Salam sejahtera untuk semua para pembaca artikel, kali ini saya akan bercerita dan berbagi pengalaman tentang kerusakan-kerusakan mobil Kia Pregio, berikut kasus-kasus mobil yang kemarin diperbaiki
1. RPM mesin tinggi terus tidak mau stasioner
kemarin saya mendapat kasus mesin tidak mau stasioner, biasanya langkah awal jika mendapat kasus seperti itu, mesin saya tune up dulu, biasanya sih mesin kanginan (terdapat gelembungan udara pada aliran bahan bakar), setelah filter solar yang sudah kotor saya ganti, mesin mau stasioner. Tapi beberapa hari kemudian saya mendapat komplain mesin susah hidup saat mobil lama terdiam atau posisi mesin dingin. Ketika saya analisa lagi ternyata pompa solarnya kurang beres, saya minta ganti pompa solar, ternyata nggak ada yang jual didaerah saya, kemudian saya subtitusi sama pompa solarnya L300D, tapi RPM tidak mau stasioner dan Mesin hidup agak susah waktu dingin. kemudian saya konsultasi sama bengkel Boshpump langganan bengkel saya, katanya harus overhoul boshpump. ketika sudah dioverhoul, cuma ganti packing set katanya part boshpmp masih bagus semua, lalu boshpump saya pasang lagi kan, ehh masih aja nggak mau stasioner. Saya coba analisa lagi, selang dari pompa ke boshpump saya ganti selang bening, agar terlihat aliran solar yang masuk dan keluar dari boshpump, dari itu hal itu ada sesuatu yang janggal, jadi ada bui-bui yang muncul pada selang balik yang keluar dari boshpump. Singkat cerita saya bawa mobil ke bengkel boshpump resmi "DENSO", akhirnya saya dapat penjelasan jika ada part bagian dalam boshpump yang rusak, pump kit sama needle di dalam boshpump. setelah part-part tersebut diganti masalah pun sembuh.
2. Oli power steering bocor disekitar rack steer
Setelah kasus diatas, masih ada kasus yang lumayan berat, yaitu Seal pada Rack Steer bocor. Saya kira rack steer bocor ringan. Saya ganti seal rack steer set, As steer saya croome agar permukaannya rata dan ganti taplon plastik yang pecah. Steer dapat bertahan 1 bulan dan bocor lagi. Mau beliin rack steernya harga kisaran 8jt. akhir saya akalin saya perkecil diameternya dan saya crome lagi. lalu ganti sealnya dengan diameter yg lebih besar. akhirnya kasus power steering bocor sembuh...
Semoga bermanfaat, salam otomotif
jangan lupa like FanPage Dokter otommotif ya.... klik suka pojok kanan bawah