Pages

Wednesday, 16 January 2013

Cara Mengetes Sensor CKP (Crankshaft Position Sensor)

Sensor CKP dapat ditest dengan menggunakan multimeter/test tahanan (resistensi), berikut sekilas materi yang akan saya jelaskan pada anda :

  1. Gejala kerusakan sensor CKP
  2. Alat yang digunakan untuk pengetesan sensor CKP
  3. Cara kerja sensor CKP
  4. Test CKP 1
  5. Test CKP 2
  6. Test CKP 3


1. Gejala kerusakan sensor CKP
    Bila sensor CKP rusak, maka gejala yang paling jelas adalah mobil tidak dapat dicrank/distart. Mobil
    dapat di crank tapi tidak bisa hidup.
    Berikut gejala yang lebih spesifik, jika kondisi sensor CKP buruk atau rusak :

  •     Relay Auto Shutdown tidak aktif dengan demikian tidak dapat memberikan daya untuk mengaktifkan :
          a)  Injector bahan bakar
          b)  Coil pengapian
          c)  Relay pompa bahan bakar demikian dengan pompa bahan bakar

  • Tidak ada percikan bunga api dari semua busi
  • Pompa bahan bakar tidak aktif selama cranking
  • PCM/ECU tidak dapat mengaktifkan injector 
     Dua gejala penting yang harus dicari ketika busi tidak memercikkan bunga api dan tidak ada sinyal
    dikonektor injector (ditest dengan menggunakan lampu LED). Jika satu busi memercikkan bunga api, atau
     salah satu injector mengeluarkan sinyal, itu berarti sensor CKP tidak rusak.


2. Alat yang digunakan untuk mengetes sensor CKP

  • Multimeter digital atau analog
  • Dongkrak
  • Jack stand
  • Rachet 1/2 dan kunci sock yang sesuai kepala baut pulley crankshaft, guna untuk memutar pulley
3. Cara kerja sensor CKP

    Sensor CKP pada mobil anda terdapat 3 kabel hall-effect. Karena sensor crankshaft adalah sensor jenis 
    hall- effect, menghasilkan sinyal tegangan on/off, dan dapat diukur dengan menggunakan :
  • Multimeter
  • Osiloscop
  • Lampu LED
    Ketika anda memutar kunci kontak ke posisi "start", masing-masing dari 3 kabel yang terhubung ke sensor CKP memiliki peran kerja spesifik, yaitu :

sensor CKP
a) Pin konektor nomor 1 bertugas menerima
    supply tegangan sebesar 5 - 8 Volt dari PCM/
    ECU
b) Pin konektor nomor 2 bertugas menerima
     ground (arus listrik negatif), ground juga dikirim
     ke PCM/ECU
c) Pin konektor nomor 3 bertugas memberikan
    sinyal posisi crankshaft kemudian dikirim ke
    PCM/ECU untuk dikalkulasi
d) PCM/ECU menggunakan sensor CKP untuk
    mengaktifkan rellay Auto Shut Down (ASD)
    atau sering disebut dengan rellay EFI
e) Rellay EFI akan mengaktifkan : rellay pompa
    bahan bakar demikianm dengan fuel pump,
    injector, coil pengapian demikian pengapian
    untuk setiap silinder mesin
f) Oleh karena itu, sensor CKP (sinyal) sangat
                                                                                           penting untuk menghidupkan mesin

    Harus diketahui, jika sensor CKP rusak, maka mobil anda hanya dapat dicrank, tetapi mesin mobil anda
    tidak dapat berputar (hidup) karena kurangnya pengapian dan suplai bahan bakar.

4. Test CKP 1 (Memeriksa sinyal)
    Sensor CKP tertelak dibagian belakang mesin (disamping menghadap ke depan). Sensor CKP terpasang
    aman diblok mesin    .

Jika anda ingin melihat letak posisi sensor CKP sebaiknya anda mendongkrak mobil untuk lebih nyaman melepas atau mengetes sensor CKP, dan hati-hati, utamakan keselamatan anda dalam melakukan setiap hal dalam pengetesan. Gunakan jack stand untuk menahan mobil, gunakan kaca mata keselamatan untuk melindungi mata anda dari puing-puing atau kotoran yang jatuh.
Hal pertama yang anda lakukan dalam pengetesan sensor CKP adalah menverifikasi sinyal sensor CKP baik atau tidak, dengan menggunakan multimeter.



