Mber otor matic di indonesia udah banyak banget beredar diindonesia, mulai dari pengendara muda sampai tua suka menggunakan sepeda motor matic, tapi semua matic motor prinsip kerja transmisinya sama yaitu menggunakan sistem CVT. apa itu CVT ? CVT (Continously Variable Transmission) merupakan alat penggerak otomatis pada motor automatic (matic). Bagian CVT ini merupakan bagian yang meneruskan putaran dari engine/mesin ke bagian roda belakang. CVT bisa juga disebut sebagai sabuk karet/streng pengganti rantai pada sepeda motor matic
Komponen-komponen CVT pada sepeda motor
1. Primary Sheave
2. V-Belt
3. Secondary Sheave
m4. Gear Reduksi
Berikut Ulasan dari komponen komponen diatas
1. Primary Sheave
Pada Primary sheave sendiri ada beberapa komponen pendukung yaitu
+ Fixed Sheave, berfungsi sebagai penahan v-Belt. Komponen ini tidak bergerak dan berbentuk piringan. Biasanya bagian sisinya menyerupai tali kipas sebagai pendingin mesin
+ Sliding Sheave, berfungsi menekan V-Belt dalam putaran tinggi, karena sliding sheave ini tidak dapat bergerak kekanan ataupun ke kiri
+ Collar, berfungsi sebagai tempat dudukan dari fixed sheave, sliding sheave dan cam
+ Cam , berfungsi sebagai tempat dudukan slider
+ Slider, berfungsi sebagai pendorong roller, yang roller sendiri mendorong slider sheave. Slider ini bergerak saat mesin pada putaran tinggi
+ Roller, berfungsi sebagai penekan sliding sheave, cara kerjanya sesuai putaran mesin. Apabila mesin pada putaran tinggi, roller ini menekan sliding sheave dan begitu pula sebaliknya. Gaya ini disebut gaya centrifugal
3. Secondary Sheave
e
Didalam secondary sheave juga ada beberapa komponen penting yaitu
+ Sliding Sheave, berfungsi menekan v-belt. Perbedaan sliding sheave di secondary sheave dengan sliding sheave pada primary sheave adalah tidak memiliki sirip.
+ Fixed Sheave, berfungsi sebagai penahan v-belt atau bagian statis
+ Per, berfungsi sebagai pendorong sliding sheave
+ Torque Cam, berfungsi membantu menekan otomatis sliding sheave pada saat motor memerlukan akselerasi.
+ Clutch housing (rumah kopling), bersungsi meneruskan putaran v-belt ke poros roda
+ Sepatu kopling, berfungsi sebagai penghubung putaran ke poros roda belakang, sistem kerjanya tipe centrifugal yaitu bekerja sesuai dengan tinggi rendahnya putaran mesin
4. Gear Reduksi
Fungsinya sendiri sebagai penyeibang putaran mesin dengan roda. Selain itu juga sebagai pendongkrak tenaga, biasanya ada oli khusus untuk melumasi gear untuk mengurangi panas, dan merusak gear akibat gesekan terus menerus
Tanda-tanda kerusakan pada matic sepeda motor
A. Tanda Kerusakan pada roller CVT
Jika Roller CVT rusak, atau sudah habis usia pakainya, maka akan terasa getaran atau vibrasi pada putara bawah dan tenaga pada putaran atas tidak maksimal dengan kata lain, akselerasi pada putaran atas seperti tertahan
B. Tanda kerusakan Mangkuk Kopling CVT
Ketika mangkuk kopling bermasalah, maka gejala yang timbul pada saat motor dijalankan pada putaran bawah dan atas terasa jedug-jedug, ndut-ndutan, atau terasa seakan tersendat
C. Tanda Kerusakan Kampas Sentrifugal
Bila kampas sentrifugal Aus, maka akselerasi motor anda akan melambat, dan kecepatan menjadi berkurang daripada kondisi motor normal
D. Tanda Kerusakan Komponen Secondary Sliding Sheave CVT
Jika ada kerusakan pada komponen secondary sliding sheave ini, maka putaran menengah motor akan terasa tertahan sesaat dan kemudian normal kembali
E. Tanda Kerusakan pada Komponen Secondary Fixed Sheave CVT
Komponen secondary Fixed Sheave biasanya aus atau rusaknya pada tiga lubang pin guidenya, dengan ciri-ciri ketika yang rusak adalah tiga lubang tersebut melebar. Jika tidak segera diganti, maka akan berpengaruh pada komponen CVT lainnya
F. Tanda Kerusakan Corong CVT
Motor anda slip? itu merupakan tanda kerusakan pada komponen corong CVT. Bila corong CVT rusak dan dibiarkan, maka akan sedikit fatal. Karena bila rusak atau aus, ada kemungkinan grease atau gemuk akan bocor. Sehingga V-belt, kampas kopling dan komponen lainnya menjadi slip
Sumber artikel ;
otozones.blogspot.com
dan dari banyak link di internet
Semoga bermanfaat, salam otomotif, jangna lupa like fanpage pojok kanan atas ya brooo....
