Motor-motor injeksi sekarang sudah merajalela dimasa kini, pabrikan motor ternama sekarang memajukan teknology sistem injeksi. Contoh Seperti Yamaha sudah beredar banyak motor yang sudah sistem injeksi : Vixion, New Vixion, Mio J, Soul GT, Jupiter Z1. Motor Honda Injeksi : Supra X 125 PGM-Fi, Beat PGM-Fi, Vario PGM-Fi, VERZA PGM-Fi, REVO PGM-Fi, Dll.
Tidak semua bengkel dapat memperbaiki kerusakan motor-motor injeksi, mekanik harus menganalisis secara detail kerusakan sistem baru melakukan perbaikan, karena semua sistem sudah terangkai menjadi satu kesatuan. Sebagai contoh, lampu "Check Engine" menyala bersamaan dengan lampu indikator "Temperatur", mekanik harus lebih teliti dalam memeriksa masalah itu kenapa kedua lampu indikator menyala? Salah satu skenario kerusakan yang pernah saya alami sebagai berikut : awal mula air radiator mendidih tumpah waktu saya mengendarai motor vixion, dikarenakan temperatur naik dan menyebabkan signal sensor temperatur tidak bekerja yang berakibat menyalurkan signal yang tidak sesuai spesifikasi ke ECU, lalu ECU mengirimkan sinyal kerusakan ke lampu indikator "Check Engine". Yang menyebabkan temperatur naik ternyata kipas radiator tidak berputar dan sistem pendinginan tidak berkerja secara normal, waktu saya check motor Fan ternyata tidak ada masalah dengan motor fan radiatornya, saya check relay fan dibawah jok ternyata masih berfungsi dengan baik, lalu saya bawa motor ke BERES, ketika dicheck diBERES yamaha didaerah SOLO dan dipinjemin sama ECU punyanya motor vixion lain yang servis didealer ternyala kipas radiator mau menyala, indikator temperatur sama check engine pun mati. Jadi inti permasalahan dari kasus diatas adalah ECU. Dan jika ECU error tidak bisa terdetect oleh Scanner, yang terdetect malah sensor ECT karena temperatur terlalu tunggi yang disebabkan ECU tidak mengirimkan sinyal ke kipas radiator, sehingga kipas radiator tidak berputar
Kasus kedua, ketika saya tune up motor, setelah selesai tune up motor dan ketika motor saya hidupkan mesinnya, lampu indikator "Check Engine" hidup, dan mesin pun tidak hidup. Jika dipikir2 kan konyol habis ditune up kok mesin gak bisa hidup, lalu saya scan, ternyata muncul dilayar scan Coil, saya check ternyata kabel ke coil terlepas, sehingga api tidak muncul, setelah saya pasang kabel coil dan saya reset. motor hidup normal kembali
Dari kasus diatas, kita bisa mengambil kesimpulan jadi tiap ada kerusakan disistem injeksi kita harus lebih teliti dalam mendiagnosa kerusakan mesin, untuk memahami sistem dibutuhkan waktu untuk belajar dan mengenal sistem injeksi, dan mendiagnosa menggunakan alat scan, untuk meringankan kita mencari kerusakan pada sistem.
Berikut saya akan mengenalkan scanner Motor Universal lebih mendetail kepada para pembaca :
Scanner universal adalah scan yang dapat mendeteksi kerusakan pada sistem injeksi motor seperti : YAMAHA, SUZUKI, PGO, HTF, Kymco, HONDA (Sekedar kedipan lampu), Sym dengan visualisasi monitor alias LAPTOP
Alat tersebut berfungsi sebagai berikut :
1. Mendeteksi kerusakan sistem injeksi mesin
2. Menghapus kerusakan sistem injeksi mesin
3. Stel CO
4. Melihat data parameter setiap sensor
5. Idle Speed Setting
6. Test Actuator
Masih penasaran bagai mana penampakannya : monggo dilihat-lihat dulu boss biar gak penasaran lagi,,,,
Tidak semua bengkel dapat memperbaiki kerusakan motor-motor injeksi, mekanik harus menganalisis secara detail kerusakan sistem baru melakukan perbaikan, karena semua sistem sudah terangkai menjadi satu kesatuan. Sebagai contoh, lampu "Check Engine" menyala bersamaan dengan lampu indikator "Temperatur", mekanik harus lebih teliti dalam memeriksa masalah itu kenapa kedua lampu indikator menyala? Salah satu skenario kerusakan yang pernah saya alami sebagai berikut : awal mula air radiator mendidih tumpah waktu saya mengendarai motor vixion, dikarenakan temperatur naik dan menyebabkan signal sensor temperatur tidak bekerja yang berakibat menyalurkan signal yang tidak sesuai spesifikasi ke ECU, lalu ECU mengirimkan sinyal kerusakan ke lampu indikator "Check Engine". Yang menyebabkan temperatur naik ternyata kipas radiator tidak berputar dan sistem pendinginan tidak berkerja secara normal, waktu saya check motor Fan ternyata tidak ada masalah dengan motor fan radiatornya, saya check relay fan dibawah jok ternyata masih berfungsi dengan baik, lalu saya bawa motor ke BERES, ketika dicheck diBERES yamaha didaerah SOLO dan dipinjemin sama ECU punyanya motor vixion lain yang servis didealer ternyala kipas radiator mau menyala, indikator temperatur sama check engine pun mati. Jadi inti permasalahan dari kasus diatas adalah ECU. Dan jika ECU error tidak bisa terdetect oleh Scanner, yang terdetect malah sensor ECT karena temperatur terlalu tunggi yang disebabkan ECU tidak mengirimkan sinyal ke kipas radiator, sehingga kipas radiator tidak berputar
Kasus kedua, ketika saya tune up motor, setelah selesai tune up motor dan ketika motor saya hidupkan mesinnya, lampu indikator "Check Engine" hidup, dan mesin pun tidak hidup. Jika dipikir2 kan konyol habis ditune up kok mesin gak bisa hidup, lalu saya scan, ternyata muncul dilayar scan Coil, saya check ternyata kabel ke coil terlepas, sehingga api tidak muncul, setelah saya pasang kabel coil dan saya reset. motor hidup normal kembali
Dari kasus diatas, kita bisa mengambil kesimpulan jadi tiap ada kerusakan disistem injeksi kita harus lebih teliti dalam mendiagnosa kerusakan mesin, untuk memahami sistem dibutuhkan waktu untuk belajar dan mengenal sistem injeksi, dan mendiagnosa menggunakan alat scan, untuk meringankan kita mencari kerusakan pada sistem.
