Pages

Thursday, 10 January 2013

CARA MENGUJI KERUSAKAN ALTERNATOR/DINAMO AMPERE

Alternator
Cara mengetes kerusakan dapat dilakukan dengan mudah hanya dengan menggunakan alat multimeter, berikut cara pengetesannya :

  • Pengujian alternator bag 1
  • Pengujian alternator bag 2
  • Gejala kerusakan alternator
Sebelum saya melanjutkan bagaimana cara mengetes alternator yang rusak, ada baiknya saya menyarankan agar berhati-hati dalam pengetesan tersebut karena kita mengetes alternator dengan keadaan mesin mobil hidup

Pengujian alternator bag 1
langkah pertama yang kita lakukan adalah memeriksa tegangan baterai waktu keadaan mesin mobil hidup/menyala. Dengan melakukan tes sederhana ini kita dapat mengerti alternator dalam keadaan baik (Mengisi) atau buruk (rusak/tidak mengisi).
Sebelum anda melakukan pengujian alternator bag 1, pastikan bateraei (accu) anda terisi penuh dan setidaknya mesin mobil menyala selama 20 menit

Cara pengujian alternator bag 1, sebagai berikut :

  1. Posisikan Multimeter dalam mode DC Volt dan hidupkan mesin mobil anda
  2. Periksa tegangan/voltase baterai dengan cara tempelkan Lead merah di pull baterai (+) dan Lead hitam di pull baterai (-)
  3. Multimeter anda akan menampilkan salah satu dari dua hasil berikut :
          A. Normal 13.5 - 14.5 Volt DC
          B. Atau 12.5 kebawah saat mesin hidup
     4.  Langkah berikutnya akan menyebabkan muatan listrik pada Alternator dan selanjutnya akan       
          mengkonfirmasi bahwa pengisian itu baik atau tidak. Anda harus menghidupkan setiap aksesories 
          didalam kendaraan, nyalakan A/C atau heater yang tinggi, hidupkan whiper kaca depan, nyalakan 
          lampu depan, hidupkan semua aksesories yang berhubungan dengan listrik baik didalam mobil 
          maupun diluar mobil
    5.   Saat anda menghidupkan semua aksesories, perhatikan pembacaan tegangan pada multimeter. Ini 
          yang akan terjadi, anda akan mendapatkan salah satu dari dua hasil berikut :
          A. Multimeter akan menunjukkan 13,5 - 14,5 Volt DC. Itu berarti Alternator dalam kondisi bagus 
               dan normal
          B. Multimeter akan menunjukkan 12,5 Volt DC dan tegangan ini akan menurun jika anda menyalakan 
              lebih banyak lagi aksesories mobil.
         
Pengujian alternator bag. 2
Coba lihat kabel besar yang menempel pada alternator yang dipasang dengan baut adalah salah satu yang memberikan muatan alternator untuk mengisi baterai dan sisanya ke kendaraan.
kabel (sirkuit) dilindungi link fusibel inline (sekering tabung) dalam model lama dan fuse plastik (sekering tancep) dimodel baru. Jika sekering putus maka alternator tidak akan mengisi baterai. Fuse ini terletak dikomparasi mesin dan biasanya terletak di solenoid motor starter (coba dilihat pada buku manual kendaraan anda untuk memastikan posisi letak fuse).
Test ini akan membantu anda untuk menentukan apakah fuse terbakar/putus atau tidak, dengan tes tahanan (ohm) yang sederhana. Tes ini juga dikenal sebagai Test continuity, ini yang anda harus lakukan :
  1. Lepas kabel negatif baterai dari pull baterai (-). tinggalkan kabel positif yang menempel pada pull baterai positif
  2. Setelah melepas kabel negatif, posisikan multimeter pada modus tahanan (ohm)
  3. Tempelkan Lead hitam pada multimeter ke kabel alternator yang berdiameter besar
  4. Dan tempelkan Lead merah ke positif baterai
  5. Test ini akan menghasilkan salah satu dari hasil berikut :
          A. Jika sekering putus maka multimeter akan menunjukan angka 0
          B. Jika sekering masih bagus/tidak putus, multimeter akan menunjukkan tahanan sebesar 5 ohm atau 
              kurang