Komponen-komponen CVT pada sepeda motor
1. Primary Sheave
2. V-Belt
3. Secondary Sheave
m4. Gear Reduksi
Berikut Ulasan dari komponen komponen diatas
1. Primary Sheave
Pada Primary sheave sendiri ada beberapa komponen pendukung yaitu
+ Fixed Sheave, berfungsi sebagai penahan v-Belt. Komponen ini tidak bergerak dan berbentuk piringan. Biasanya bagian sisinya menyerupai tali kipas sebagai pendingin mesin
+ Sliding Sheave, berfungsi menekan V-Belt dalam putaran tinggi, karena sliding sheave ini tidak dapat bergerak kekanan ataupun ke kiri
+ Collar, berfungsi sebagai tempat dudukan dari fixed sheave, sliding sheave dan cam
+ Cam , berfungsi sebagai tempat dudukan slider
+ Slider, berfungsi sebagai pendorong roller, yang roller sendiri mendorong slider sheave. Slider ini bergerak saat mesin pada putaran tinggi
+ Roller, berfungsi sebagai penekan sliding sheave, cara kerjanya sesuai putaran mesin. Apabila mesin pada putaran tinggi, roller ini menekan sliding sheave dan begitu pula sebaliknya. Gaya ini disebut gaya centrifugal
2. V-Belt
V-belt berfungsi sebagai penghubung antara sliding sheave dan secondary sheave. Yaitu meneruskan putaran mesin dari sliding sheave, biasanya v-belt ini memiliki gerigi yang dirancang agar v-belt tidak terlalu panas akibat gesekan terus menerus
3. Secondary Sheave
e
Didalam secondary sheave juga ada beberapa komponen penting yaitu
+ Sliding Sheave, berfungsi menekan v-belt. Perbedaan sliding sheave di secondary sheave dengan sliding sheave pada primary sheave adalah tidak memiliki sirip.
+ Fixed Sheave, berfungsi sebagai penahan v-belt atau bagian statis
+ Per, berfungsi sebagai pendorong sliding sheave
+ Torque Cam, berfungsi membantu menekan otomatis sliding sheave pada saat motor memerlukan akselerasi.
