Wednesday, 27 November 2013

Bunyi tek-tek pada mesin vixion



Saya mau cerita tentang kasus yang pernah saya alami ketika menggunakan motor vixion produksi tahun 2010. Kasusnya adalah saat mesin dingin dan mesin saya nyalain terdengar bunyi "thek-thek" didaerah mesin dan lampu indikator "Check Engine" menyala. Ketika bunyi itu terdengar saya agak khawatir dan tidak berani menggunakan motor untuk perjalanan jauh. takutnya ada apa-apa dijalan, jarang-jarang juga bengkel umum yang bisa memperbaiki motor yang sudah injeksi. Untuk mengatasi masalah itu saya bawa thu motor ke bengkel resmi yamaha didaerah solo. Kata mekanik dibengkel itu katanya masalah tersebut ditimbulkan dari injektor, dengan jawaban tersebut saya agak ragu, soalnya saya tau persis suara itu didalam mesin bukan suara injektor, saya disarankan mekanik untuk cleaning injektor, ya saya turutin soalnya udah 2 tahun gak saya bersihin thu injektor. Pulang dari bengkel suara "thek-thek" hilang sesaat doang, pagi harinya suara itu muncul lagi.







Bikin frustasi dan bikin risih aja dah, saya coba bersihin setelan rantai kamprat dengan cairan penetran WD-40 setelah saya bersihin dan coba mainin pegas setelan kamprat terus saya pasang lagi setelan kamprat ke blok mesin motor. Suara hilang saat saya nyalakan mesin saat keadaan panas maupun dingin

NB : Masak Mekanik Yamaha ngatasin kaya gini gak bisa, saya ngeluh begini soalnya udah sering banget dikecewain dengan pelayanannya....

Semoga bermanfaat

9 comments:

Mujib Stefino said...

makasih gan pencerahannya..

motor saya jga kluaran thn 2010 dan skrng terdapat bunyi thek thek thek gtu..

dan saya jga sudah stell klep

pertama emang suara kasarnya udah mendingan hilng..

tpi selang beberapa hari muncul lagi...

Agung Wibowo said...

coba ganti setelan rantai kampratnya mas... punya saya dah sembuh sehabis ganti setelan rantai kamprat

dadang rismanto said...

Cara nyetel nya g mna mas?

Unknown said...

cara bersihinnya gimana mas

agus delpieron said...

nice info gan....

Freddy Siburian said...

Punya saya vixion advance,suara nya berisik.
itu apa penyebabnya mas bro????

arsis mt said...

aku ssekarng sedang mengalminy gimana mas bro .....katanya ring sehernya klo kletakkleetok....betulkah.....sesunggunhnya aapaa sih.....kok akang servisnya bilang ngga apa......tiap pagi dipanaskan kletakkletok lalu seteelah 5 menit hilang....mohon pencerhannya aakang

said...

Ganti dmna gam? D deler kah?

Ari Anto said...

Punyaku ya sama, baru servis dah ganti seker, blocknya juga diganti, gak tau apa lagi yg di ganti sama bengkelnya, dah habis banyak 1.250 keluar dari bengkel enak gak bersuara kletek2, eh tak pakai seharian perjalanan agak jauh dikit sekarang bunyi lagi kayak mesin jahit sampai malu dengernya, itu yg rusak apanya ya mohon penerahannya, suara kletek2 timbul lagi mksh, vixion emang payah hadeh

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Pesan

 
Design by http://4-jie.blogspot.com/ | Bloggerized by Fajri Alhadi