Tuesday, 9 April 2013

Sensor-Sensor Motor Injeksi dan fungsinya

Dimotor yang sudah diterapkan sistem PGM-FI pastinya semua sistem pada motor dikontrol secara otomatis dengan sistem elektronik, dari jumlah bahan bakar,jumlah udara masuk, dan waktu busi memercikan bunga api semua diatur secara elektronik dan otomatis, di motor injeksi (PGM-FI) terdapat otak yang mengatur semua komponen elektronik yang berhubungan dengan mesin yaitu ECU (Electronic Control Unit), jika unit ini rusak pastinya ada komponen mesin yang tidak aktif, jika unit ini rusak total maka mesin motor tidak bisa hidup, karena ini adalah otak dari mesin motor. berikut komponen elektronik yang mengatur mesin yang terdapat pada motor injeksi anda :


1. ECU (Electronic Control Unit

 ECU adalah adalah otak dari motor, atau bahasa bengkelnya komputer. ECU bertugas mengkalkulasi data yang masuk dan hasilnya didistribusikan ke semua sistem pada mesin




2. Sensor Tekanan Udara Masuk (MAP Sensor)
          Sensor Tekanan udara masuk adalah sensor yang bertugas mendeteksi tekanan udara masuk, dan 
    mengirimnya ke ECU untuk dikalkulasikan, jika sensor ini rusak biasanya mesin masih dapat hidup tapi 
    lampu check engine pada spedometer menyala dan pada waktu idle mesin tidak bisa langsam, atau RPM 
    mesin naik turun

3. Sensor Temperatur Udara Masuk (Intake Air Temperature Sensor)
Sensor ini bertugas untuk mendeteksi suhu udara yang masuk dan mengirim data tersebut ke ECU  untuk dikalkulasikan. Sensor ini letaknya difilter udara, jika sensor ini rusak mesin masih bisa hidup tapi lampu indikator check engine pada spedometer menyala





4. Sensor Temperatur Air Radiator (Engine Coolant Temperature)
Sensor ini bertugas untuk mendeteksi suhu air pendingin pada mesin dan mengirimkan datanya ke ECU untuk dikalkulasikan. Selain itu sensor ini bertugas menyalakan Fan radiator. Sensor ini hanya ada dimotor yang sudah ada radiatornya seperti Honda CBR,Vario, Yamaha Vixion,Kawasaki Ninja,dll. Sensor ini biasanya terpasang diblok mesin. jika suhu air pendingin melebihi dari spesifikasi normal maka sensor ECT akan mengirim sinyal ke lampu indikator temperatur yang terdapat dispedometer, sehingga lampu indikator temperatur menyala. jika sensor ini rusak mesin masih bisa hidup tapi lampu check engine juga akan hidup dan hal ini cukup bahaya jika suhu temperatur diatas suhu normal maka tidak ada sensor yang memberi informasi kepada kita, tau-tau air radiator habis dan silinder cop akan memuai karena mesin overheat
5. Sensor Crank Angle
 Crank Angle Sensor bertugas untuk mendeteksi posisi crankshaft (poros engkol),dan mendeteksi posisi TMA saat mesin baru menyalakan dan mengirimkan data tersebut ke ECU untuk dikalkulasikan dan mengatur saat pengapian dan waktu penyemprotan bahan bakar ke ruang bakar oleh injector. selain itu bertugas mendeteksi putaran mesin, dan dapat menghasilkan energi listrik, jika Crank Angle Sensor rusak maka mesin tidak dapat hidup dan lampu check engine juga akan menyala.

6.  Sensor TP (Throttle Position Sensor)
          Sensor ini bertugas mendeteksi sudut pembukaan katup throttle lalu mengirimkan data ke ECU untuk 
     dikalkulasikan berapa bahan bakar yang akan disemprotkan. Jika sensor ini rusak mesin dapat hidup tapi 
     tidak bisa stabil dan bahan bakar sangat boros dan lampu check engine juga akan menyala.

