Wednesday, 28 August 2013

Cara Mengatasi Sekering Mobil Sering Terbakar atau Meleleh

Sekering pada sirkuit kelistrikan mobil pasti sangat diperlukan, untuk mencegah terjadinya kebakaran pada kabel body mobil yang dikarenakan oleh hubungan arus pendek atau korsleting. Kadang kita menemukan sekering mobil meleleh, entah pada bagian sekering itu sendiri atau dari rumah sekering (Fuse Box).

Penyebab Sekering Mobil Meleleh/Terbakar

Sekering mobil yang meleleh/terbakar disebabkan karena panas yang ditimbulkan disekitar sekering, dan panas itu sendiri disebabkan karena ukuran ampere pada sekering lebih kecil dari arus listrik yang mengalir melewati sekering tersebut. Sebagai contoh perumpamaan, ketika kita menjumper accu untuk menstarter mobil dengan menggunakan kabel yang berukuran kecil. Apa yang akan terjadi? Ketika accu yang dijumper sudah terhubung dengan kabel kecil tadi, kemungkinan kabel akan panas membara

Sekering mobil yang sering meleleh juga bisa disebabkan karena faktor rumah sekering atau soket sekering yang longgar atau kontak sekering terdapat kotoran atau karat yang menyebabkan panas. Maka tidak perlu heran ketika sekering yang meleleh diganti kemudian sekering yang sudah diganti tersebut tidak lama kemudian juga itkut meleleh. Sekering mobil sering meleleh jarang kita temui pada mobil baru, biasanya mobil lama yang menambah kabel untuk aksesories atau keperluan lain dalam mobil, tanpa menggunakan sekering terpisah tetapi menggunakan sekering yang sudah ada, yang berakibat kelebihan beban pada sekering tersebut.

Cara Mengatasi sekering mobil yang meleleh

Sekering mobil meleleh biasanya disertai dengan rumah sekering yang ikut meleleh, untuk mengatasinya setidaknya harus memperbaiki soket sekering dulu. Jika memang tidak bisa diperbaiki, ganti rumah sekering (Fuse box) tersebut. Selanjutnya untuk mengatasi agar sekering tidak meleleh lagi adalah mengganti sekering dengan kemampuan arus yang lebih besar dari beban  yang akan melewati sekering tersebut.

Cari tahu secara  pasti beban arus listrik yang melewati sekering tersebut, jika sudah diketahui dengan pasti berapa ampere listrik yang akan melewati sekering, kita bisa menggunakan sekering dengan ukuran 5 ampere lebih tinggi dari arus yang lewat sekering.

Contoh : Headlamp/Lampu Kepala mobil dengan daya 130 W dibagi 12V pada accu mobil dan hasilnya
adalah 10.8 Ampere, dan cukup aman jika menggunakan sekering ukuran15 A atau 20 Ampere.

Sumber Artikel : http://otomotrip.com/penyebab-dan-tips-mengatasi-sekring-mobil-sering-meleleh.html


1 comments:

david aprianto said...

sekring acce di dekat aki mobil saya suka meleleh...sekarang saya langsung kan kabel nya tampa sekring lagi...apa ada akibat nya nanti bos..mohon petunjuk nya

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Pesan

 
Design by http://4-jie.blogspot.com/ | Bloggerized by Fajri Alhadi