Monday, 10 February 2014

Mesin Gak Mau Hidup Waktu Dingin/Saat Pagi Hari


Bagi pengguna mobil, pernahkah anda mengalami hal tersebut? pasti menjengkelkan kalo hal tersebut tak segera teratasi,,, berikut saya jelaskan beberapa penyebab mesin mobil sulit hidup saat mesin dingin atau saat pagi hari :

1. Tegangan Arus Listrik di Aki Kurang, (Aki Lemah)
    Jika memang penyebabnya dari accu, Mesin masih bisa hidup dengan cara didorong. 
2. Distarter, tidak ada efek bunyi dari dinamo starter
    Coba cek pull Aki, Mungkin pull Aki kendor atau berkerak yang disebabkan dari reaksi kimia air Aki
3. Injektor bermasalah
    Jika anda belum pernah mengecek kondisi injektor pada mobil yang sudah digunakan bertahun-tahun, ada 
    kemungkinan injektor tersumbat kotoran yang dibawa bensin, atau injektor sudah tidak bisa mengabutkan 
    bensin. klo emang sudah gak bisa ngabutin bensin, gantilah dengan yang baru...
4. Celah busi terlalu rapat/Busi basah
    Jika distarter cuma muter doang gak mau hidup, coba check pengapiannya, yang paling mudah lepas busi 
    dan lihat kondisi busi jika keadaannya sudah jelek ganti dengan yang baru sesuaui dengan kode spek 
    bawaan pabrik
5. Kerusakan di dinamo starter
    Jika kondisi mesin dan accu oke, kemungkinan ada kerusakan didinamo starternya, biasanya sih 
    brostelnya habis, terus bosh angkernya rusak. tapi kalo sudah parah dinamo kebakar, dan harus dispool 
    lagi lilitan tembaganya
6. Kerusakan dipompa bensin
    klo tekanan bensin lemah maka sulit akan menghidupkan mesin, karena tekanan bensin dari pompa bensin 
    akan membantu efektifnya kerja injektor. Ganti Pompa bensin kalo sudah lemah,,,
7. Sensor ECT
    Jika mobil anda sudah injeksi check kondisi sensor ECT, sebab sensor ini bertugas mengirim data suhu 
    mesin ke ECU. Jika sensor ini rusak, maka data suhu yang dikirim ke ECU tidak Valid dan akan 
    mengganggu sistem kerja injeksi. sebagai contoh jika kondisi mesin dingin, tapi sensor mendeteksinya 
    panas, maka ECU akan mengirim bahan bakar ke injektor terlalu banyak dan pembakaran sulit tercapai,,,

Semoga bermanfaat

4 comments:

sapto wicaksono said...

kunjungi juga http://tutorialbelajarotomotif.blogspot.com/

Solo Pendidkan said...

Salam Oto
yang untuk sepeda motor juga di share bang agung

Mus Kumari said...

saya punya mobil avanza
saya baru ganti saringan/filter bensin dan fuel pump baru .. tapi di saat mesin dingin statar harus 4.5 x baru hidup. saya pasang lagi filter yang lama masih sama. kira apa yu gan. karna udah 7x buka tangki tapi penyakit masih belum sembuh.. kira2 apanya yu gan

berita selebriti said...

Punya sy klo mesin dingin susah distarter. Udah cek, injector, aki baru, busi baru, dinamo ok, pompa bensin ok. Ada yg lain yg perlu dicek?

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Pesan

 
Design by http://4-jie.blogspot.com/ | Bloggerized by Fajri Alhadi