Gejala kerusakan alternator
Gejala paling umum dari alternator yang rusak adalah;
  1. Indikator pengisian (atau sering dikenal dengan lampu baterai) menyala, untuk memberitahukan kepada anda bahwa ada masalah dialternator
  2. Saat anda mengendarai mobil dimalam hari, anda merasa lampu besar (jauh dekat) sangat redup (tidak tersng)
  3. Mobil sulit distarter, anda harus menjemper dengan baterai lain agar dapat menstarter, dan apabila mesin dimatikan akan sulit dihidupkan lagi
  4. Anda harus terus menerus meng-charger baterai secara terus menerus atau menjumper baterai anda untuk menghidupkan mesin mobil











60 comments:

  1. mas bro.... klo indikator nyala cuma saat semua lampu sama aksesoris mobil dinyalakan dan pengisiannya jadi drop, lampu jadi redup itu kemungkinan yang rusak regulatornya ap alternatornya #kijang super...

    ReplyDelete
  2. mau tanya .? mobil saya baru di perbaiki ACnya..twincam 90 tapi aki langsung ngedrop setela pemakaina 2 hari .. akinya yang jelek ..apa alternatornya ya..? terus kalau AC ngambil arus dari aki seberapa besar..?

    ReplyDelete
  3. Kalo mau mastiin apakah accu soak atau dinamo pengisiannya troubel, coba lakukan langkah berikut :
    1. nyalakan mesin mobil, cek tegangan baterai dengan avometer
    2. jika sudah nyalakan semua aksesories mobil dari tape, semua lampu, AC, lampu besar, dll. Jika tegangan baterai 12 V kebawah berarti sistem pengisian ada masalah. Tapi jika tegangan baterai 12 keatas sistem pengisian masih Bagus.
    3. Jika pengisian bagus tapi ketika mesin mati mau dihidupin susah coba cek CCA accu, atau bawa langsung ke bengkel ACCU untuk diperiksa kondisi accu mobil anda :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas agung mohon bantuan mobil saya civic excellent 82 kalu di stater cuman kak kek kak kek kayak macet itu lo tp kalo accunya hbis di charge enak tp cuman kuat 2x penstateran apakah itu ada masalah di dinamo ampere atau apa gitu mohon bantuannya

      Delete
    2. itu masalah pada aki

      Delete
  4. Sy mengalami hal sepertidi atasm sdh ganti accu yang baru, tigahari kemudian drop juga. SkarAng tUkang service lagi bingung karnasudAah melakukan penguKuran tegangan ddan ampere tapi aki Masih dRop jg.padA saat pengujian amPere bisa naik. Sampai 60 tanpa beban. Sementara voltase tetap. Apa kira2 kesalahannya ya...? Mohon bantuaNnya.

    ReplyDelete
  5. check ke bengkel dinamo pak,,, sistem pengisian ada kerusakan... walaupun accu bapak baru, tapi sistem pengisiannya gak diperbaiki, tetep aja accu akan tekor, soalnya gak anda yang nge-charge

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas agung yg baik... mobil saya kijang lgx . Pengisian altenator bagus. Hanya kalo pas mobil di parkir kok akinya vs drop. Kira2 penyebab nya apa ya...makasih

      Delete
  6. Mas saya mau tanya kmrn kata mekanik alternator saya uda lemah, krn mobil dlm keadaan nyala kabel negatif di aki di lepas eh mobilnya mati. Apa benar itu alternatornya yg rusak? Trus klo emang rusak baiknya di servis / ganti yg baru ya mas? Mohon sarannya. Terima kasih

    ReplyDelete
  7. P. andi : iya pak ada kerusakan di dinamo amperenya,,,, itu bisa diperbaiki kok pak, coba bawa mobil ke bengkel spesialis dinamo,,,, paling yang rusak, brostel dinamo amperenya sudah tipis atau silicon penghubungnya rusak. klo dibawa ke bengkel resmi, pasti diganti thu dinamo amperenya,,,, soalnya di BERES gak terima servis sparepart..... Smoga bermanfaat pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak mau tanya pada saat idup kontak kunci lampu enggine dan lampu batre di indikator saya tidak hidup... Lampu yg lainnya hidup...biasa nya hidup semua... Ketika di start Baru normal.
      Akibat pas buka kontak lampu batre dan lampu enggine tidak hidup maka waktu di start tidak hidup mesinnya.... Apa masalah nya ya pak... Mohon bantuannya

