Tuesday, 14 June 2016

Cara Membersihkan Kerak Carbon diruang Bakar Mesin

Halo otolovers,,,, udah tau cara cleaning kerak carbon di ruang bakar yang praktis belom??? biasanya kerak karbon diruang bakar dibersihkan klo ada kerusakan (Penggantian packing silinder head, atau saat turun mesin). Sebenarnya kotoran kerak karbon yang mengendap diruang bakar sangat mengganggu efisiensi kinerja mesin, karena tumpukan kerak ini, campuran bahan bakar dan udara jadi kurang homogen. Dengan demikian, rasio kompresi yang naik membuat mesin gampang ngelitik

Berikut saya terangkan cara cleaning kerak karbon tanpa bongkar silinder head, praktis, cepat, efisien, dan manjur pastinya.
  • Pertama lepas busi dengan kunci busi,


 
  • Setelah busi terlepas, masukan cairan pembersih keruang bakar (Bisa injector cleaner model foam semprot, bisa engine conditioner, bisa carbon cleaner), pastinya harga tiap cairan berbeda beda
  • Masukan cairan cleaner per silinder kurang lebih 100ml per silinder, lalu diamkan selama 15 menit agar cairan kimia merontokan kerak carbon di ruang bakar
  • Setelah itu, keluarkan kotoran karbon dengan vacum carbon, atau klo pengen yang murah pakai suntikan yang diameter agak besar untuk menyedot cairan perontok tadi keluar dari ruang bakar





  •  Setelah itu bilas dengan bensin atau pertamax, masukan ke ruang bakar melalui lubang busi tadi. lalu sedot lagi pakai vacum atau suntikan. Sebelum memasang busi, start engine untuk memastikan kotoran yang diruang bakar sudah keluar semua, lalu lap dengan kain bersih. Pasang lagi busi, lalu kembalikan komponen lainnya seperti awal semula.
  • Kemudian nyalakan mesin, bila ada gejala mesin susah hidup itu wajar. Tetap starter sambil menginjak pedal gas
  • ketika mesin menyala, tahan pada putaran 4.000 - 5.000 Rpm untuk memastikan semua carian dan kerak yang masih didalam ruang bakar, terbaka dan terbuang hingga asap tidak lagi keluar dari lubang knalpot
  • Setelah sudah normal lagi, untuk para bengkel khususnya, untuk meyakinkan pelanggan bisa melihat hasilnya secara langsung dengan camera borescop/endescop via laptop atau android juga ada. harga Rp. 450.000

Minat dengan alat-alat yang diatas.??
Vacum carbon Cleaner 1 tabung harga : Rp.550.000
Camera Endoscop via android             : Rp.500.000
Camera Endescop via laptop               : Rp.500.000

Hubungi : SMS/Call : 0857.2881.8122/ 0823.2629.4855
               BBM       :  5FC72426

NB : Sebelum melakukan cleaning pastikan mesin dalam kondisi normal, dalam arti normal (Tidak ngebul putih/Kompresi lemah/ring piston lemah)


Salam Otomotif, sukses selalu untuk anda semua...... jangan lupa like fanspage dokter otomotif ya....
Sumber artikel dan gambar : http://spaoto.com

Friday, 10 June 2016

Cara Kerja Sensor Temperatur pada Motor Injeksi



Apa kabar para pengunjung blog ? Semoga dalam keadaan baik. Berikut saya akan berbagi materi penjelasan khusus untuk " Sensor Temperatur Mesin" pada motor injeksi. Atau yang sering disebut thermo sensor/thermo unit.

Pada saat kita putar kunci kontak pada motor, suhu mesin pada mesin kondisi dingin. Pada dasarnya suhu kerja mesin optimal adalah 80 derajat celcius, tugas sensor temperatur adalah mengirimkan data suhu mesin ke ECU. Dan ECU akan mengkalkulasikan untuk menentukan jumlah debit bahan bakar lebih banyak pada kondisi suhu dingin. Putaran mesin akan meninggi sesaat dan kembali normal saat suhu ideal tercapai. Letak sensor temperatur berbeda beda, biasanya sih didekat termostat. Untuk motor yang tidak menggunakan radiator/air pendingin, sensor temperatur letaknya dibawah mesin, yang dideteksi adalah suhu oli, kalau yang menggunakan radiator yang dideteksi adalah suhu air pendingin.

