Monday, 30 September 2013

Teknologi Pada Motor Yamaha Vixion



Kali ini saya akan menjelaskan tentang yamaha vixion, taukah anda ada komponen elektrik apa saja yang ada pada yamaha vixion??? berikut ulasannya


1. Crank Angle Sensor

Sensor ini mempunyai pick-up coil dan pick-up rotor yang fungsinya adalah
  • Mendeteksi posisi sudut cranksaft, dan posisi TMA (Titik Mati Atas) saat mesin dinyalakan
  • Mendeteksi Putaran Mesin
  • Menghasilkan energi listrik
  • Sensor ini mengatur waktu penyemprotan bahan bakar dan waktu pengapian

Jika sensor ini sampai rusak, maka mesin motor anda tidak dapat hidup dan lampu check engine pada speedo akan menyala

2. Lean Angle Sensor


Sensor ini adalah sebuah pengaman, jika kita terpelesat dan motor terjatuh maka akan sangat bahaya jika meson motor kita masih dalam keadaan hidup. Sensor ini berfungsi mematikan mesin saat motor jatuh, dengan sistem sudut kemiringan. Jika posisi kemiringan motor kurang dari 65 derajat dari jalan maka mesin motor akan mati secara otomatis, dan lampu check engine akan berkedip

3. Injector

Injector berfungsi untuk menyemprotkan bahan bakar bertekanan tinggi langsung ke ruang bakar,sesuai dengan kebutuhan mesin

Volume bahan bakar yang disuplai oleh injector ditentukan oleh ECU yang sebelumnyatelah menerima informasi dari berbagai sensor

Gejala kerusakan injector : kondisi langsam, mesin tidak stabil dan ketika mesin hidup pun ada ketidak beresan ketika gas dibuka-tutup. Kerusakan pada komponen ini sama seperti kerusakan pada komponen lainnya.

4. MAQS (Module Air Quantity System)

MAQS terdiri dari 3 sensor :
IAPS (Intake Air Pressure Sensor) Bertugas mendeteksi tekanan udara disepanjang saluran udara masuk (intake), selain itu juga bersama sensor lain menentukan posisi TMA (Titik Mati Atas)
IATS (Intake Air Temperature Sensor) Bertugas mendeteksi suhu udara yang masuk ke ruang bakar
TPS (Throttle Position Sensor) bertugas mendeteksi posisi sudut throttle pada throttle bodi kemudian mengirimkan data ke ECU.

Gejala kerusakan salah satu sensor diatas adalah : RPM tidak stabil, mesin mati saat RPM rendah, mesin mati saat digas, tidak bisa idle


5. Fuel Pump

Pada yamaha vixion sudah memakai pompa bensin elektrik dan letaknya dicelupkan didalam tangki, jadi apabila aki tekor atau salah satu kabel pompa putus maka mesin tidak dapat dinyalakan, saran dari saya buat pengguna motor injeksi, jangan terlalu sering membiarkan motor anda kehabisan bahan bakar. Karena, fungsi bensin dalam mesin injeksi selain sebagai bahan bakar, juga berfunsi sebagai pendingin dan pelumas pompa bensin



6. FID (Fast Idle Solenoid)
Fast idle adalah aktuator yang berfungsi meningkatkan RPM mesin saat temperatur mesin masih dingin, sistem aktuator ini sama seperti fungsi choke pada sistem karburasi.

Jika FID rusak maka akan berpengaruh pada RPM idle menjadi tinggi, mesin dapat berjalan normal dan top speed masih bisa tercapai









7. Radiator dan Fan

Pada motor vixion, sudah menggunakan sistem pendingin basah. Pada umumnya motor menggunakan pendingin kering yaitu menggunakan pendingin udara yang berupa fin yang terdapat pada blok silinder. Karena sistem pendingin mesin basah, jadi kita harus lebih rutin mengganti air pendingin (Coolant). dan mengecek kipas radiator aktif atau tidak, kadang kita menyepelekan hal sekecil itu





8. O2 Sensor

New Vixion sudah dilengkapi perangkat O2 sensor yang berfungsi untuk mengurangi zat-zat beracun dalam gas buang dan mendeteksi kondisi pembakaran mesin. Sensor ini akan mendeteksi jumlah oksigen dalam gas buang dan mengkonversikannya menjadi sinyal electric yang dikirim ke ECU dan selanjutnya ECU akan meningkatkan dan menurunkan jumlah bahan bakar yang diinjeksikan sesuai dengan kondisi pembakaran


8 comments:

Rizki KURNIAWAN HADI said...

teknologi nya ya hampir sama lah dengan motor injection lainnya


http://ikyrizki.student.ipb.ac.id/

Agung Wibowo said...

iya brooo... teknologinya sama aja

Ahmad said...

salam kenal bro,,, mo tanya nih, kalo pengen masmang alat OBDII pada NVL, itu sambungnya ke soket yang mana ya?
makasih sebelumnya

Angga Frisma said...

Hi-tech engine..
Kalo d tambahin oil temperature indicator, brake temp sensor makin jos nih motor..

Unknown said...

Gan numpang nanya....ne motor saya habis terendam air total sudah dibersihkan semua komponen elektriknya sampai engine nya...tapi waktu di kontak lapu indikator injeksi sama airnya berkedip terus...gak mau di starter ...mohon bantuannya gan.

renata motor said...

kalau moror vixion th 2010,, bos,, di stater enak,, tpi di gas lang sung mati kalu gak brebet,,, di kurangi gasnya enak trues di angat gasnya lg brebet,,, apanya ya bos,,

Adi Wahyu said...

Coba bersihin pompanya om, cek pengapiannya juga, filter juga.

ars fd said...

AIPS apa bisa di perbaiki,tanpa harus menganti trote body
Motor vixion

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Pesan

 
Design by http://4-jie.blogspot.com/ | Bloggerized by Fajri Alhadi