      Delete
    2. Pak mau tanya pada saat idup kontak kunci lampu enggine dan lampu batre di indikator saya tidak hidup... Lampu yg lainnya hidup...biasa nya hidup semua... Ketika di start Baru normal.
      Akibat pas buka kontak lampu batre dan lampu enggine tidak hidup maka waktu di start tidak hidup mesinnya.... Apa masalah nya ya pak... Mohon bantuannya

      Delete
  8. mas agung yang baik, kalau lampu indikator accu nyala sebelum di acc dan saat on dan starter mati, kemudian saya melakukan pengujian dinamo ampere saya jumper ke + accu dan body saya tempel ke body mesin maka magnet dinamo sudah nyala/kerja (jadi saat saya pasang dan mobil tidak dipakai accu drop, itu apa rusak dinamonya atau pengkabelanya sehingga sebelum di kontak lampu udah nyala) terimakasih

    ReplyDelete
  9. mas agung sy mau nanya kmren sy abis pasang tape mobil L300 2013’ setelah di psang, bisa tp stelah sy bawa pulang .. trs mesin sy matiin . sore mau kluar . tape sy nyalain ternyata tape mati, ga bisa dinyalaiin, trs sy balikin krn masih garansi.. setelh di ganti tape mati lg sampai 2 kali.. mohon infonya ya mas trims.

    ReplyDelete
  10. mas agung yang baik, kalau lampu indikator accu nyala sebelum di acc dan saat on dan starter mati, kemudian saya melakukan pengujian dinamo ampere saya jumper ke + accu dan body saya tempel ke body mesin maka magnet dinamo sudah nyala/kerja (jadi saat saya pasang dan mobil tidak dipakai accu drop, itu apa rusak dinamonya atau pengkabelanya sehingga sebelum di kontak lampu udah nyala) terimakasih

    jawab : untuk lebih jelas siapkan avometer, lalu ukur tegangan waktu mesin mati, tegangan accu yang baik adalah 12 v keatas, lalu nyalakan mesin lalum ukur tegangan baterai, pengisian yang baik tegangan kurang lebih 13 volt, lalu nyalakan beban seperti AC, lampu besar, radio dan tape, jika teganan tidak drop berarti pengisian baik, jika pengisian baik tapi distarter masih susah bisa terjadi kerusakan di DInamo starter, tapi jika tidak dapat distarter ketika mesin sudah terdiam lama sekitar 1 harian bisa accu anda lemah, karena tidak bisa menyimpan arus listrik dalam jangka waktu yang lama,,, semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  11. mas agung sy mau nanya kmren sy abis pasang tape mobil L300 2013’ setelah di psang, bisa tp stelah sy bawa pulang .. trs mesin sy matiin . sore mau kluar . tape sy nyalain ternyata tape mati, ga bisa dinyalaiin, trs sy balikin krn masih garansi.. setelh di ganti tape mati lg sampai 2 kali.. mohon infonya ya mas trims.

    Jawab : coba check sekering acc/ radio tape, putus apa enggak mas?
    letaknya dibawah stir sebelah kanan

    semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  12. Mas agung, kalo ketika mesin hidup voltase lebih dari 16v baik diukur pada terminal aki maupun antara terminal dinamo amper dan ground. Kira2 apanya yang rusak?

    ReplyDelete
  13. Mohon advis mas...Mobilku panther 1,3. Beberapa hari terakhir ini batrei sering drop setelah mesin dimatikan dalam waktu lama sehingga menjadi kebiasaan bila parkir agak lama, kabel + saya lepas dari Batre dan kembali memasangnya kembali ketika mobil akan digunakan. Pada saat kunci kontak posisi off, ketika batre dipasang terlihat ada percikan pada kepala batre hingga semakin yakin pada jaringan kabel ada yang konslet. Beberapa langkah sdh sy lakukan utk mengetahui titik konslet : melepas seluruh relay, melepesa seluruh fuse tapi tetap alat terster selalu bergerak ketika kabel plus dan gruon di ukur (padahal batre sdh dilepas)

    ReplyDelete
  14. Mas Agung... mohon petunjuk tentang diagram kotak sekring pada kijang super th 1989. jalur sekring untuk apa aja dan berapa amper sekring yang digunakan...

    ReplyDelete
  15. Info yang sangat menarik dan berguna biar kita jadi tidak dibohongi bengkel nakal yang suka cari mangsa...