7.  Sensor O2 (Oxygen Sensor)
Sensor ini bertugas menjaga gas buang sisa pembakaran agar selalu pas dan memberi informasi ke  ECU untuk memberikan campuran bahan bakar yang ideal sehingga gas buang yang dihasilkan lebih ramah lingkungan. sensor ini terdapa dimotor keluaran terbaru seperti CBR 150, New Vixion,Vario tecno,dll  





8.  Sensor Kemiringan Motor (Lean Angle Sensor/Bank Angle Sensor)
 Sensor ini bertugas mendeteksi kemiringan motor, atau yang lebih tepatnya berfungsi ketika terjadi kecelakaan jika motor anda ambruk, otomatis sudut kemiringan motor anda kurang dari 65 derajat, maka sensor ini akan mengirimkan sinyal ke ECU untuk menonakifkan semua sistem mesin kemudian mesin mati secara otomatis, Lean Angle sensor untuk motor brand yamaha, dan Bank Angle Sensor untuk motor bran honda, tetapi sistem kerjanya sama, sensor ini terdapat dibawah jok motor 


9.  Sensor EOT (Engine Oil Temperature)
          Sensor ini sistem kerjanya sama dengan sensor ECT, hanya saja sensor ini bekerja mengukur suhu oli. 
     dan sensor ini hanya terdapat pada motor yang berpendingin udara seperti Supra x 125 PGM-FI

10.Injector
Injector bertugas menyemprotkan bahan bakar ke ruang bakar. jika injektor rusak maka akelerasi motor kurang bahkan mesin ada juga yang mogok jika injector sampai rusak parah




11.IACV (Intake Air Cut Valve)/ FID (Fast Idle Solenoid)
IACV/FID bukanlah sensor tetapi aktuator yang bertugas meningkatkan RPM saat mesin dalam keadaan dingin (Fast Idle). Fungsi Piranti tersebut sama dengan fungsi choke pada mesin karburator. Jika unit ini rusak, maka mesin sulit dinyalakan ketika mesin dingin. atau RPM mesin akan drop saat mesin dingin
            

81 comments:

Edy San said...

Mz bro ane punya motor new vixion.
ane ganti knalpotnya pake racing apakah kipas radiatornya bisa rusak apa gak.
Soalnya semenjak ane ganti knalpot racing ane gak pernah denger tu kipas radiator nyala.

Tapi lampu indikator di spedometer g nyala.
Mohon infonya.
Matur nuwun.

Edy San said...

Mz bro ane punya motor new vixion.
ane ganti knalpotnya pake racing apakah kipas radiatornya bisa rusak apa gak.
Soalnya semenjak ane ganti knalpot racing ane gak pernah denger tu kipas radiator nyala.

Tapi lampu indikator di spedometer g nyala.
Mohon infonya.
Matur nuwun.

Gust aneukranto said...

mass,,, kreta saya gk bsa hdup,,, stelah sya bongkar smu body blakang untuk saya cuci, stelah sya cuci saya psang balek, ih ternyata gk bsa hidup lgi,,, klu msalah klistrikannya tdak bsah dan smua sdah terpasang kembali. VIXION 2013 ya...

Agung Wibowo said...

coba dicek skeringnya putus gak pak,,, atau kabel DLCnya sudah terpasang atau belum.... itu bisa mempengaruhi mesin motor hidup atau gak .... :)

sayuti asli said...

thank's info x :)

Satria Oke said...

motor injeksi pada waktu jalan tiba tiba mati mendadak gimana cara penanganannya.

Agung Wibowo said...

bawa selalu sekering cadangan minim 2 biji besarnya 15A, soalnya motor injeksi sering mogok cuma gara-gara sekering Injeksinya putus, terus jangan lupa bawa kabel besar diameternya 3mm panjangnya 2 meter, untuk jemper accu, biasanya motor injeksi gak mau distarter doubel/di engkol kalo accunya soak.... semoga bermanfaat :)

sempak liar said...

mas mau nanya, motor vario 125 pgm-fi saya mati total apa ngaruh ke ecu nya ya?

Kirno said...

Saya ingin bertanya, Honda Vario CBS 125 iss saat saya putar Kunci Kontak pada posisi on, tidak ada bunyi khas sensor injeksi, dan Indikator cek mesin berwarna oranye juga tidak menyala, sehingga tidak bisa saya starter, saya cek 5 Fuse 10A dan 1 Fuse 25A dan 2 Rely semuanya baik, tetapi masih juga tidak bisa di starter, bagaimana solusinya Pak?

Apa ada kemungkinan ECU nya yang sudah tidak berfungsi?



Hal itu terjadi karena kecerobohan saya, awalnya saya membuka Alarm system yang saya pasang 3 bulan yang lalu, saat membukanya saya lupa untuk membuka socket di alarm systemnya, sehingga masih ada power 12v. saat saya membuka kabel alarmnya, kabelnya tersentuh body dan akhirnya menjadi masalah seperti yang saya sampaikan di atas.

