Tuesday, 26 August 2014

Cara memilih scanner mobil dengan dana yang pas-pasan.

Bengkel anda sedang berkembang??? bingung mau beli scanner tapi uang mefet. hehehehe.... kali ini saya akan memberi saran bagi anda-anda yang sedang kebingungan dalam memilih scanner. Bagi anda pemilik bengkel atau mekanik lepas, jika anda ingin memiliki scanner mobil untuk membatu pekerjaan anda tapi dana mefet saya sarankan membeli scanner-scanner dibawah ini dan lihat spesifikasinya

1. ELM 327



Scanner ini sudah merajalela ditanah air, selain harganya murah alat ini juga dapat digunakan ke banyak mobil Asia, Eropa, China, Dll. Tapi alat ini hanya dapat mendeteksi kerusakan injeksi, gak bisa mendeteksi kerusakan sistem support mobil seperti SRS, ABS, A/T, IMMOBILIZZER, dll. Tapi dengan alat ini sudah cukup membantu pekerjaan kita sebagai mekanik dalam mendiagnosa kerusakan sistem injeksi. Berikut Fitur-fitur yang dimiliki oleh ELM 327 :

- Menampilkan RPM Mesin
- Menampillkan Nilai Beban Mesin
- Menampilkan Suhu Air pendingin (Coolant)
- Menampilkan Status Sistem Bahan Bakar
- Menampilkan Kecepatan Kendaraan
- Daftar pemangkasan bahan bakar jangka panjang
- Daftar pemangkasan bahan bakar jangka pendek
- Menampilkan tekanan udara masuk
- Menampilan saat pengapian
- Menampilkan rata-rata udara udara yang mengalir (Air Flow Rate)
- Menampilkan posisi throttle absolute
- Menampilkan tegangan sensor oksigen
- Menampilkan tekanan bahan bakar

Software OBDII protocol scanner ELM 327:
- ISO 15765-4 (CAN)
- ISO 14230-4 (KWP2000)
- ISO 9141-2
- J 1850 VPW
- J 1850 PWM

Berikut daftar mobil OBD2 Compliant yang dapat discan dengan scanner ini, Klik link ini untuk daftar mobil yang kompatibel dengan scan ini .OBD2 COMPLIANT

Penampakan software ELM 327

A. Membaca data kerusakan

B. Dashboard

C. Data Beku


 E. Monitoring





Minat dengan barang diatas hubungi : 
SMS/CALL/WA : 0857-2881-8122
                              0823-2629-4855
BBM                  : 5FC72426

2. OBDmate OM500

 

Tidak semua mobil dapat discan dengan scanner ELM 327, mobil jepang yang beredar di indonesia banyak juga yang tidak bisa tembus. Contohnya avanza tahun 2004-2008, daihatsu gradmax, suzuki carry, APV, Swift, dll. Kenapa gak bisa tembus, karena Software OBD2 protocol berbeda. Untuk mobil-mobil jepang yang tidak dapat tembus jika discan dengan ELM 327, saya sarankan anda mempunyai OBDmate OM500, berikut spesifikasinya ;

Fitur :
- Dapat digunakan pada mobil keluaran tahun1996 sampai sekarang
- Mudah dalam pembacaan MIL
- Dapat membaca kode DTC Generic (P0, P2, P3, dan U0)
- Spesifikasi pabrikan P1, P3, dan U1 dan kode DTC Pending
- Mematikan MIL dan menghapus DTC
- Ada penjelasan DTC

OBD2 Protocol sccanner OBDmate OM500
- CAN (Controller Area Network) dan semua aliran JOBD/EOBD/OBD2
- J 1850 PMW
- J 1850 VPW
- ISO 9141
- KWP 2000

Kompatibel mobil-mobil jepang : Toyota, Honda, Daihatsu, Mazda, Mitsubishi, Nissan, OBDII/EOBD/JOBD

Berikut penampakannya



Minat dengan barang diatas hubungi : 
SMS/CALL/WA : 0857-2881-8122
                              0823-2629-4855
BBM                  : 5FC72426
 3. MVCI (3 in 1) Honda, Toyota, Volvo




Scanner ini adalah scanner professional yang digunakan pada dieler2 resmi mobil Toyota, Honda, dan Volvo. Kenapa saya sarankan alat ini kepada anda? Di negara kita, mobil jepang paling banyak dijalan raya, dan brand mobil yang paling terkenal dinegara kita adalah TOYOTA, HONDA, klo mobil VOLVO jarang-jarang yahhhh... Dengan scanner MVCI ini, Bengkel anda akan seperti bengkel spesialis mobil brand tersebut, karena softwarenya sama dengan yang digunakan pada dealer-dealer TOYOTA, HONDA, dan VOLVO. Apa aja sihhh fungsinya kok penawaran saya muluk-muluk kaya gitu, hehehe. Dibawah sini gan spesifikasinya :

