Thursday, 8 May 2014

Yamaha Vixion Tiba-tiba kelistrikan hilang

Kali ini saya akan bercerita tentang pengalaman saya memakai kendaraan vixion, saya sangat puas dengan performa motor kesayangan saya, untuk jalan ngebut atau pun pelan, performa mesin tidak mengecewakan. Tapi suatu ketika saya mengendarai motor dan mau menyalip sebuah truk tiba-tiba lampu indikator "Check Engine" dan "Tempeatur" menyala bersamaan, dan tenaga hilang seketika, perasaan khawatir langsung muncul, bayangin mau nyalip truk didepan ada mobil dapet ditengah-tengah mesin langsung mati tiba-tiba, saya usaha ngopling dan narik tuas gas berkali-kali tiba-tiba mesin nyala lagi, kelistrikan langsung muncul lagi dan mesin normal lagi. Saya penasaran sama hal itu saya langsung scan pakai Scanner Yamaha, ternyata di display scanner tertulis "Trouble Tidak ditemukan", masih kurang yakin saya bawa ke BERES yamaha, mekanik scan pakai scan original yamaha juga tidak ditemukan masalah, 1 minggu penyakit hilang, tapi tiba-tiba masalah muncul lagi saat saya bawa motor. Tapi kali ini motor saya mogok gak bisa diapa-apain, saya otak-atik sendiri saya ngecek ACCU, gak masalah, sekering EFI, gak putus juga, Rellay Starter juga gak masalah, ECU saya tuker juga sama-aja. saya penasaran saat dikontak kelistrikan gak ada, saya gerak-gerakin kabel body yang dapet kunci kontak, langsung nyala sistemnya, berarti permasalahan berada di kabel dari kontak ke accu,,, langsung saya ke BERES saya tunjukin permasalahan yang dulu belum terselesaikan, saya minta tolong mekanik bongkar kabel body dan memperbaiki kabel yang konslet. Penyakit motor saya sembuh performa kembali oke,,,, Semoga jadi pengalaman yang bermanfaat, punya motor tapi tau penanganannya itu mantep banget, kaya dah jadi soulmate.... Rawatlah kendaraanmu seperti halnya kamu merawat dirimu sendiri. kendaraan juga minta diperhatiin.
Semoga bermanfaat kawan-kawan :D  Salam otomotif

29 comments:

Edhu Htlr said...

Salam kenal gan, saya Edhu dari papua.
Mau nanya sedikit ttg motor Yamaha Vixion keluaran 2008.
kemarin" ini vixi saya sering mati klu temperaturnya tinggi. trus sdh saya servis sih, tp bukan di bengres. lumayan juga sih hasilnya. Namun, stlh di pake beberapa saat, sempat jatuh sama motor saya. trus paginya, waktu kunci kontak dalam keadaan ON, lampu indikatornya tidak menyala, lampu netralnya jg, dan tidak bs hand starter. Kira-kira apa ya mas klu kondisinya seperti itu?
Mohon petunjuknya...!!!

Nur Rohman said...

di engkol tapi bisa kan sama kaya motorku hubungi 082322227770 lok dah ketmu sousinya ya

Andrey Li said...

Terima kasih banyak info nya mas agung wibowo..vixion saya sdh 3 hari spt ini. Sempat bingung saya apanya ini yg rusak. Ternyata ini toh..salut dah :D

Andrey Li said...
This comment has been removed by the author.
Agung Wibowo said...

makasih mas. andrey..

Yepan Saputra said...

motor tiba-tiba lampu injeknya hidup dan kedap kedip dan lampu jg gak bisa hidup dan klw dibw paling 10 paling 1 km mati mndadak dan katanya masalah aki dan udh saya gnti aki tapi masi saja lampu injeknya hidup kedap kedip dan jaln paling gak jauh dan mati tiba" motornya, mohon bantuannya

Unknown said...

Itu kiprok sama spullnya udah perlu di ganti gan biasanya klo vixi udah lbh dri 5thn kendalanya di situ.

Unknown said...

Itu kiprok sama spullnya udah perlu di ganti gan biasanya klo vixi udah lbh dri 5thn kendalanya di situ.

Andri Dede said...

Thks bro atas infonya.. Ane baru aja ngalamin hal sama persis sama kejadian di atas

Andri Dede said...

Thks bro atas infonya.. Ane baru aja ngalamin hal sama persis sama kejadian di atas

marshell cleverley said...

Mas mtor saya mati hidup mati hidup trus padhl busi baru acujuga baru tp ttp gk maw hidup trus lmpu netrl juga gk mau nyla sama klau mau stater hrus dikopling baru mw di stater ms. Tolong solusiy ms

marshell cleverley said...

Mas mtor saya mati hidup mati hidup trus padhl busi baru acujuga baru tp ttp gk maw hidup trus lmpu netrl juga gk mau nyla sama klau mau stater hrus dikopling baru mw di stater ms. Tolong solusiy ms

marshell cleverley said...