Terimakasih

Agung Wibowo said...

Coba Accunya dijumper pak... atau accunya dituker dengan accu motor yang masih bagus. Karena jika bapak pasang Accsesories alarm, kekuatan Accu bertambah boros.
Tapi kalo keadaan ACCU baik paling yang bermasalah sistem alarmnya, biasanya sistem alarm dihubungkan dengan sistem injeksi mesin pak

Agung Wibowo said...

@ simpak liar : coba cek sekering EFInya pak, biasanya putus.... klo sekering EFI putus, maka kelistrikan mesin tidak ada... semua sistem mati

said...

mas pny saya verza, kalo mesin sdh nyala kok ada bunyi ngiiiing di tanki bensin y?apa itu wajar?br ptama pk injeksi soalnya.thx

Agung Wibowo said...

Normal brooww... suara itu suara pompa bensin,,,, klo gak ada bunyi itu malah gawat>>>> gak bisa idup thu mesin motor.. hehehehe

Dave Kader said...

Punya gw kejadian nya mirip sama yang di atas, motor gw cbr150r ada bunyi ngiing saat mesin udah nyala, bunyinya mirip kayak pgm-fi nya nyala pas kontak ON, padahal sebelumnya ga kedengeran bunyi kyk gitu
Apakah dalam jangka panjang itu ga bakal pengaruh ke sistem injeksi nya?

Mohon pencerahan nya
Thx

Agung Wibowo said...

gak papa pak dave, itu cuma suara pompa bensin... saran buat pengguna motor injeksi : jangan pernah motor anda-anda kehabisan BBM. soalnya pompa bensin cepat rusak, usahakan level Bahan bakar lebih dari 25% keatas, biar kerja pompa bensin tidak terlalu berat... semoga bermanfaat

marfel doank said...

mas kalo punya saya supra x 125 speedometernya ga nyala, sudah saya ganti sekringnya tapi ga mau juga

Agung Wibowo said...

udah injeksi belum pak marfel??? yg gak nyala lampu MILnya atau apa?

said...

wah bisa neh buat ECU sendiri untuk motor 2tak memadukan ilmu elektro dan otomotif

said...

mas motor saya new cbr 150, ada kejadian aneh saat kontak saya on kan ada bunyi fi nya seperti biasa, tapi di selingi ada bunyi teeeeeet daerah depan dekat tangki. padahal dulu-dulu g seperti ini. tolong kasih penceraha mas

Agung Wibowo said...

mas sanjaya : coba dicheck pompa bensinnya, kemungkinan pompa bensin mas tersumbat kotoran atau mungkin sudah lemah juga bisa

said...

tapi bukan dari system injection atau aki nya soak kan?

Agung Wibowo said...

kemungkinan enggak pak, awal bunyi saat dikunci kontak ON itu bunyi pompa bensin injeksi

Mhamasz Ambarawa said...

mas motor sy vario 125 fi,tegangan ECT nya terlalu tinggi,gimana cara mengatasinya?sdh di bawa ke BERES tapi ttep saja motornya sering mati

Agung Wibowo said...

@mhamasz Ambarawa : indikator check enginenya nyala gak pak???? trus temperaturnya naik gak???

rizky prasetia said...

permisi gan , mau tanya seputar sensor, motor saya Vario CBS iss, bila saya nyalakan kunci kontak terdengar suara start engine dibawah jok dan getarannya lumayan terasa dijok motor tsb. sebenarnya apa yg ada dibawah jok itu? normal kah dgn getaran sampai terasa dijok?

Indah Noviyanti said...

mas saya mau tanya, motor saya Honda Vario CBS 125 saat saya putar Kunci Kontak pada posisi on, tidak ada bunyi sensor injeksi, dan Indikator cek mesin berwarna oranye juga tidak menyala, sehingga tidak bisa saya starter, kemungkinan harus ganti accu atau ngecarge accu?

