Friday, 23 August 2013

OBDMATE (Code Reader)




OBDMATE (Code Reader)
Alat simpel untuk mendiagnosa mesin mobil injeksi atau yang sering kita kenal dengan EFI (Electric Fuel Injection), Alat ini berfungsi untuk membaca dan menghapus kode kerusakan (DTC) yang tersimpan di memori komputer (ECU/ECM/PCM).

Socket OBDII
Cara pengoperasiannya yang sangat mudah menjadi keistimewaan alat ini, dapat memeriksa berbagai merk mobil jepang yang sudah tersebar diindonesia seperti (Toyota, Honda, Suzuki, Mazda, Nissan, Daihatsu, dll) yang Socket DLC nya sudah OBDII (Biasanya mobil keluaran tahun 2000 keatas). Bukan hanya itu saja, harga murah juga menjadi daya tarik para mekanik/bengkel umum. Secara mobil sekarang kan dah pada injeksi, mobil yang konvensional alias karburasi udah nggak diproduksi lagi. Alat ini juga bisa menaikan Imej bengkel karena dengan alat ini mekanik bisa mendiagnosa komputer (ECU/ECM/PCM) dengan cara pemeriksaan yang sangat sederhana. Alat ini terlihat canggih dan sederhana dimata pengguna alat tersebut dan orang yang memiliki mobil yang anda sedang service.

 Sudah Penasaran ya mau liat cara pengoperasian nih alat,,, tenang sodara-sodara, saya akan menjelaskan secara detail nih alat sampai yang baca artikel ini pada paham....






Berikut cara penggunaannya :
1. Pasangkan Socket Code Reader ke socket DLC (Diagnostic Link Connector)
2. Putar kunci kontak ke arah ON, keadaan mesin mati. Nanti alat tersebut akan hidup dengan sendirinya karena alat mendapat suplai arus listrik dari kabel yang terdapat di DLC, nanti layar pada OBDMATE seperti gambar disamping.
3. Arahkan kusor di ke main menu denagan tombol arah naik lalu tekan tombol "ENTER" untuk masuk ke "Menu Utama"

4. Jika anda sudah masuk menu utama, layar pada OBDMATE akan menunjukkan merk-merk mobil jepang yang sudah kita kenal, sesuaikan mobil yang akan kita deteksi ke OBDMATE dengan cara menekan tombol arah keatas dan kebawah, lalu tekan "ENTER"

 4. Sesudah anda memilih mobil yang anda ingin diagnosa, layar OBDMATE akan muncul tampilan seperti gambar disamping, disini anda akan disuruh memilih menu "Membaca kode kerusakan (DTC) atau Menghapus kode kerusakan (DTC)" . Jika anda ingin mengecek kerusakan arahkan kusor ke tulisan "Read Codes", 


5. Jika mobil yang anda deteksi terdapat kerusakan, maka layar pada OBDMATE akan muncul gambar seperti disamping. Bila kerusakan berupa kesalahan tegangan, kode tersebut dapat dihapus dengan alat ini, jika kerusakan mobil ternyata disebabkan sensor yang rusak, kabel sensor putus, atau soket yang lupa tidak dipasang ke sensor maka kode tetap akan muncul dilayar alat OBDMATE. Walaupun anda hapus hapus berulang kali, kode kerusakan (DTC) akan tetap muncul

6. Jika kode kerusakan sudah dihapus dan keadaan mobil dah sehat wal'afiat maka layar pada OBDMATE akan muncul seperti gambar disamping. Setelah memakai alat ini, tinggal cabut socket yang terpasang di DLC. Sangat sederhana sekali kan, deteksi mesin kaya mainan game !!!!


Pasti anda-anda pembaca artikel bertanya-tanya sebenernya berapa sih harga ini alat,,, saya dah bisa nebak gan!! hehehehe
Harganya murah kok cuma Rp. 1.100.000 (Belum termasuk ongkos kirim), jika agan-agan minat langsung pesen aja ama saya.

SMS/Call/WA : 0857-2881-8122/0823-2629-4855
BBM               : 5FC72426
Fanpage          : Dokter Otomotif











3 comments:

ali said...

Harganya berapa gan?

Agung Wibowo said...

Harga 1.250.000 boss, nanti dapat bonus CD software Autodata 3.38

Hanzonero said...

Alat ini bisa untuk scan ABS dan SRS Toyota sekalian nggak Bos ?

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Pesan

 
Design by http://4-jie.blogspot.com/ | Bloggerized by Fajri Alhadi