    ReplyDelete
  16. mas agung mohon pencerahan nya, kontak posisi on indikator yg hidup cma rem tangan saja sama dengan posisi mobil hidup jga, tapi sudah saya coba pake kunci pas di tempel ke dinamo nya nempel seperti ada magnet nya, apakah dimano cas saya masalh ya (saya tidak punya avometer untuk cek tegangan batere)

    ReplyDelete
  17. mas agung mohon petunjuk, mobil saya crv taon 2003 baru ganti alternatornya, selesai dipasang semua kembali normal kecuali lampu indikator baterainya masih tetap nyala. mohon infonya...terima kasih sebelumnya...

    ReplyDelete
  18. @Baihaqi usman : Coba cek sekering pengisian/Charge: mungkin putus.

    ReplyDelete
  19. Mobil saya All New CRV 2.4 Prestige beli September 2013. Setiap 3-6 bulan saya harus ganti baterai baru. Sedangkan beban normal yakni AC + Audio bawaan mobil dan tambahan aksesoris lampu led kecil untuk plat nomor depan. Sedangkan plat nomor belakang pakai lampu yang sudah ada sebelumnya. Saya tanyakan ke bengkel pada saat service berkala katanya tidak apa-apa dengan altenator. Apakah dengan penggantian baterai setiap 3-6 bulan sekali tsb menandakan altenator rusak? Ataukah saya bisa menambah ampere lebih besar dari sebelumnya/normal di 45Ah.

    ReplyDelete
  20. Dear mas agung, kawat tembaga dinamo mobil apa perlu di semprotkan minyak pelumas secara berkala? Thks

    ReplyDelete
  21. Mobil saya mazda2 kendalanya wayer dinamo amper or dinamonya yg rusak.sedangkan dinamonya udah di buka tp lampu batrenya masih nyala dan setrum masuk gak ada apinya,bagaimanacara tes pengapian dan udah di cek skringnya gak ada yg putus,tlg solusinya
    Preview

    EditAnonymous said...

    Mobil saya mazda2 kendalanya wayer dinamo amper or dinamonya yg rusak.sedangkan dinamonya udah di buka tp lampu batrenya masih nyala dan setrum masuk gak ada apinya,bagaimanacara tes pengapian dan udah di cek skringnya gak ada yg putus,tlg solusinya.

    27 August 2015 at 03:23

    Please prove you're not a robot 




    Preview

    EditAnonymous said...

    Mobil saya mazda2 kendalanya wayer dinamo amper or dinamonya yg rusak.sedangkan dinamonya udah di buka tp lampu batrenya masih nyala dan setrum masuk gak ada apinya,bagaimanacara tes pengapian dan udah di cek skringnya gak ada yg putus,tlg solusinya.

    27 August 2015 at 03:23

    Please prove you're not a robot 




    ReplyDelete
  22. Saya nurul hidayah 35 tahun dari surabaya,Saya mau mengucapkan terima kasih yg tidak terhingga, serta penghargaan & rasa kagum yg setinggi-tingginya kepada KI saya seorang kontraktor yang terbelimasalah hutang piutang ratusan juta, parahnya lagi, sisa uang juga sudah ludes kalah bermain saham,sudah lama saya mengetahui blog ini,juga sudah lama mendengar nama besar beliau, tapi saya termasuk orang yg tidak terlalu percaya dengan hal ghoib,jadi saya pikir ini pasti kerjaan orang iseng yg mau menipu.tetapi kemarin waktu pengeluaran 1817, saya benar-benar sulit percaya, angka yg diberi Aki roro tunggal 1817 ternyata betul-betul tembus,awalnya saya coba-c0ba menelpon Akiroro,saya bilang saya sedang terbelit masalah hutang hampir 200 juta, jika dalam minggu ini tidak dilunasi,maka saya akan dilaporkan kepihak berwajib,mbah bilang,kalo saya mau, si Aki ada angka anunaki hasil ritual ghoib 4d tunggal,tapi syaratnya harus ditebus dengan mahar 20 juta, karena cuma ini jalan satu-satunya untuk mendapatkan uang secara cepat, maka setengah kurang yakin saya usaha cari pinjaman hutang kesana kemari, dapat pinjaman 21 juta, langsung saya transper kerekening Aki, besoknya saya di beri angka tunggal 1817, mulanya saya tdk percaya,mana mungkin angka ini keluar,setengah putus asa saya pasangin kali 200 lembar di 2 tempat bandar berbeda,dengan perasaan cemas dan hati dag dig dug saya menunggu pengeluaran sore harinya, badan saya lemas & hampir pingsan,…ternyata meledak….!!! seumur hidup baru kali ini saya mendapat BLT 500 jt, uang ini bisa buat melunasi hutang, sisanya bisa buat buka usaha baru, sekali lagi terima kasih banyak Aki, seumur hidup saya tidak akan melupakan kebaikan Aki roro Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa,hanya ingin berbagi pengalaman dengan teman-teman senasib.sekedar info anda bisa hubungi beliau di call 081342124678 salam kompak

