Wednesday, 4 December 2013

Sistem Immobilizer Keys dan cara kerjanya

Pada jaman sekarang mobil-mobil terbaru sudah dilengkapi fitur-fitur canggih untuk kenyamanan dan keselamatan pengguna mobil. Salah satunya adalah sistem Immobilizer yang sudah banyak diterapkan ke mobil-mobil sedan kebanyakan dan beberapa mobil SUV & MPV.


Immobilizer Keys adalah sistem managemen mesin didalam ECU yang mengenali sinyal yang dikirimkan dari kunci kontak. Hal ini dapat penempatan sebuah microchip dikepala kuncinya, dimana chip tersebut adalah transmitter yang sekaligus receiver mini atau penerima dan pengirim sinyal.



Apabila sinyal atau ID kunci tidak dikenali atau kode kunci tidak sama, maka ECU tidak dapat mengirimkan arus listrik, sehingga mesin tidak dapat dihidupkan. pasti anda timbul pertanyaan seperti ini, "Apakah mobil yang sudah menerapkpan Immobilizer dapat dicuri? Jawabannya adalah "Tidak dapat". Kecuali satu kunci asli anda ikut hilang bersama mobil anda, walaupun pencuri tersebut dapat membuka pintu mobil menggunakan kunci duplikat, tapi si pencuri tidak dapat menghidupkan mesin mobil tersebut.





Cara mudah untuk mengetahui mobil sudah menerapkan sistem immobilizer atau belum adalah melihat lampu indikator pada dashboard mobil. Apabila setelah menekan tombol unlock dari remote kunci kontak dan anda buka pintu pengemudi, lampu security masih berkedip, dan akan hilang ketika anda memutar kunci ke posisi ON, itu tandanya mobil anda sudah ber-Immobilizer

Bagaimana saya dapat mengetahui mobil saya ber-immobilizer atau tidak? Salah satu cara yang paling mudah untuk mengetahuinya adalah dengan melihat lampu security yang terdapat pada dashboard mobil. Apabila setelah menekan tombol unlock dari remote kunci dan anda buka pintu pengemudi,lampu security masih berkedip, dan akan hilang ketika anda memutar kunci ke posisi on, itu tandanya mobil Anda ber-Immobilizer.

2 comments:

asdar thobone said...

permisi mas mau tanya nihh bagaimana cara mematikan sistem immobilzer,,bisa atau tidak

Eko Wahono said...

Mau tanya nih gan, apakah grand livina 2008 udah immobilizer ? Ane punya GL 2008, remot alarm udah ane ganti, pernah ane coba kunci pakai remot lalu ane buka manual pakai kunci tapi alarm ngga bunyi, tapi setelah kunci masuk dan di posisi start alarm baru bunyi.. Kenapa bisa begitu ya gan ?

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Pesan

 
Design by http://4-jie.blogspot.com/ | Bloggerized by Fajri Alhadi