Dari situlah panas mesin akan mengubah resistensi/tahanan yang berbeda didalam sensor temperatur. Keti8ka sensor mendeteksi suhu yang semakin panas, semakin rendah pula resistensinya. Dalam arti, semakin tinggi pula tegangan input yang dikirim sensor temperatur ke ECU. Begitu pula sebaliknya, jika kondisi suhu mesin dingin maka resistensinya juga semakin besar dan tegangan sinyal ygan dikirim ke ECU juga semakin kecil. Lihat gambar tabel disamping







Jika kita meggunakan scanner motor, data akan terbaca jelas. Contoh saya menggunakan scanner YAMAHA FIDT, untuk memeriksa suhu pada motor Vixion. Sinyal yang dikirim ke ECU semula berbentuk tegangan akakn diubah menjadi satuan derajat celcius. Scanner akan menunjukan kelainan data dan menunjukan angka -20°C jika socket sensor dilepas, seolah olah motor berada di tempat yang sangat dingin, injektor akan menyemprotkan debit bahan bakar yang lebih banyak


gAMBAR SCANNER SUHU EROR

Lalu bagaimana cara memeriksa kerusakan pada sensor temperatur? Dan jika sensor ini rusak, akankah mesin akan mogok atau masih bisa hidup normal? Untuk memastikan kerusakan ini, harus memerlukan banyak tahapan pemeriksaan. Jika terdeteksi Sensor temperatur open atau short circuit system mengalami gejala yang berbeda. Mesin masih bisa hidup, tapi bisa juga mati. Selama ini yang sering terdeteksi hanya saat sensor temperatur dalam posisi open circuit, resistensi besar, dan tegangan yang dikirim ke ECU kecil






Kasus motor susah distarter, mesin dalam kondisi ideal/panas. Sebab ECU membaca sinyal itu seperti dalam kondisi suhu mesin dingin, lalu injektor diperintahkan untuk menyemprotkan bahan bakar lebih banyak. Stasioner motor jadi buruk karena terlalu kaya bahan bakar dalam pembakaran, dan motor masih bisa berjalan dalam kondisi darurat. Indikator " Check Engine " pada speedometer akan menyala dan ketika dibaca dengan scanner akan menampilkan kode kerusakannya. Berikut gambar foto scanner ketika menampilkan kode kerusakan, dan keterangannya

Foto scanner DTC suhu

Foto scanner Suhu nnormal


Dan jika kerusakan sensor temperatur dengan kasus nilai  tahanan mengicel, sinyal tegangan yang dikirim ke ECU mendekati 5V, dan pada saat itu ECU menerima sinyal, seolah olah mesin overheat (terlalu panas). Secara otomatis ECU akan mematikan sistem injeksi dengan memutus sinyal ke injektor dan coil. Lampu " Check Engine " tidak berkedip dan saat dilihat dengan menggunakan scanner juga tidak terdeteksi adanya kode kerusakan. Tegangan standby pada socket sensor 5 V, dan akan diubah sesusai resistensi yang naik turun diujung sensor, anda bisa memeriksanya dengan AVO meter






Mekanik harus teliti dalam mendiagnosa kerusakan. Sebab ada 2 kemungkinan pada kasus diatas yang menyebabkan sensor temperatur mengalami resistensi kecil dikarenakan memang mesin Overheat salah satunya, seperti kehabisan oli mesin, kehabisan air pendingin sehingga mesin akan overheat saat dipakai jarak jauh. Atau bisa juga sensor temperatur mengalami short circuit yang menyebabkan nilai resistensi kecil, karena ada kerusakan pada sensor itu sendiri. Dan solusinya ganti sensor themperatur dengan yang baru.

Semoga bermanfaat... 

Sumber artikel :  https://axelworkshop.wordpress.com



Jika anda berminat dengan alat scanner yamaha diatas bisa memesan langsung dengan saya, harga Rp. 1.850.000
Hubungi :
SMS/WA/Call : 0857.2881.8122/0823.2629.4855
BBM : 5FC72426


Solusi mesin motor overheat (indikator temperatur menyala)


Pernahkah anda mengalami pengalaman yang seperti saya alami, motor saya vixion indikator temperatur/suhu menyala ketika dijalan. yang pertama saya lakukan ketika indikator suhu hidup, saya berhenti sebentar di pinggir jalan, saya matikan mesin. sekitar 5 menit saya kontak on, indikator temperatur mau mati ketika mesin saya hidupkan. kalo indikator masih hidup saat mesin dihidupkan maka tunggulah sebentar lagi. jangan ditekatin. bisa tambah parah nanti jadinya.