    ReplyDelete
  23. Panther saya tidak bisa di stater cuma bunyi..tek.tek.tek..klakson msh nyaring..tapi tetep gak kuat stater..apa masalahnya ya mas..trims

    ReplyDelete
  24. MAs Agung, saya mau tanya kalau indikator mengatakan : Battery Charge of electrical supply faulty: kenapa kira2nya ya mas,, accu baru, tapi kalau saya pasang ac langsung keluar indikator seperti tsb di atas,, mohonpencerahaan,, maksih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba bpk cek altenatornya ke tukang dinamo

      Delete
  25. Mas mau tanya ni , kijang kf50 saya saat dipake jalan malam dan semua aksesoris dihidupin kok paginya mesin ga mau hidup ya?? Tapi saat di cas akinya dan tes pengisian dengan cara melepas kabel (+) aki mesin tetap hidup .... mohon petunjuknya mas

    ReplyDelete
  26. Mas mau tanya ni , kijang kf50 saya saat dipake jalan malam dan semua aksesoris dihidupin kok paginya mesin ga mau hidup ya?? Tapi saat di cas akinya dan tes pengisian dengan cara melepas kabel (+) aki mesin tetap hidup .... mohon petunjuknya mas

    ReplyDelete
  27. Bos . Saya ada masalah dengan mobil saya (chevrolet spark 800cc) . Dalam satu bulan sudah 3x mengalami kerusakan pada dinamo amper. Jadi sudah mengganti yang baru slama satu bulan ini 3x. Bisa minta penjelasannya bagaimana solusinya dan masalahnya dimana.

    ReplyDelete
  28. Mobil saya Kijang Super tahun 1993, ada masalah dengan Pengisian Baterenya (Aki)..jadi saya harus sering2 Charge Aki-nya... apa yg perlu saya cek..? Terimakasih

    ReplyDelete
  29. Terlalu ribet mas cara nya, itu mah harus nya bengkel yg penya peralatan buat ukur tegangan segala, banyak kok cara yg lebih praktis

    ReplyDelete
  30. Untuk anda yg membutuhkan perangkat pemancar fm dan tv berkualitas untuk kebutuhan siaran komersil maupun pendidikan dan dakwah silahkan kunjungi www.pemancar99.com

    ReplyDelete
  31. https://drive.google.com/file/d/1TDQ2fUaqVi7Of72ExrkzLNKQJQNoboOB/view?usp=drivesdk
    Pak mau nanya klo untuk alternator kijang ini untuk urah yang ke lampu di dashboard dan di kontak yang mana ya pinnya? Terima kasih.

    ReplyDelete
  32. mas agung, mobil saya lampu indikator aki di speedometer kadang2 menyala kadang2 mati. saya cek tegangan altenator saat mesin hidup kondisi rpm idle naik turun berkisar 13,3-13,6. tapi saat mobil jalan di gas tegangan stabil di 13,6. bisa di jelaskan mas, kenapa indikatornya bisa nyala kadang mati. harusnya kan mati. terima kasih..

    ReplyDelete
  33. mas agung punten mobil saya kijang grand 96..ko aki baru msh gk bisa distater (aki tekor)low sdah distrum baru bisa distater lg ..kemudian setelah jalan sy nyalahkan tafe.ac gak kuat buat stater lg mas ..sy pernah tanya ke bengkel dinamo ktanya pengisiannya msh bgus, ketod sy beli baru mas mas knp yah mas..? mohon bantuannya

    ReplyDelete
  34. Saya mengalami hal sama mas agung. mohon minta solusinya

    ReplyDelete
  35. Pak kasusb di mobil saya aki sering banget drop total.. padahal 2 hari mobil di pakai terua.. eh paginya malah matot.. apakah itu fix kerusakan ada di alternator ? Soalnya umir aki masih bisa di hitung baru.. minta pencerahanya pak tnks

    ReplyDelete

Silahkan Tinggalkan Pesan