+ Clutch housing (rumah kopling), bersungsi meneruskan putaran v-belt ke poros roda
+ Sepatu kopling, berfungsi sebagai penghubung putaran ke poros roda belakang, sistem kerjanya tipe centrifugal yaitu bekerja sesuai dengan tinggi rendahnya putaran mesin
4. Gear Reduksi
Fungsinya sendiri sebagai penyeibang putaran mesin dengan roda. Selain itu juga sebagai pendongkrak tenaga, biasanya ada oli khusus untuk melumasi gear untuk mengurangi panas, dan merusak gear akibat gesekan terus menerus
Tanda-tanda kerusakan pada matic sepeda motor
A. Tanda Kerusakan pada roller CVT
Jika Roller CVT rusak, atau sudah habis usia pakainya, maka akan terasa getaran atau vibrasi pada putara bawah dan tenaga pada putaran atas tidak maksimal dengan kata lain, akselerasi pada putaran atas seperti tertahan
B. Tanda kerusakan Mangkuk Kopling CVT
Ketika mangkuk kopling bermasalah, maka gejala yang timbul pada saat motor dijalankan pada putaran bawah dan atas terasa jedug-jedug, ndut-ndutan, atau terasa seakan tersendat
C. Tanda Kerusakan Kampas Sentrifugal
Bila kampas sentrifugal Aus, maka akselerasi motor anda akan melambat, dan kecepatan menjadi berkurang daripada kondisi motor normal
D. Tanda Kerusakan Komponen Secondary Sliding Sheave CVT
Jika ada kerusakan pada komponen secondary sliding sheave ini, maka putaran menengah motor akan terasa tertahan sesaat dan kemudian normal kembali
E. Tanda Kerusakan pada Komponen Secondary Fixed Sheave CVT
Komponen secondary Fixed Sheave biasanya aus atau rusaknya pada tiga lubang pin guidenya, dengan ciri-ciri ketika yang rusak adalah tiga lubang tersebut melebar. Jika tidak segera diganti, maka akan berpengaruh pada komponen CVT lainnya
F. Tanda Kerusakan Corong CVT
Motor anda slip? itu merupakan tanda kerusakan pada komponen corong CVT. Bila corong CVT rusak dan dibiarkan, maka akan sedikit fatal. Karena bila rusak atau aus, ada kemungkinan grease atau gemuk akan bocor. Sehingga V-belt, kampas kopling dan komponen lainnya menjadi slip
Sumber artikel ;
otozones.blogspot.com
dan dari banyak link di internet
Semoga bermanfaat, salam otomotif, jangna lupa like fanpage pojok kanan atas ya brooo....
TANDA KERUSAKAN ROLLER CVT
Jika Roller CVT rusak, aus, atau sudah sampai umur pakainya, maka akan terasa getaran atau vibrasi pada putaran bawah dan tenaga pada putaran atas tidak maksimal dengan kata lain akselerasi pada putaran atas seperti tertahan.TANDA KERUSAKAN MANGKUK KOPLING CVT
Ketika mangkuk kopling bermasalah maka gejala yang timbul pada saat motor dijalankan pada putaran bawah dan atas akan terasa jedug-jedug, ndut-ndutan, atau seakan tersendat.TANDA KERUSAKAN KAMPAS SENTRIFUGAL
Kampas sentrifugal berfungsi untuk menekan dan menahan mangkuk kopling sehingga transfer tenaga diteruskan ke roda. Bila Kampas sentrifugal aus atau rusak, maka Anda bisa merasakan akselerasi motor matic yang sedang dikendarai akan menjadi lambat dan kecepatan menjadi berkurang dari biasanya.TANDA KERUSAKAN KOMPONEN SECONDARY SLIDING SHEAVE CVT
Secondary sliding sheave merupakan komponen CVT yang berhubungan dengan V-Belt. Ada kemungkinan komponen ini aus maupun tergerus akibat menopang putaran V-Belt secara terus-menerus. Jika ada kerusakan pada komponen Secondary sliding sheave ini, maka akan putaran menengah motor terasa tertahan sesaat dan kemudian baru normal kembali.TANDA KERUSAKAN KOMPONEN SECONDARY FIXED SHEAVE CVT
Komponen Secondary Fixed Sheave biasanya aus atau rusak pada tiga lobang pin guidenya, ciri-cirinya adalah bila rusak adalah ketiga lubang tersebut melebar. Bila tidak segera diganti maka akan berpengaruh pada Komponen CVT Motor Matic lainnya.TANDA KERUSAKAN CORONG CVT
Motor Matic Anda Slip? Itu merupakan tanda kerusakan pada komponen corong CVT. Bila corong CVT rusak dan dibiarkan maka akan sedikit fatal, karena bila rusak atau aus ada kemungkinan grease atau gemuk akan bocor. Sehingga v-belt, kampas kopling dan lainnya menjadi slip.- See more at: http://otozones.blogspot.com/2015/01/tanda-kerusakan-pada-komponen-cvt-motor-matic.html#sthash.tgVLIC8d.dpuf
SALAM SEJAHTERA.!!! bagi saudara-saudaraku dimanahpun berada, semogah anda masih diberikan kesehatan, walau tidak memiliki uang. PEPATAH Mengatakan,jika tidak memiliki uang asal bisa makan, tidak bisa makan asal bisa bergerak, NAH.!!! jika anda masih bisa bergerak dan mau berusaha pasti ada jalan keluarnya.