Langkah-langkah pengetesan sensor CKP 1 sebagai berikut :

  1. Pastikan roda direm parkir dan ganjal roda belakang dengan balok, dongkrak mobil dan posisikan jack stand pada titik tumpuan jack stand
  2. Lepaskan konektor pada coil pengapian. Hal ini penting! Jangan melanjutakan pengetesan jika belum melepas konektor pada coil pengapian
  3. Cari letak sensor CKP pada mesin, keluarkan kabel yang ditutupi dengan plastik selongsong warna hitam atau solasi kabel hitam
  4. Jika kesulitan mengeluarkan kabel dari selongsong, saya sarankan melepas konektor sensor CKP terlebih dahulu. Apabila sudah kabel sudah terlepas dari plastik pelindung, pasang kembali konektor ke posisi semula. Sensor CKP harus terhubung dengan arus listrik untuk mengetes sensor bekerja atau tidak
  5. Posisikan multimeter ke mode tegangan DC, sobek atau tusuk kabel no 1 dengan peniti, dan tempelkan Lead multimeter yang berwarna merah ke kabel no 1 (yang mengirim sinyal ke CKP ke PCM)
  6. Pasangkan LEAD meltimeter hitam ke body mesin (Ground)
  7. Setelah itu putar pulley crankshaft searah jarum jam, amati layar multimeter. jangan sekali-kali mengenkol mesin dengan motor starter atau memutar kunci kontak ke posisi "START", karena hal ini meyebabkan hasil pengetesan tidak akurat
  8. Jika sensor CKP bekerja dengan benar, multimeter akan menunjukkan tegangan On sebesar 5 Volt, dan saat posisi off akan menghasilkan tegangan sebesar 0.5 Volt. Kunci utama untuk melihat perubahan tegangan adalah memutar pulley crankshaft secara perlahan dan stabil


5. Test CKP 2 (Mememriksa tegangan)
    Dalam langkah ini, anda akan memverivikasi tegangan pada sensor CKP.
    PENTING : Anda harus sangat hati-hati dengan kabel ini, jangan sampai konslet atau menempel dengan
    ground. Karena jika terjadi konslet beresiko akan merusak PCM/ECU, dan jangan menggunakan test
    lampu, gunakanlah multimeter yang baik
    Langkah-langkah pengetesan sensor CKP 2 sebagai berikut :

  1. Posisikan multimeter pada mode DC, hubungkan kabel no 3 dengan LEAD berwarna merah pada multimeter. Jangan memeriksa tegangan kabel pada konektor sensor, tusuk kabel dengan alat yang tepat
  2. Tempelkan LEAD hitam pada multimeter ke body mesin (ground)
  3. Putar kunci kontak ke posisi ON
  4. Jika semua rangkaian bagus, multimeter akan menunjukkan 5 - 8 Volt

6. Test CKP 3 (Memeriksa Ground)
    Langkah-langkah pengetesan sensor CKP 3 sebagai berikut :
  1. Multimeter dalam posisi DC, hubungkan LEAD hitam pada multimeter ke kabel no 2
  2. Tempelkan LEAD merah pada multimeter ke terminal baterai positif
  3. Putar kunci kontak ke posisi ON
  4. Jika sirkuit (rangkaian) bagus, maka multimeter akan menunjukkan tegangan baterai sebasar 12 volt ke atas.

    




46 comments:

  1. Terima kasih, pencerahan Ini sangat membantu

    ReplyDelete

  2. Semuanya normal cuma tidak ada percikan api di coil..injeksi bagus relay bagus... Tlng masukan nya terima kasih... Mobil bisa distarter..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penyakit sama dgn mobil sy gan,udah dpt solusi?bagi info gan

      Delete
    2. Penyakit sama dgn mobil sy gan,udah dpt solusi?bagi info gan

      Delete

  3. Semuanya normal cuma tidak ada percikan api di coil..injeksi bagus relay bagus... Tlng masukan nya terima kasih... Mobil bisa distarter..