BILYBO said...

mas mo nanya, motor saya Beat f1 baru 5 bulan pakai dan 2 minggu lalu terakhir servis, sekarang mesin nggak mau nyala distater elektrik maupun engkol nggak ada reaksi apa2, padahal klakson nyala, saya kontak indikator injeksi nyala, lampu normal semua, apa ya penyebabnya

Agung Wibowo said...

buat mas rizky : itu getaran dari pompa bensin elektrik mas, semua motor injeksi kaya gitu
buat mbak indah : gak usah ganti accu, itu mungkin sekering injeksinya putus atau kurang kenceng... posisi sekering deket accu motor
buat mas BILBO : coba check rellay starternya, mungkin rellaynya kotor, atau rusak. jadi gak bisa meneruskan arus listrik dari accu ke motor starter

Semoga bermanfaat

teguh ahmad said...

Bos q pnya Mtr cb150r kmrn jth dan skrg kgk bsa nyala knp y. Tapi stlh jth msh smpt hdp. Pdhl lmpu injeksi nyala normal. mhn bantuannya. Trmksh

Agung Wibowo said...

Dihidupin pake Kick stater bisa hidup gak pak teguh? klo bisa hidup kemungkinan Rellay Starternya sudah jelek, minta diganti rellaynya

abdul rozaq said...

Mas motor saya new vxion, emg salah saya sii motor gak dipake" atau dipanasin kurleb 2mingguan, pas mau dipake awalnya idup, gak jauh dr rumah mati total gak bisa diapa"in, besok.nya saya bawa ke BERES, katanya akinya jebol sama ada masalah di kiproknya, disuruh sii ganti dua"nya biyar normal lg, tp lg bokek akhirnya saya ganti aki nya doang dan motor idup kembali, yg jadi pertanyaan apa saya harus juga ganti kiprok nya???

Agung Wibowo said...

@ mas abdul rozaq : coba test accu dengan avometer/multimeter, check tegangan ACCU normalnya si 12 V keatas, terus hidupin mesin sambil diukur tegangan accunya kalo nambah berarti kiprok masi normal,,, jadi gak usah ganti kiprok.... klo mas gak punya avometer, coba nyalain mesin, pada saat mesin hidup, lepas salah satu kabel accu, klo mesin masi hidup berarti pengisian baterai noramal dan kiprok dalam kondisi baik... semoga bermanfaat :)

dol said...
This comment has been removed by the author.
Tito Ramadhan said...

bro mau nanya, honda cb150r ane kalo di on kuncinya gk mau nyala lampu dan kawan2nya sama ada bunyi2 gitu terus kalo di stater gk bisa, tp kalo di kick stater mesin nyala dan semuanya lgsg nyala, itu kenapa ya bro? apanya yg rusak kira2

Tito Ramadhan said...

kelupaan bro sambungan pertanyaan yg tadi. Pas kunci di ON itu lampu spedo gk nyala termasuk lampu aladin check engine yg orange itu, tp kalo dibiarin tiba2 spedo berkedip gitu clap tp mati lagi terus bunyi lagi dan seterusnya, tp kalo di kick stater bisa bro, apanya ya, tnks

said...

Bro mau tanya ne sy puny vario FGM Fi klo di pasang fuse 2,5 putus sblum Ώyå mm ada kabel body lampu stop di gereget tikus tp sy benari tp ttp aj sakring pts tp klo soket ecm yg sblh kiri bwh di lepas gak pts sekring Ώyå mkinkah ecm na sdh konslet

yuda setiawan said...

Mas agung. Aku mau nanya nih .aku pnya mtr honda supra 125 helmin injection .kata tmn q injction kl dah mati diengkol pun ssh .trs terang aku jd takut motornya mati mesinya dijalanan.ktny kalo injection kalo udah mati ssh dienkol jg gk bakalan hdp .untuk jaga2 yg hrs di srdiain apa aza mas .

rahel pranoto said...

kak,motor saya mio j.
lampu indikatornya nyala terus, bingung harus di apain.
dari ganti aki baru, sampe tadi dah ganti ECU masih nyala juga.
trus motornya jadi panas banget.. kira² kenapa ya? makasih ya kak

Agung Wibowo said...

Mas tito : kemungkinan Accu tidak kuat, coba diganti accunya dlu,

Agung Wibowo said...

mas yuda : mesin injeksi itu ada sekering pengaman, klo mesin gak hidup saat diengkol dan didoubel starter gak hidup kemungkinan sekering putus; tapi klo didoubel gak hidup tapi diengkol mesin hidup kemungkinan rellay starternya rusak, semoga bermanfaat

Agung Wibowo said...