ReplyDeleteKami mengimpormasikan buat Semuanya bagi yg mengalami kesulitan apapun itu jika menurut Anda itu sulit diselesaikan
Anda bisa Konsultasi atau minta bantuan kepada orang yg saya temui kemarin yg sangat bisa di percaya yaitu Atas nama Mbah Wirang,
Beliaulah kemarin yg telah membantu Saya dan keluarga terlepas dari Masalah yg menurut kami begitu Sulit untuk di selesaikan bersama yaitu masalah Hutang sama tetangga dan Rentenir sebesar 300 Juta mungkin bagi orang yg mampu hutang segitu tidak lah sulit namun bagi kami itu malah sebaliknya…
Beliau kemarin membantu kami dgn 2 cara yaitu Main Togel dan pesugihan,,,
Sayapun mengadukan Nasib saya di permainan Togel singapur kemarin alhamdulillah Ternyata hasilnya tdk mengecewakan, kami menang banyak di 3 putaran dgn Total 857 JUTA Kami bersyukur dgn hasil tersebut dan akhirnyapun kami lepas dari hutang piutang yg ada,,,
Serta kami punya modal besar untuk usaha warung kami,,,saya hanya mengucapkan banyak terimah kasi Atas jasa Mbah Wirang kepada kami sekeluarga karna Tanpa bantuannya mungkin kami belum bisa
Seperti sekarang,,,,,
Dan Info bagi Kalian yg punyah masalah silahkan minta bantuan kepada Mbah Wirang untuk caranya Anda bisa tlfn beliau di NO +6282346667564 Silahkan Mengadukan nasip Anda siapa tau bisa seperti Nasib kami
STOP!!! jika saudara-saudari punya masalah seperti saya, insya allah mbah siap membantu anda, tapi mbah bukan munafik, mbah tidak menerima imbalan/sogokan dalam bentuk apapun, kecuali MAHAR yang sudah dijelaskan, karna Mahar tersebut mbah gunakan buat keperluan RITUAL tidak dan harus disiapkan, dibayar sebelum RITUAL, Wassalam...
1. PAKET (2D) MAHAR 100.000,-
2. PAKET (3D) MAHAR 200.000,-
3. PAKET (4D) MAHAR 400.000,-
4. PAKET (5D) MAHAR 750.000,-
5. PAKET (6D) MAHAR 1,250.000,-
mantap nambah ilmu ni tentang cvt pada matic, ane sendiri sebenarnya blm dan baru berencana akan meminang motor matic jadi ane penasaran tentang komponen apa saja yang ada di dalam motr matic, ilmu ane bertambah setelah ane cari tau tentang cvt ini ternyata intinya dari motor matic yang membuat transmisi di atur di dalam cvt, thanks for sharing gan
ReplyDeleteTerima kasih tambahan ilmunya bos
ReplyDeleteIjin copas ya mbah...
ReplyDeleteMin kalo bagian motor matic yg baru itu apa yah??, yg disamping sobreker itu yg agak besar ,diatas komponen cvt
ReplyDeletefilter udara
DeleteMks Bos...pencerahan yg sangat bermanfaat. Salam sukses!
ReplyDeleteMin motor mio sporty di kecepatsn 40/60 itu terdengar suara gesekan kira kira apanya min tolong info nya thanks
ReplyDeleteoto mania
ReplyDeletekalo untuk motor matic vario 110 2011, teanaga tidak ada ,, untuk nanjak tidak kuat harus ganti apa,, padahal udah ane ganti beberpa komopenn seperti , kopling, vbelt, roller, moghon sarannnya
ReplyDelete