Mas mtor saya vixion sering mati hidup mati hidup trus. Trus lmpun netral enggk hidup trus klau distater gk mw hidup klau gk di kopling mas apa msalhnya ya mas tlong bantuany busi juga sudh ganti oli ganti pompa bensin sudh di bersihin sama injksiy . Tp ttp ja gk da perubahn mas

Panca Nasution said...

Mas motor saya new vixion pas di hidupin gk ada kelistrikan sama sekali..
Pas siang nya baru service di BERES..
Kira kira apa masalah nya ya mas

Panca Nasution said...

Mas motor saya new vixion pas di hidupin gk ada kelistrikan sama sekali..
Pas siang nya baru service di BERES..
Kira kira apa masalah nya ya mas

Nhoneettz Bae said...

mas tolong pencerahannya motor vixion saya waktu kontak posisi on kelistrikan gak ada,lampu netral dan indikator jga gak nyala,di engkol jga gak bisa.. trus saya matikan dan di ulang nyalakan lagi berulang ulang ahirnya nyala,,tpi pas udah jalan,mesin agak panas accu kayak gak kuat ngidupin lampu,dan saya buka jok,kok cdi panas..kira kira apanya yaa,,mohomn pencerahan..

bulan bintang said...

mas tolong pencerahannya motor vixion saya waktu kontak posisi on kelistrikan gak ada,lampu netral dan indikator jga gak nyala,di engkol jga gak bisa.. trus saya matikan dan di ulang nyalakan lagi berulang ulang ahirnya nyala,,tpi pas udah jalan,mesin agak panas accu kayak gak kuat ngidupinlampu,dan saya buka jok,kok cdi panas..kira kira apanya yaa,,mohomn pencerahan..

moc whare said...

sama persis ceritanya dengan motor ane..
makasih mas infonya, jadi tambah ilmu lagi nih ane.

said...

pengalaman vixion ane tahun 2009, dulu waktu dijalan pernah beberapa kali mesin mati mendadak,tidak ada keanehan pada lampu indicator,mesin bisa kembali menyala ketika sudah istirahat beberapa saat, ketika tanya ke bengkel beberapa kali tidak ketemu solusinya, malah saya sudah ganti aki, busi, bersihin injeksi, sudah dilakukan dan tidak juga ketemu masalahnya, tapi untung ketemu solusinya setelah beberapa kali pindah2 bengkel, msaalahnya karena ada air masuk ke dalam tangki bensin, bisa disebabkan ketika mencuci motor, kehujanan, atw bensin yang mengandung air. ketika bensin dikeluarkan dari tangki ternyata ada banyak air di sana, sehingga sudah jelas kalau air yang masuk ke injeksi, otomatis mesin akan mati, sekian pengalaman ane, smoga menambah ilmu agan2 sekalian...

Achmad Fadhil said...

Mas vixion sya pas jalan sering mati hidup tpi nggu lama itu knpnya tlong dong jelasin vixion 2012

Achmad Fadhil said...

Mas vixion sya pas jalan sering mati hidup tpi nggu lama itu knpnya tlong dong jelasin vixion 2012

Mch.istain Istain said...

Mas bro mtor saya vixion 2010 lampu netral nyala tp lampu indikator mati pngapihan hilang gk ada

Jamal el siregar said...

Ini persis yang saya alami dan sudah dua kali saya ke bengkel resmi yamaha, belum juga teratasi
Insya Allah bulan depan kesana lagi

said...

Mas emang itu apanya yg salah ane juga kayak gitu.
Mohon wejangannya dong mas
Makasih

irawan adibi said...

klo vxion sy klo dikontak, smua lampu ijeksi, yang ada dispedometer gk ada yg xala biar satupun, tpi klo distater kaki bru menyala normal sprti biasanya, padahal aki bru, skrin bru, kira2 apa y gen ? mhon bantuannya gen, mtor z vxion thun 2011

OpoOpo said...

kalo vixion saya bisa tiba2 mati waktu dikopling. terus waktu habis berhenti, dimatiin, pas dinyalain lagi kelistrikannya gak ada yang hidup. baru mau nyala kalau di starter kaki dan agak maksa. kira-kira kenapa bro??
aki emang sudah tekor sih tapi masih aman, waktu ngcek arus yg masuk ke aki pas motor nyala sekitar 14-15 V(asumsi kiprok masih berfungsi baik) apa iya udah kenak spull-nya??
mohon bantuannya, trims

said...

Kiprok nya mas , akinya masih ok kg tuh

Unknown said...

Mohon bantuannya sobat..udh 3 hr ini vixion saya ngga beres.Mesin bisa di nyalain klo semua lampu di matikan.Bisa d pakai jln, tp klo udh mulai ngehidupin sein ato lampu depan bahkan klakson,indikator mesin akan nyala.Mesin jg seperti mau mati.Padahal kiprok tak ganti baru,aki sama sekring di cek msh bagus.Cmn blm tak bawa k bengkel..kira2 apa penyakitnya ya Sob.Mohon bantuannya..terimakasih

dink 46 said...

Kabel sensor kopling putus

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Pesan

 
Design by http://4-jie.blogspot.com/ | Bloggerized by Fajri Alhadi