Rahel : klo Mio J, lampu indikator check enginenya nyala sebaiknya discann pake alat scanner; klo efeknya temperatur mesin panas, bisa sensor ECTnya rusak apa kabel2 yang menuju sensor putus mbak rahel. coba dichek ke bengkel motor kepercayaan anda. semoga bermanfaat

yanto said...

Mas Agung saya mau tanya, motor saya cb 150 r baru beli 2 mingguan, waktu saya hidupkan stasioner (ditempat) kiproknya saya pegang kok panas dan apabila digas rpmnya tambah tinggi kiproknya juga semakin panas, apakah hal ini normal atau tidak mas, mohon pencerahannya dan terima kasih.

teguh paul gilbert said...

mlam mas sya mau tanya motor saya kenapa yah lampu engine hidup 22 ,,terus ketika dijalanin kok motor ngempos brebet padahal dah ganti busi baru,, apa masalh di intake air sensor nya yah mas,, terus bagaimana cara penangananya,, mohon bantuanya mas terima kasih

Andri Yono said...

Mas vixion sya dijailin ma org pas dparkiran dstarter n diselah ga bsa hidup pdhl smua klistriknny nyala.. n tombol swict merah jg udah on. Itu diakalin Apanya ya mas bro..

dopsolution said...

cara setting iddle motor pgm-fi gimana gan

Muhamad Fatih said...

mas mau nnya donk, saya denger kata temen klo motor verza ituh harus di cek air apahnya gituh, tpi dia bilang sih make air biasa juga bisa, nah saya ini kan bnr" msh newbie soal motor, saya mau nnya klo cek nya dimna yah ? n caranya gimna .? mohon pencerahnya. .

west bgusla said...

Mas mau nanya, klau kripok sampe jebol akibatnya apa lagi y , sy sdh ganti aki sama kiprok baru tspi vixion saya masih blum bisa nyala, mohon pencerahanya mas ..tx

west bgusla said...

Gan , berkaitan dgn petanyaan saya yg diatas tadi ,skring induk nya juga sdh saya ganti, kelistrikan semua sdh nyala kecuali pompa bensin ya ,, itu kira " kenapa y? Apa ada hubunganya klau kiprok rusak ECU nya juga bisa kena. . Tx atas pencerahanya gan. .

Agung Wibowo said...

@muhamad fatih : itu yang dimakasud air radiator. untuk motor baru saya sarankan pakai coolant, klo emang udah kehabisan air dijalan terus dalam kondisim darurat bisa diisi pakai air mineral biasa. :), semoga bermanfaat

Agung Wibowo said...

@ mas west bagus : kiprok itu berkaitan dengan sistem pengisian accu, kalo kiprok rusak ya aki tekor, klo masalah mengganggu ECU apa gak, saya rasa gak ngaruh, klo gak ada konsleting di jalur kabel sensor. coba cek relai pompa bensin pak, mungkin mati, jadi pompa gak hidup. klo relai kondisi baik, cek pompa bensin. semoga bermanfaat

Agung Wibowo said...

@dopsolution : cara stel idle gak ada disistem pak, kalo ECUnya sudah diganti ECU racing (Peggybag) bisa distel komputer, di motor yang sudah terkenal seperti YAMAHA : campuran bahan bakar dan udara bisa distel pakai alat scanner motor yamaha (Yamaha Diagnostic Tool), untuk honda campuran bahan bakar tidak bisa distel. sudah paten dan dikalkulasi otomatis oleh ECU. Semoga bermanfaat :)

said...

Pak cbr150 sya pas distarter knapa ya mesinnya ga hidup??
Mohon bantuannya...

Agung Wibowo said...

check engine nyala gak pak waktu kunci kontak diputar ON

said...

mau nanya gan... motor voxion saya
pada saat jalan normal.. tiba-tiba
lampu indikator'a menyala.. stelah
saya matiakn mesin'a.. trs saya
hdpkan lg.. lampu indikator berhenti
menyala gan.. ini apa penyebab'a..
mohon info gan

Vian Chukit said...

Mas mau nanya.mtrku new beat pgm f1.kipas pendinginku pecah, dan blm aku ganti. Krna brng hrs inden dlu. Mtr aq pakai jrak jauh trus,kdng lampu indikatorku injeksi menyala trus waktu aq paki kalau mesin panas dan jalan menanjak. Bensin msh ada stngah nya. Kalau bensin aq isi jd png lagi atau berhnti dlu sktr 5 mnt .lampu indikator gak nyala lg. Mhn pnjlsannya.pnyebabnya apa.trmksh

Agung Wibowo said...

