Thursday, 5 February 2015

Cara Mengatur Mode Altitude Motor Honda Injeksi

Semoga Artikel ini berguna bagi para pembaca setia "Blog Agung", dan daripada motor dibawa ke bengkel resmi mending kita coba otak-atik sendiri.. hehehe

Pada artikel ini saya akan menjelaskan cara setting mode altitude (setting ketinggian) pada motor honda. dari Mode 1 sampai mode 4 dengan teknik jumper pada socket DLC. Berikut keterangan dan batas ketinggian tiap setelan mode.

a. Mode #1 : Untuk dataran dengan ketinggian 0-1000 Mdpl (Meter diatas permukaan laut)
b. Mode #2 : Untuk dataran dengan ketinggian 1000-2000 Mdpl (Meter diatas permukaan laut)
c. Mode #3 : Untuk dataran dengan ketinggian 2000-3000 Mdpl (Meter diatas permukaan laut)
c. Mode #4 : Untuk dataran dengan ketinggian 3000-4000 Mdpl (Meter diatas permukaan laut)

Persiapkan alat-alat yang diperlukan, yaitu : Obeng kembang dan seuntas kabel
Obeng untuk melepas baut body yang menutupi socket DLC, dan seuntas kabel untuk menjumper Pin pada  DLC. Berikut  cara mengatur mode altitude motor honda :

1. Cari letak posisi socket DLC pada motor anda, kalo vario injeksi di belakang casing dibelakang plat nomor depan, dengan melepas 2 baut yang terpasang di body, kalo honda beat FI di bawah jok, dengan melepas 2 baut juga, motor yang belom disebut cari tau sendiri ya. hehehe

2. Jumper DLC, caranya perhatikan gambar dibawah ini.



3. Stel Mode Altitude 

A. MODE #1 :

       - Putar idle air screw pada throttle sesuai spesifikasi (1700 Rpm)
       - Putar kunci kontak ke OFF
       - Pastikan DLC sudah dijumper
       - Buka handle gas penuh, dan tahan
       - Putar kunci kontak ke posisi ON
       - MIL seharusnya menyala dan kemudian mulai berkedip dengan cepat.
       - Dalam waktu 5 detik setelah kedipan cepat, tutup handle gas, dan tahan selama lebih dari 3 detik

Catatan :
  • Jika MIL tidak mulai berkedip dengan cepat, putar kunci kontak ke OFF dan coba lagi
  • Jika anda tidak dapat mengulang kembali prosedur, periksa ulang apakah kode kerusakan tidak tersimpan di ECM
  • Jika kode kerusakan tidak tersimpan akan tetapi anda masih tidak dapat mengulang lagi prosedur, ganti ECM dengan yang bagus dan coba lagi.
  • Jika MODE #1 berhasil diatur, MIL akan berkedip-kedip dengan satu kedipan pendek berulang. Jika pola berhasil terlihat, putar kunci kontak ke posisi OFF
  • Lepaskan kabel yang terpasang di socket DLC, dan rapikan bodi kendaraan
  • Periksa putaran stasioner (Standar 1700 Rpm pada suhu 20 derajat celsius)
MODE #2/3/4 :
      - Putar idle air screw pada throttle sesuai spesifikasi (1700 Rpm)
       - Putar kunci kontak ke OFF
       - Pastikan DLC sudah dijumper
       - Buka handle gas penuh dan tahan
       - Putar kunci kontak ke posisi ON, MIL seharusnya menyala dan kemudian mulai berkedip dengan cepat. Dalam waktu 5 detik setelah kedipan cepat dimulai, hentakan handle gas dengan cepat (tutup selama 0,5 detik/buka selama 0,5 detik) sejumlah sesuai spesifikasi, kemudian tutup dan tahan selama lebih dari 3 detik.
       - Jika MIL tidak berkedip dengan cepat, putar kunci kontak ke posisi OFF dan coba lagi

Perbedaan saat penyetelan cuma pada berapa putaran handle gas, berikut keterangannya

MODE #2 : Hentakan handel gas sebanyak 1 kali
MODE #3 : Hentakan handle gas sebanyak 2 kali
MODE #4 : Hentakan handle gas sebanyak 3 kali



Referensi :
https://diy4all.wordpress.com
http://ridertua.com/

Jangan lupa like Fanpage disebelah kanan bawah yaa brooww... #Matur thank you. Salam Otomotif


 
Design by http://4-jie.blogspot.com/ | Bloggerized by Fajri Alhadi