1. SISTEM ABS (Anti-lock Brake System)
Sistem ABS adalah Sistem yang terdapat pada rem, sistem ini berfungsi mencegah terjadinya penguncian piston pada rem saat kita ngerem dadakan dan pada jalan yang licin. klo dimobil lama kan masih manual sistem rem cuma ada sistem rem mekanik (yang pake kabel) dan sistem rem hidrolik (yang pake minyak), sistem rem ABS sendiri juga mengacu pada sistem rem hidrolik tapi ditambahkan dengan rangkaian sistem elektronik. jadi sistem ABS terdapat ECU juga untuk mengatur sistem pengereman pada mobil.
2. SISTEM EPS (Electronic Power Steering)
Sistem EPS adalah Sistem Kemudi yang dikontrol dengan dinamo electronik. Pada mobil model lama sistem kemudi masih masih manual yang dikontrol dengan bearing yang efeknya ketika kita memutar stir itu berat, dan kebanyakan mobil yang ada disekitar kita masih memakai sistem power steering hidrolik (minyak). Keuntungan memakai sistem EPS dibanding memakai sistem power steering hidrolik adalah gerakan stir lebih responsif, perawatan juga lebih mudah dan simpel. sistem EPS dikontrol dengan ECU dan cara kerja EPS tersebut sebagai berikut :
- Pada saat pengendara memutar stir,sebuah sensor torsi kemudi mendapat sinyal posisi dan kecepatan rotasi dari roda kemudi
- Sinyal dari sensor torsi kemudi tersebut dikirim ke EPS ECU (Electronic Control Unit), bersamaan sinyal lainnya dari ECM (Electronic Control Module)Seperti kecepatan kendaraan dan kecepatan mesin
- EPS ECU memerintah motor listrik untuk memberikan kemampuan daya putar tambahan pada steering rack dalam jumlah tertentu yang diperlukan
- Daya putar tambahan tersebut disalurkan ke roda-roda sehingga stir menjadi lebih responsif
3. TRANSAXLE AUTOMATIC (Transmisi Otomatis/matic)
Transmisi otomatis (matic) adalah transmisi yang melakukan perpindahan gigi percepatan secara otomatis. Untuk mengubah tingkat kecepatan pada sistem transmisi otomatis ini digunakan mekanisme gesek dan tekanan minyak transmisi otomatis. Pada transmisi otomatis, roda gigi planetari berfungsi untuk mengubah tingkat kecepatan dan torsi seperti halnya pada roda gigi transmisi manual. Keuntungan memakai transmisi matic daripada transmisi manual yaitu lebih efisian secara penggunaan dan lebih simpel dalam perawatan karena tidak menggunakan sistem kopling seperti yang digunakan oleh transmisi manual
4. SRS AIRBAG (Supplemental Restraint System Airbag)
Sistem SRS Airbag adalah sistem keselamatan untuk melindungi kepala dan bahu saat terjadi tabrakan dengan cara mengembangkan kantong udara yang terletak dipusat stir dan dashboard penumpang.Fungsi Airbag adalah sebagai berikut :
- Meredam energi kinetik penumpang/pengemudi
- Melindungi penumpang dan pengendara dari benturan dengan interior trim
- Melindungi penumpang dari pecahan kaca
- Mengurangi tertekuknya leher
Jika hanya menggunakan Seat belt (sabuk pengaman) : Tingkat berkurangnya adalah 45%
Jika menggunakan Airbag : Tingkat berkurangnya adalah 14%
Jika menggunakan Seat belt dan Airbag : Tingkat berkurangnya adalah 50%
5. ACTIVE PARK ASSIST
Sistem Active Park Assist yang terdapat pada mobil Ford Focus adalah sistem yang membantu pengemudi untuk memarkirkan mobil secara otomatis, jadi pengendara tidak perlu takut mobilnya akan lecet. Cara munggunakan sistem ini cukup mudah tinggal menekan tombol pada panel instrumen yang mengaktifkan sensor ultrasonik untuk memindai jarak yang cukup besar diantara mobil yang diparkir. Sistem ini dapat bekerja pada ruang sekurangnya 20% dari lebih dari panjang mobil secara keseluruhan. Saat parkir, pengemudi tak perlu lagi mengontrol stir. Roda kemudi akan bergerak otomatis berdasarkan komputer. Pengemudi hanya perlu mengontrol perseneling gigi, gas, dan rem dengan mengikuti petunjuk pada layar dan sinyal audio
6. ACTIVE CITY STOP (Berhenti secara otomatis)
Sistem ini terdapat juga di Ford focus berfungsi membantu mengurangi resiko tabrakan pada kecepatan rendah (30km/jam). Sistem ini menggunakan sensor Light Detection And Rangigng yang terpasang bagian kaca depan. Sistem ini dapat memantau kendaraan atau halangandidepan mobil hingga jarak kurang lebih 7,6 meter
1 comments:
Mobil saya honda city Idsi m/t 2005,ada problem di bagian setir berat sperti bawa mobil yg blm power stering & lampu indikator EPS nyala trus,kata bengkel’y sh modul EPS’y bermasalah,stelah itu sy mengganti modul EPS’y dgn modul Eps copotan ex singapur tp tetap saja msh berat & lmpu indikator msh mnyala.apakah harus di scanner dlu stelah pmasangan atau ada kendala lain??mohon pncerahan’y
Post a Comment
Silahkan Tinggalkan Pesan