Monday 2 September 2013

Penyebab Kebakaran di Mobil

Pernahkah anda melihat kecelakaan mobil terbakar saat dikendarai??? pasti anda bertany-tanya kok bisa ya mobil bagus kayak gitu kebakar??? Terdapat 3 sebab utama yang menyebabkan terbakarnya mobil yaitu adanya seperti pemantik, berhubungan/bersentuhan dengan bahan bakar, dan adanya konsleting pada kabel dimobil. Berikut saya jelaskan penyebab-penyebab kebakaran mobil :

  • Kabel Paralel bertumpuk di Aki . 

Penyebeb terjadinya kebakaran pada mobil salah satunya adalah adanya kabel yang bertumpuk di aki. Biasanya kabel aki tidak kencang bautnya sehingga kemungkinan terjadinya konsleting akan semakin besar. Untuk pencegahan, sebaiknya kita sering memeriksa bagian baut/ pengikat kabel pada aki, apakah sudah kencang atau belum. Pastikan bahwa baut kabel pada aki dalam keadaan kencang.

  • Adanya kabel yang terkelupas

Bisa saja terjadinya percikan api pada mobil disebabkan adanya kabel yang terkelupas. Kabel yang terkelupas bisa disebabkan karena kondisi kabel yang sudah berumur alias tua atau sudah rapuh akan saling bergesekan, hingga gesekan antar kabel tersebut menyebabkan kabel menjadi sobek. Dan jika kabel yang terkelupas tersebut saling bergesakan hingga menimbulkan percikan api. Jika kita mencium aroma kabel terbakar pada saat kita mengendarai mobil, sebaiknya kita harus waspada. Bisa saja aroma terbakar tersebut berasal dari kabel yang terbakar akibat gesekan antar kabel

  • Ukuran kabel yang tidak sesuai

Menggunakan kabel yang tidak sesuai akan membawa dampak yang kurang baik untuk mobil kita. Sebaiknya kita menggunakan tipe kabel yang tepat untuk mobil kita, untuk mengurangi resiko mobil terbakar.
Penggunaan kabel yang tidak tepat mengakibatkan daya listrik yang berbeda. Perbedaan setrum akan dihasilkan oleh tipe kabel yang berbeda akan menyebabkan kabel menjadi memuai. Akibatnya, kabel akan menimbulkan percikan api yang bisa menjalar ke seluruh kabel pada mobil.

  • Bocornya selang bensin

Bocornya selang bensin pada mobil merupakan penyebab terbakarnya mobil yang paling familiar ditelinga kita. Kasus ini biasanya terjadi pada mobil yang sudah tua. Pada umumnya mobil tua mempunyai selang bensin yang berbahan serat kain. Tentu saja meterial ini sangat rapuh dan rawan terkena rembesan bensin sehingga kebakaran mobil tidak bisa dihindarkan lagi. Selain faktor-faktor diatas, masih banyak lagi penyebab mobil terbakar seperti : penggunaan karburator, pipa knalpot yang bocor, O ring injektor , dan bocornya kabel tegangan tinggi atau kabel busi.


Sumber Artikel : http://mobil.otomotifnet.com/read/2013/03/28/339593/212/28/Cermati__Ini_Dia_Penyebab_Mobil_Terbakar_


0 comments:

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Pesan

 
Design by http://4-jie.blogspot.com/ | Bloggerized by Fajri Alhadi