    ReplyDelete
  4. Salam kenal....artikel top banget.dpt membantu para bengkel pemula spt sy.thx

    ReplyDelete
  5. Apa kerusakan sensor ini juga yg menyebabkan gas ngelos jika setelah ngerem/berhenti pada mobil matic?mohon pencerahannya,tks

    ReplyDelete
  6. Artikelnya sangat membantu saya sekali. Thankz gan.
    Jozz

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Salam mas Agus, mau tanya letak socet CKP sensor grand Livina matic dimana ya, dan cara pemasangannya bagaimana? Terimakasih

    ReplyDelete
  10. hallo agan,mobil saya chevrolet aveo tahun 2012.pada indikator chek enggine menyala,lalu saya tes menggunakan ODB II dan ternyata keluarlah code P0315 (crankshaft not learned) apakah sensor CKP saya bermasalah?tapi mobil masih bisa menyala normal. mohon pencerahan.. terimakasih

    ReplyDelete
  11. minta infonya gan,
    sensor cham shaf/ noken as sama pungsinya dgn sensor ckp atw beda gan.
    terimakasih sebelomnya.

    ReplyDelete
  12. minta infonya gan,
    sensor cham shaf/ noken as sama pungsinya dgn sensor ckp atw beda gan.
    terimakasih sebelomnya.

    ReplyDelete
  13. sore mas Agus, mobil saya nissan x trail 2007, setiap mau start mesin susah sekali bunyi, bahkan sampai sepuluh kali di start baru bunyi, kadang juga cuma duakali atau tiga kali, tapi akhir - akhir ini sudah sangat susah dan berulang ulang di start baru bunyi, apakah itu ada pengaruhnya ke sensor Crank ? mohon pencerahannya gan

    ReplyDelete
  14. Mohon maaf mas dan selamat malam,,sy mau tanya mas keluhan sy dengan mbl sy Avanza thn2007,begini mas,tiba tiba AC mobil sy terasa tidak dingin mbl sy bawa ke bgkl AC setelah dicek sana sini malah timbul problem baru lampu cek engine tidak menyala sama sekali dan mbl tidak bisa hidup oleh montir AC katanya ECU rusak,,nah karena kebetulan si bapak montir AC punya mobil Avanza sama persis dengan mbl sy ecunya dicopot dan dipasang dimbl sy tapi tetap lampu cek engine tidak menyala dan mbl TDK mau hidup,,kata si bapak montir AC semua sekering,relay ke ECU bagus,,termasuk kabel ground atau massa terpasang dengan baik,nah mas yg pengen sy tanya apakah ada sensor pada mbl Toyota Avanza th2007 yg rusak dan bisa menyebabkan lampu cek engine ga menyala dan menyebabkan mesin tidak mau hidup?Terimakasih mas mohon petunjuk soalnya sy lg diperjalanan mudik ke Sumatra karena katanya di daerah kota bumi Lampung belum ada bengkel yg memiliki alat scantool jadi tolong penjelasan mas,sekali lagi terimakasih

    ReplyDelete
  15. maaf gan mau nanya mobil saya galant v6 1995 pada cylider 2 dan 4 hasil pembakaran berasap hitam apa mungkin crankshaft rusak atau ada sebab lain mohon info....? tanks.

    ReplyDelete
  16. Salam kenal gan,mohon pencerahannya,kabel sensor crank shaft terburai,lepas dari soketnya,warna kabel putih,coklat dan merah.bagaimana gan memasang kabel pada posisinya yg benar.terima kasih.

    ReplyDelete
  17. Cara penyampaian yang mudah dipahami

    ReplyDelete
  18. Sangat membantu sekali, komplit penjelasannya..
    Mobil sy H.Stream 2002.
    Mungkin memang bs jadi TDC CKP nya mati.
    Krn mbl awalnya bisa jalan normal, kemudian mati, di start bisa lagi.
    Jalan mati lagi.
    Sangat bermanfaat sekali artikel ini.
    Sangat membantu.
    Sukses selalu...

    ReplyDelete
  19. Kalau mobil chevrolet optr 2004 dmb ya pak posisi sensor ckp nya? Trimakasih.

    ReplyDelete
  20. mobil tidak bisa hidup cevrolet captiva bensin apa yang harus di periksa

    ReplyDelete
  21. apa ciri ckp masih bisa di gunakan

    ReplyDelete

Silahkan Tinggalkan Pesan