@pengguna vixion : untuk mengetahui apa kerusakannya, saya sarankan mendiagnosa motor dengan scantool yamaha,
@mas vian : iya nyala itu kemungkinan sensor temperatur mengirim data ke ECU karena temperatur tidak sesuai spesifikasi. Klo untuk jarak jauh tiap indikator nyala saya sarankan berhenti sekitar 10 menit soalnya OVERHEAT. kan sangat bahaya kalo sampai air radiatornya kehabisan karena terserap panas dan akan merusak mesin

said...

Masbro. Cbr150 repsol saya sudah ganti aki sblumnya dijumper pake aki mobil seblum beli aki baru dan setlah itu kontak on mati total trus saya beli aki baru tetep mati total pas kontak on..gimana ya solusinya apa ada sikring yang putus ? Nah saya liat ada sikring ijo 30A deket rumah aki itu buat apa yah ? Tks. iTon

Agung Wibowo said...

@MAS ITON : iya mas kemungkinan sekering EFI nya putus. coba check sekering ijo 30A nya.... klo putus langsung ganti sekering aja

said...

iTon: iya kebetulan saya juga pengen nanya itu sikring ijo cadangan nempel dirumah aki itu buat panel listrik disebelah mananya yah soal yang kelihatan yang 10A(merah) semua

Ahmad Mudzakir said...

Kalau bisa tolong tampilkan gambar komponen yang terdapt di mobil tronton NISSAN CWB..

Harold Loing said...

Mas bro.... Vixion 2012 sy kemasukan air di tanki-nya akhirnya sampe skrg walau sudah sy ganti bensin dan bersihkan tanki, Tapi ga mau hidup lagi. Pompa injeksi ga bunyi sama sekali, aki lumayan kuat api busi bagus, help me please ....

Agung Wibowo said...

pompa injeksi mati bisa dari sistem, bisa dari pompanya sendiri yang mati, coba check sekering FInya putus gak? terus klo gak putus tapi pompa masi mati juga, coba lepas pompa dalam tengki, terus dicheck langsung dengan accu, klo mati coba dipukul2 pelan dengan kunci ring atau palu plastik. klo tetep mati, ganti pompa bensin

said...

Mas, apakah motor vario 125 fi dilepas ECU-nya lalu lupa kita coba hidupkan mesin, itu menyebakan eror pada progrom ECU-nya?

Agung Wibowo said...

tidak menyebabkan ECU eror gan, asal tidak ada konsleting kabel yang berhubungan dengan ECU, jika ada konsleting di kabel yang berhubungan dengan ECU, maka ECU akan terbakar atau eror atau rusak,,,, klo cuma lepas socket terus mencoba menghidupkan mesin tidak akan ada efek eror dalam program.
Semoga bermanfaat

yodik said...

numpang tanya chek engin xeon 125 th 2012 kok nyala kedip terus ya ,, gmana bro solusinya ,,?

Agung Wibowo said...

@mas yodik : coba discan dulu mas yodik, kemungkinan ada troubel disistem injeksinya,,, coba discan ke BERES YAMAHA terdekat. semoga bermanfaat

dian ismatrisandi said...

bro saya mau tanya kenapa vxsion injeksi sya
1.jampu indktr brwrna kuning ktka sya jalankn kdang hdp kdang mti
2.kdang mgok tba2 ktka sya jalankn n msin mti trz hdp lagi
3.kadang mau hdpn msin On nya gk bsa
ksh solusi bro

said...

Masbro....kok meter aq cb150r klu temperatur radiator uda high kok klakson ga mau nyala ya? Tp klu uda turun temperatur nya klakson normal lg,itu pengaruh ke sistem pengapian ga ya bro,trimz

said...

mas motor saya visen semalam mogok dibawak kebengkel kataya lampu indikator hidup terus, pegapian bagus, pompa injeksinya bagus, tapi egak hidup, kata orang bengkelya, harus diset kembali di bengkel resmi yamaha, apa betul, atau ada cara yang lain.






