Motor Starter pada mobil sangatlah penting , jika motor starter mengalami kerusakan mesin mobil tidak akan hidup. Karena pengenkol pertama mesin adalah motor starter, jika motor starter tidak mendapatkan arus listrik yang cukup mesin juga sulit untuk dihidupkan. Berikut saya akan menjelaskan tahapan pemeriksaan motor starter mobil anda jika mengalami kerusakan:
- Cara memeriksa motor starter 1
- Cara memeriksa motor starter 2
- Gejela-gejala kerusakan motor starter
1. Cara Memeriksa Motor Starter 1
Hal pertama yang harus anda lakukan adalah memeriksa tegangan baterai (accu) mobil terisi penuh atau tegangan baterai lebih dari 12 Volt, ini penting jika baterai kurang tegangan atau accu sudah rusak dan mobil anda sulit dihidupkan atau ketika anda menstarter motor starter terdengar bunyi (cethek-cethek) doank dan pada saat itu anda akan berpikir yang bermasalah adalah motor starternya.Jika baterai sudah oke lanjutkan ke langkah berikut ini:
- Sediakan multimeter dan posisikan pada mode DC volt
- Tempelkan Lead multimeter warna hitam pada ground/massa (body mesin (besi) yang bersih dari karat dan kotoran) atau langsung tempelkan pada terminal negatif baterai
- Hubungkan terminal 50 (S) disolenoid motor starter dengan Lead multimeter yang berwarna merah, terus tempelkan Lead merah ini saat pengetesan berlangsung.jika nda masih bingung dimana letak terminal (S) pada motor starter, ada 2 kabel yang menempel dimotor starter yang satu berdiameter besar, kabel ini berhubungan langsung dengan positif baterai dan sering disebut terminal 30 (+).Dan kabel yang satunya kabel berdiameter kecil, ini adalah kabel terminal 50 (S) solenoid motor starter. Kabel ini yang membawa sinyal/arus start dari kunci kontak.
- Lalu cari rekan 1 orang untuk membantu anda memutar kunci kontak ke posisi start, lalu anda melakukan pengukuran berapa sinyal/arus yang masuk saat mesin distarter
- a. Jika kunci kontak bekerja dengan baik, multimeter anda akan terdaftar 10-12 Volt
anda tidak akan mendeteksi adanya tegangan atau 0 Volt
2 . Cara Memeriksa Motor Starter 2
Berikut tahapan pada cara memeriksa motor starter 2 :
- Tempelkan Lead multimeter warna merah pada terminal 30 pada motor starter
- sedangkan Lead multimeter yang berwarna merah dihubungkan pada pusat terminal baterai, jangan pada kabel positif baterai
- Bila sudah minta seseorang untuk memutar kunci kontak ke posisi "start", dan tugas anda memperhatikan layar multimeter. Sekarang, usahakan mesin jangan sampai hidup tapi penting halnya memutar kunci kontak ke posisi "start" yang bertujuan menguji tegangan yang turun saat motor starter bekerja
- Multimeter akan menunjukan salah satu hasil dari dua hasil berikut :
starter bekerja
b. Multimeter menunjukkan biasanya 5 volt atau lebih, dengan hasil itu anda tahu bahwa tegangan
dalam rangkaian Drop, berarti kabel motor starter bebas korosi
jika rangkaian kelistrikan motor starter bekerja dengan baik tinggal kita tes motor starter mobil anda rusak atau tidak. pertama-tama lepas motor starter dari mesin mobil, jika sudah tes dinamo starter secara langsung caranya begini broooo :
a. Siapkan accu yang baik ,kabel jumper 1 set, sambungkan kabel tersebut dari accu ke dinamo
starter
b. Kabel merah tempelkan ke terminal 30 starter, kabel hitam tempelkan ke body dinamo (bagian
besi)
c. dan sediakan kabel diameter 10 mm sambungkan dari terminal positif baterai ke terminal 50 dinamo
starter
d. Jika gigi bending starter bergerak maju dan berputar kencang dinamo starter dalam keadaan baik,
tapi jika berputar kencang sedangkan gigi bendik tidak mau bergerak maju ada yang rusak dibagian
dalam komponen dinamo starter.
starter
b. Kabel merah tempelkan ke terminal 30 starter, kabel hitam tempelkan ke body dinamo (bagian
besi)
c. dan sediakan kabel diameter 10 mm sambungkan dari terminal positif baterai ke terminal 50 dinamo
starter
d. Jika gigi bending starter bergerak maju dan berputar kencang dinamo starter dalam keadaan baik,
tapi jika berputar kencang sedangkan gigi bendik tidak mau bergerak maju ada yang rusak dibagian
dalam komponen dinamo starter.
6 comments:
makasih semuanya....
GIMANA MENGIDENTIFIKASI KONDISI MOTOR STATER MASIH BAGUS/LEMAH /RUSAK. ???
DALAM KONDISI MASIH TERPASANG PADA KENDARAAN YA GAN!!!
SEBAB KONDIDI TERLEPAS KAN GAK ADA KOMPONEN LAIN YANG JADI BEBAN.
BILA TERPASANG PADA KENDARAAN KAN ADA KOMPONEN MESIN YANG MENJADI BEBAN NYA ...\( ^ o * )/
gak terlalu rumit juga ya
Jika berkenan izinkanlah saya mengambil beberapa artikel anda sebagai referensi untuk melengkapi website saya www..trampil-mandiri.com
Terima kasih
Sangat bermanfaat, Mas Agung Wibowo.
Mohon ijin share dan mengaplikasikan untuk pelanggan kami, ya?
Salam istimewa dari Jogja.
http://aki-ais-battery-indonesia.blogspot.com/2014/12/aki-handal-awet-tidak-harus-mahal-di.html
Terima kasih infonya...
Mobil butut saya lagi berulah saat ini. Ketika distarter, hanya terdengar suara trek...trek..trek terus menerus....
Post a Comment
Silahkan Tinggalkan Pesan