Berikut saya akan mengenalkan scanner Motor Universal lebih mendetail kepada para pembaca :
Scanner universal adalah scan yang dapat mendeteksi kerusakan pada sistem injeksi motor seperti : YAMAHA, SUZUKI, PGO, HTF, Kymco, HONDA (Sekedar kedipan lampu), Sym dengan visualisasi monitor alias LAPTOP
Alat tersebut berfungsi sebagai berikut :
1. Mendeteksi kerusakan sistem injeksi mesin
2. Menghapus kerusakan sistem injeksi mesin
3. Stel CO
4. Melihat data parameter setiap sensor
5. Idle Speed Setting
6. Test Actuator
Masih penasaran bagai mana penampakannya : monggo dilihat-lihat dulu boss biar gak penasaran lagi,,,,
Komponen scanner universal motor
Test Actuator
Data Stream
Stel CO
Stel CO
Reset ECU
Scan Selesai
Berikut video cara penggunaan scanner motor universal :
TIDAK SUPPORT UNTUK MOTOR HONDA, TIDAK SUPPORT MOTOR YAMAHA BLUECORE, MOTOR SUZUKI MASIH MENGGUNAKAN SISTEM SCAN MANUAL ALIAS MASIH DIJUMPER
Harga Scanner Motor Universal : 1.300.000 (Sudah termasuk ongkos kirim ke seluruh indonesia)
Mau tanya-tanya dulu boleh
SMS/WA : 0857-2881-8122/0823-2629-4855
BBM : 5FC72426
Fanpage : Dokter Otomotif
Semoga bermanfaat gan....!!!! Pelayanan terbaik 24 jam...!!! Kepercayaan lebih berharga daripada keuntungan semata... :)
17 comments:
untuk motor yang lain gmana caranya gan?
Itu scannernya masih ada softwarenya untuk leptop berarrti mas brow??
apa saja kelengkapan yg dapat dalam satu paket scaner universal tersebut. trimakasih
untuk honda, scanner ini belom support, sama yamaha bluecore juga ndak bisa mas
kalo yang untuk semua merk ada gak gan, dan berapa harganya:
Kawasaki bisa?
Hans Ototronic : ya ada untuk kawasaki juga mas .
Kalo minat hubungi saya .
Pin:25ACE050
Call:+6285795240021
Harga 1 set tinggal pakai berapa,
Spesifikasi laptop ya gimana??
Scannernya udah multi blom gan
Scanner Honda HIDS, minat harga 3Jt
www.emge-tools.com
Di coloknya kemana bos buat di motornya
bisa untuk semua motor gk gan thanks
Itu scanner nya dah siap pake ya mas..
Gan bisa buatin tutorial menyambungkan kabel"nya sampe cara seting CO.?
Siang Bos... mohon di bantu untuk kebutuhan pendukung peralatan praktek pendidikan otomotif.Mohon di bantu untuk borsur dAN HARGA SEPERTI SCANNER MOBIL DAM MOTOR SERTA ALAT UKUR LAINNYA,, kami bergerak dalam bidang penjualan alat praktek otomotif.
ALAT PERAGA PENDIDIKAN SMK
Kejuruan Teknik Kendaraan Ringan, Sepeda Motor, Mekatronika, LED TV Trainer, Otomasi Industri dan Elektronika Industri,
WA : 081288670484, 081295755642.
Email : maidi_syahrial@ymail.com.
Terimakasih
Siang Bos... mohon di bantu untuk kebutuhan pendukung peralatan praktek pendidikan otomotif.Mohon di bantu untuk borsur dAN HARGA SEPERTI SCANNER MOBIL DAM MOTOR SERTA ALAT UKUR LAINNYA,, kami bergerak dalam bidang penjualan alat praktek otomotif.
ALAT PERAGA PENDIDIKAN SMK
Kejuruan Teknik Kendaraan Ringan, Sepeda Motor, Mekatronika, LED TV Trainer, Otomasi Industri dan Elektronika Industri,
WA : 081288670484, 081295755642.
Email : maidi_syahrial@ymail.com.
Terimakasih
Mas saya beli alat itu di kota temapat saya tinggal nah masalahnya software nya gak kebuka,bisa beli software nya aja gak??terimakasih
Post a Comment
Silahkan Tinggalkan Pesan