Pemeriksaan mesin dimulai.
  • Saya cek level air radiator (oke), liat juga kondisi air coolant, kalo emang udah lama dah nggak diganti , dikuras aja deh, soalnya juga ngefek. air coolant mengandung zat anti beku, itu berfungsi menaikan titik didih air, biasanya kalo air mineral mendidih di suhu 100 derajat celcius, nah kalo air coolant sekitar 110 derajat celcius, tergantung tingkat zat anti beku yang terkandung di coolant, ada juga yang 120 derajat titik didihnya.  
  • Kalo masih panas, atau lampu temperatur nyala diperjalanan, cek thermostatnya sodara-sodara, kalo pengen nggak bongkar thermostat bisa dicek pakai scanner. dengan cara pasang scanner setelah itu posisikan menu disuhu, lalu hidupkan mesin, sambil digas terus sampai mencapai suhu kerja maksimal, sekitar 80-90 derajat celcius, kalo thermostat oke temperatur air pendingin akan turun sekitar 7 derajat. Contoh kalo thermostat membuka pada suhu 80 derajat, maka suhu akan turun ke 73 derajat. jadi nggak perlu bongkar tutup thermostat. Bagi yang tidak punya scanner bisa pemeriksaan dilakukan manual, dengan cara lepas thermostat di mesin, lalu rebus dengan air, diatas kompor. perhatikan dengan seksama, sebelum air mendidih, katup thermostat, akan bergerak membuka. kalau nggak mau membuka, berarti thermostat rusak, saran saya ganti dengan yang baru.
  • Kalo masih panas, periksa kondisi kipas pendingin. hidup apa ndak, kalo mati, cek rellay kipas, kalo bagus, cek kabel dari ECU ke rellay. kalo nggak mau lagi, coba dilangsung terminal (+) dan (-) kipas ke accu, kalo mati ganti motor fan, kalo hidup, ganti ECU atau dibikin portabel nggak ngikut ke ECU, tapi pakai saklar sendiri, ribet juga kalo dibikin saklar , nggak main otomatis
  • kalo masih panas lagi, coba cek air radiator, kalo ndak ada kebocoran tapi air surut bisa disebabkan dari air terserap panas, dikarenakan silinder head motor memuai, atau perpak silinder cop rusak. bisa juga tutup radiator macet tidak mau nyedot air dari tandon. kalo dulu kasus saya air radiator tinggal dikit, saya pikir tutup radiatornya yang rudak, ternyata ada retakan diselang buang yang mengakibatkan kebocoran tekanan vakum radiator, harusnya vakum itu nyedot air dari tandon ke radiator pada suhu dimana air radiator berkurang, eh malah tekanannya terbuang sia-sia, jadi air diradiator habis, tapi di tandon masih penuh aja. 
  • Kalo semua oke, air radiator masih berkurang, bongkar thu silinder head, lalu di slyp/perataan permukaan silinder head. di tukang bubut, biar hasil oke, ganti perpak silinder head yang baru,
Mungkin sekian dulu artikel ini, kalo ada kesalahan mohon dimaafkan, kalo ada salah ketik mohon dimaklumi. Bagi sodara-sodara yang ingin memesan scanner motor injeksi bisa menghubungi kontak saya
 SMS/WA/Call : 0857.2881.8122/0823.2629.4855
BBM               : 5FC72426

Klik suka pada fanspage dokter otomotif, kalo suka sama artikelnya ya brother.... Salam otomotif.....
Semoga bermanfaat

Friday, 3 June 2016

PENGUMUMAN PENTING UNTUK PELANGGAN SETIA DAN PEMBACA BLOG




URGENT, PENGUMUMAN UNTUK PARA PELANGGAN SETIA DAN PEMBACA BLOG AGUNG, SEMALAM TELAH TERJADI KERUSAKAN PADA PIN BBM ; 52591A8B, ATAU LEBIH TEPATNYA SUDAH DIBAJAK ORANG YANG TIDAK BERTANGGUNG JAWAB, DIHARAP BERHATI-HATI JIKA CHAT, DAN BERTRANSAKSI DI AKUN BBM SAYA YANG LAMA. JIKA AKUN BBM SAYA YANG LAMA TELAH MENYEBARKAN BERITA PALSU, ATAU MEMINTA DAN MENAWARKAN PRODUK, HARAP LANGSUNG DIHAPUS SAJA AKUN BBM SAYA YANG LAMA. SAYA TIDAK BERTANGGUNG JAWAB ATAS PENIPUAN YANG DIATAS NAMAKAN TOKO ONLINE SAYA.

HARAP HAPUS AKUN BBM : 52591A8B



KONTAK RESMI

SMS/CALL ; 0857.2881.8122/ 0823.2629.4855

WA              : 0857.2881.8122

BBM BARU: 5FC72426

 

ATAS PERHATIANNYA, SAYA UCAPKAN TERIMAKASIH. SALAM OTOMOTIF

 
Design by http://4-jie.blogspot.com/ | Bloggerized by Fajri Alhadi