Friday, 21 June 2013

Cara RESET manual ECU Nissan Grand Livina



Ikuti langkah-langkah berikut :

  • Langkah pertama, Pastikan pedal gas sepenuhnya lepas (atau pedal gas tidak diinjak), putar kunci kontak ke posisi ON (tidak dihidupkan) dan tunggu 3 detik
  • Langkah kedua, Ulangi prosedur langkah-langkakh berikut dengan cepat lima kali dalam waktu 5 detik.    Injak pedal gas (Keras) selama 5 detik                                                                                                  Lepas pedal gas selama 5 detik
  • Langkah ketiga, Tunggu 7 detik, injak pedal gas penuh dan tunggu sampai 10 detik sampai CEL (Check Engine Lamp) mulai berkedip
  • Langkah keempat, Lepaskan injakan pedal gas (sementara CEL masih berkedip)
  • Langkah kelima, Tunggu sekitar 10 detik
  • Langkah keenam, Injak pedal gas penuh selama lebih dari 10 detik
  • Langkah ketujuh, Lepaskan injakan pedal gas (Lampu CEL akan terus berkedip)
  • Langkah kedelapan, Putar kunci kontak ke posisi OFF dan sekarang nyalakan mesin mobil. Lampu CEL harus mati. Jika lampu CEL (Check Engine Lamp) masih ON/nyala, ulangi langkah di atas.

Reset ECU dan Calibrasi CVT honda jazz


Reset ECU dan kalibrasi CVT honda jazz GD3
berikut caranya :

  1. Lepaskan terminal (+) accu
  2. Switch ON lampu depan selama 15 menit sampai 20 menit, tujuannya agar tidak ada sisa listrik di ECU
  3. Switch OFF lampu depan
  4. Pasang kembali terminal (+) accu
  5. Nyalakan mesin kurang lebih 15 sampai 20 menit atau sampai lampu indikator cool engine mati (jangan nyalakan accesories dulu seperti AC, tape, lampu, dll)
  6. Matikan mesin kemudian nyalakan lagi
  7. Nyalalkan lampu depan (Head Lamp)
  8. Sambil menginjak rem pindahkan tuas transmisi dari posisi "P" ke "N". Kemudian dari "N" ke "D" ke "S" ke "L", lalu balik lagi ke "S" ke "D" ke "N" sebanyak 3 kali perpindahan dan setiap perpindahan selama 1 sampai 2 detik
  9. Rasakan bedanya dengan sebelum direset


Sumber artikel : http://bisabengkelsendiri.blogspot.com

Thursday, 20 June 2013

Gejala-gejala kerusakan dinamo starter


Ketika mobil anda mogok, distarter cuma suaranya ngeden doank, coba ikuti langkah-langkah berikut ini gan . Gejala-gejala mobil sulit distarter sebagai berikut :

  1. Lampu indikator baterry (accu) dan oli pada dashboar  mati. 75% kemungkinan sekering (Fuse) soket putih dekat accu kotor/kendor atau malah sudah putus. kemungkinan lain adalah pull accu kotor atau kendor, atau mungkin strum accunya kurang. 
  2. Lampu indikator accu dan oli pada dashboard nyala merah redup ketika distarter, 90 % accu rusak atau kurang strum
  3. Terdengar suara "gemretek" berulang, 75 % accu anda rusak atau kurang strum. 20 % kepala accu kotor atau kabel ground anda sudah korosi
  4. Terdengar suara mesin berputar tetapi lemah seperti "ngek... ngek.... ngek...." 75% bushing starter aus sehingga angker starter sudah tidak dapat berputar pada sumbunya, maka putarannya menjadi sanagt berat. 10% ada kemungkinan mesin anda terlalu berat untuk diputar, misalnya terjadi kerusakan pada crankshaft , sistem timing, dll
  5. Terdengar suara "cek..." satu kali saja setiap kali memutar kunci kontak, 50% switch starter atau yang disebut magnetic switch sudah tidak berfungsi dengan baik. 40% kunci kontak anda kotor atau sudah aus, untuk mobil yang menggunakan relay pada starter, 40% itu ada pada relay starter
  6. Starter kadang dimulai dengan suara berat lalu enteng dan mesin hidup. Biasanya hal ini terjadi karena kesalahan penyetelan Fur dan Na pada delco
  7. Pagi hari tidak dapat distarter, pada siang hari starter lancar. 80% accu sudah soak, tidak dapat menyimpan setrum untuk waktu yang lama
  8. Saat pagi mudah distarter, jika sudah dipakai agak lama (panas) sulit distarter. 80% switch starter/magnetic switch anda rusak
  9. Saat distarter tidak ada reaksi sama sekali, tidak ada bunyi. 50% gulungan tembaga (Spool) hangus atau terbakar/ konslet. 45% relay starter atau kunci kontak bermasalah. Kadang hanya socket ke switch starter yang lepas
  10. Saat distarter terdengar suara dinamo starter berputar mendesing kencang "Sssing....." 80% bendix starter (pinion gear) anda aus
  11. Kadang bisa distarter kadang tidak, baik dalam keadaan panas maupun dingin, pagi atau malam. 75% Carbon Brush dinamo starter sudah pendek atau habis

Sumber : http://bisabengkelsendiri.blogspot.com

 
Design by http://4-jie.blogspot.com/ | Bloggerized by Fajri Alhadi