluar airnya tapi sisanya solar bang. Gimana tuh ? Mohon saran.
ReplyDeleteTerima kasih Om caranya berhasil tadinya mau putus asa tapi berhasil juga
ReplyDeletetingkiu tipnya gan berhasil
ReplyDeleteSdh sy cb smua tapi msh nyala yaa..???
ReplyDeleteBIRMINFIIT BINGIT
ReplyDeletemilik saya langsung mati indikatornya. namun untut reset lampu indikatornya saya memakai cara dari masukan pak doni usmono. trimakash banyak sangat bermanfaat. semoga Allah yg membalas. jazakumullah khoiron kathsiro
BIRMINFIIT BINGIT
ReplyDeletemilik saya langsung mati indikatornya. namun untut reset lampu indikatornya saya memakai cara dari masukan pak doni usmono. trimakash banyak sangat bermanfaat. semoga Allah yg membalas. jazakumullah khoiron kathsiro
saya punya kijang lsx tahun 2003, stater panjang tapi mesin menyala hanya sebentar dan mati lagi, ini solusinya gimana bro?
ReplyDeleteSdh sy kendurkan klep plastikx dn tdk sampai lepas tetapi kenapa sy pompa yg keluar malah solarnya pak.. trims
ReplyDeleteArtikel yg sangat membantu.
ReplyDeleteSaya berhasil, resetnya pake lepas soket atas.
Tetima Kasih
Makasi om....mobilku yo ilang indikatore....
ReplyDeletemakasih td tgl 8 april 2017 pukul 23.15 saya coba cabut idikator yg di atas filter saya kontak hidupkan mesin 5 detik saya pasang kembali indikatornya lampunya saya lihat lampu di sepido meter kembali normal trimakasi sahabat inova
ReplyDeleteterima kasih banyak...menyelesaikan masalah saya
ReplyDeletePompa sampe habis ya ? Ini sdh sy pompa 5mnt-an tp kok msh bny yg keluar. Bau bhn bakar. Mmg penampungan airnya bby ya?
ReplyDeleteTaunya gmn kl air nya sdh hbs?
ReplyDeleteIstimewaaaaaa....
ReplyDeleteBerhasil.. tapi apakah Aman ?. APA tidak perlu penanganan lainnya.
ReplyDeleteSaya ada problem,ni....yg nyala lampu minyak yg ditangki, terkadang naik sendiri, dan turun sendiri,bahkan sampai lampu minyak hidup, padahal bbm full.....?
ReplyDeleteKira 2 masalahnya apa tuh.....
Mobil innova solar 2012
Ada yg bilang,pelampungnya.....
Terima kasih,jika bisa berbagi.....
Terimakasih banyak info bermanfaatnya.. setelah dicoba langsung berhasil.. semoga sukses selalu...
ReplyDeletesaya coba praketikin yg kluar banyak tp kok bahan bakarnya yah... blm berhasil cb lepas soket mobil malag ga bs nyala..
ReplyDeleteTerima kasih. Akhirnya sukses juga saya terapkan pada mobil saya.
ReplyDeleteSaya coba saran bapak langsung bisa mati tp selang beberapa hari lampunya nyala lagi ... mohon saranya
ReplyDeleteSaya coba saran bapak langsung bisa mati tp selang beberapa hari lampunya nyala lagi ... mohon saranya
ReplyDeleteTerima kasih banyak.
ReplyDeleteSangat membantu. Barusan aja saya alami. Setelah dipompa lampu masih menyala.
Yang saya lakukan sesuai saran:
1. Matikan kontak di posisi off.
2. Cabut soket kabel sensor di atas pompa.
3. Hidupkan kontak.
4. Diamkan 1 menit.
5. Pasang something sensor sewaktu posisi kontak on.
Alhamdulillah lampu indicator mati.
Terima kasih banyak.
ReplyDeleteSangat membantu. Barusan aja saya alami. Setelah dipompa lampu masih menyala.
Yang saya lakukan sesuai saran:
1. Matikan kontak di posisi off.
2. Cabut soket kabel sensor di atas pompa.
3. Hidupkan kontak.
4. Diamkan 1 menit.
5. Pasang soket sensor sewaktu posisi kontak on.
Alhamdulillah lampu indicator mati.
terima kasih banyak....sangat2 membantu
ReplyDeleteLgs sy cb on she spot d sragen.. .berhasil... Tx u
ReplyDeleteMksih gan,.aku baru aja mengalami hal itu lngsung aku praktrkin hasilnya tokcer.
ReplyDeleteterimakasih pencerahanya
ReplyDeleteKok punya saya gak matiiii!!!
ReplyDeleteTerimakasih .sangat berguna.
ReplyDeleteMantapp banget infonya
ReplyDelete