Nosa Diaswara said...

ro, gw lagi mogok nih di jalan. Setiap kunci di on lampu indikatornya sebentar nyala, mati terus hidup lagi dan ga mati2. Pas di starter mau tapi ga mau hidup. Takut jadi tekor nanti akinya. Kick starter juga ga ada di moto ini. Harus gimana nih ya biar bisa nyala?

lp yayan said...

mas aku mau nanya ni.... ni ecu saya pada mtor r15 rusak,... ceritanya gini..... aku pasang holder old vixi n head lamp led.... setelah 1 bulan lebih g da masalah apa2.... kmudian ak pasang knalpot racing n setting CO plus 10,.... abis tu seminggu spedo motor ane eror,, n jarang mau baca.... setelah tu ane cek di delaer ternyata ecu ane dh g kbaca.... nah yg ane bingung... yg nyebabin ecu rusak itu,,, apa setiing CO,ny apa holder vixi n led.. pdahal udah 1 bulanan lebih g da masalah.... tp stelah setting co semingguan.. br ecu ane rusak...??

Agung Wibowo said...

Maaf baru bisa bales pertanyaannya
buat dian ismatrisandi : Dulu saya pernah ngalamin hal seperti itu, saya check ada kabel yang hampir putus di daerah kunci kontak, jadi ketika kabel tidak konek, maka lampu di spedo akan mati semua dan motor tidak bisa dihidupin, saya coba scan nggak bisa tembus, saya check ke BERES pun tidak bisa nemuin, pas aku coba cari tau sendiri ternyata cuma kabelnya doang yang perlu disambung terus disolasi,,, masalah selesai, cuma modal 10rb doang. hehehe
"semoga bermanfaat"

Agung Wibowo said...

Masbro....kok meter aq cb150r klu temperatur radiator uda high kok klakson ga mau nyala ya? Tp klu uda turun temperatur nya klakson normal lg,itu pengaruh ke sistem pengapian ga ya bro,trimz

Jawab: mungkin sistem pengisian ada yg error, atau accu mas udah mulai soak, hehe

"Semoga bermanfaat. salam otomotif"

Agung Wibowo said...

mas motor saya visen semalam mogok dibawak kebengkel kataya lampu indikator hidup terus, pegapian bagus, pompa injeksinya bagus, tapi egak hidup, kata orang bengkelya, harus diset kembali di bengkel resmi yamaha, apa betul, atau ada cara yang lain.

jawab : setau saya harus discann di dealer yamaha klo yg simple, atau bengkel motor yang sudah punya scanner.

Agung Wibowo said...

Mas Nova: klo nggak discan saya kurang tau kerusakan pastinya mas, takutnya nanti salah perkiraan, hehehe

Agung Wibowo said...

maaf baru bales mas lp yayan
klo untuk setting CO nggak terlalu ngefek ke ECU, klo ECU nggak ke baca, bisa dari scanner nya nggak kompatibel juga bisa mas, coba mas balikin ke bengkel pas mas setting CO, terus coba suruh check sekalian socket di spedometer mungkin terlepas atau kendor juga bisa...

"semoga bermanfaat, salam otomotif"

said...

Maaf mas .mhn solusi mtr jarang sya pk.lampu indukator wrn kuning berkedip beberapa kali.trus mati sebentar.trus berkedip lagi lmpu indikator nua.tp mesin msh bisa nyala di starter jg

said...

Maap mau nanya ni mas...
Motor saya honda beat fi.
Lampu orange indikator check engine kok g nyala ya, tp bunyi ngingnya msh bunyi, semua itu terjadi setelah saya melepas kabel "-" & "+" aki dgn maksud membersihkan 2 kutub aki tsb.

DeDi JAP said...

Mw naxa Gan,,,,Kok motor sy pada saat On dalam wk 15 menit,,,tiba2 lampu injeksinya nyala……..Kira2 masalhnya gmn????soalnya sy udh bw ke bengkel resmi, tp setelah di cek trnyata nda ad maslah…..
Thankz sebelumnya

scorpion- nafi said...

mau tanya mas saya kan pasang alarm cuman blom bisa mematikan mesin. yang saya tyakan kabel apa yang di jemper massa dari remote untuk mematikan mesin,,,, untuk motor vario 125 fi
dari -koil ada efeknya gk? suwun

said...

mas mau tanya, vixion 2009 pas lg jalan tiba tiba keluar bensin g tau dri mana... setiap di kontakin masih terasa pompa bensinya tapi terus keluar bensinya , blm coba d utak atik sihh, males juga jarang d pake,
mohon pencerahan bang bosss
setia

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Pesan

 
Design by http://4-jie.blogspot.com/ | Bloggerized by Fajri Alhadi