Fitur :
 - Mendeteksi sistem kerusakan mesin, SRS, EPS, A/T, IMMOBILIZER, ADAPTASI, dll pada mobil
   TOYOTA, HONDA, dan VOLVO, semua sistem pada mobil-mobil tersebut dapat ditembus dengan
   scaner ini
- Scanner ini juga sudah dilengkapi dengan socket OBD 1 Toyota 22 PIN, socket OBD 1 Honda 3 PIN
- Bisa Upgrade software juga lagi, jadi tiap ada software penggerak yang terbaru, anda bisa memperbaharui
  lagi,

Berikut penampakan scanner dan softwarenya



A. Software TIS Techstream Toyota

 




B. Software VIDA VOLVO


C. Software HDS HONDA

Minat dengan barang diatas hubungi : 
SMS/CALL/WA : 0857-2881-8122
                              0823-2629-4855
BBM                  : 5FC72426

Bersambung.... hehehe... masih ada lagi scanner murah, pengen tau,??? tunggu artikel terbaru

Semoga bermanfaat,,, salam otomotif!!!!

Sunday, 17 August 2014

Cara membersihkan carbon di ruang bakar dan injektor


Teknologi yang digunakan pada kendaraan saat ini telah menganut sistem injeksi, selain lebih irit, teknologi ini juga ramah lingkungan. Sistem injeksi pada dasarnya menyuplai bahan bakar ke dalam ruang bakar tekanan tinggi yang dihasilkan oleh pompa bahan bakar (Fuel Pump). Motor injeksi mempunyai lubang inti yang bertugas sebagai penyuplai bahan bakar, biasanya kita mengenalnya dengan sebutan nozzle/injektor.

Injektor adalah komponen dalam sistem injeksi yang bertugas sebagai pengkabut bahan bakar yang bertekanan yang disuplai oleh fuel pump (pompa bahan bakar).Seberapa penting membersihkan injektor kendaraan kita? singkat cerita, injektor adalah komponen yang dilalui bahan bakar secara terus menerus, kita tak tahu kan apakah bahan bakar itu bersih apa kotor, walaupun sudah disaring dipompa bensin tetap saja masih ada partikel-partikel kecil yang masih terbawa bahan bakar sampai diinjektor, dan jika partikel tersebut tidak dapat disemprotkan melalui lubang kecil di injektor tentu saja menempel dikomponen injektor dan jika terus menerus tidak diperhatikan maka akan banyak kotoran yang akan menempel diinjektor dan akan menyebabkan suplai bahan bakar ke ruang bakar tidak optimal.

Berikut beberapa cara membersihkan injektor dan ruang bakar dari kotoran karbon :

1. Sistem mencampurkan cairan injektor cleaner ke tangki bahan bakar


Fuel Injector Cleaner merupakan cairan yang berfungsi untuk mengikis deposit kerak yang ada dalam ruang bakar dan kotoran yang ada di injektor. Perlu digaris bawahi Fuel injektor cleaner  berbeda dengan octane booster (aditif untuk menaikan nilai oktan bahan bakar). Penggunaan simpel aja, tinggal tuangkan cairan Fuel Injektor Cleaner kedalam tangki bensin. satu botol bisa untuk mencampur 40 liter bensin, jadi kalo buat motor katakanlah 10 liter bensin, tinggal tuangkan seperempatnya.

2. Membersihkan injektor dan ruang bakar dengan mengganti bahan bakar dengan cairan injektor cleaner

Cleaner ini merupakan cairan pembersih yang aman terhadap fungsi-fungsi elektrikal dari sensor-sensor, kita tahu disistem injeksi ada banyak sekali sensor yang terpasang di mesin. Lagi pula larutan kimianya pun aman terhadap karet-karet klem sambungan.

Cara kerjanya :

lepas konektor pipa saluran bensin yang terpasang di injektor dan melepas konektor power fuel pump untuk mematikan fuel pump dimotor, jika dimobil lepas sambungan selang di reel injektor, lepas sekering pompa di fuse box untuk mematikan pompa bensin.
Perhatian : Jika konektor / sekering powernya tidak dilepas, nanti bensin akan menyemprot dari pipa dan tentu sangat perbahaya

Tutup keran saluran tabung injektor cleaner, ini akan menghentikan aliran cairan lalu atur tekanan yang akan keluar dari tabung injektor cleaner menggunakan sebuah regulator yang akan menyamai semprotan bahan bakar dari fuel tank. Setelah itu nyalakan mesin motor secara normal di Rpm langsam alias Idle, dari sini kita akan lihat akumulasi tekanan yang terlihat pada pressure meter akan berkurang. tekanan akumulasi ini menandakan tabung cleaner injektor sudah dihubungkan dengan ruang bakar via injektor. Mesin akan mati secara otomatis ketika cairan pembersih injektor habis. kurang lebih selama 10 menit

3. Membersihkan injektor dengan fittec "Coil dan Injektor Tester"







 Cara kerja :
Lepas injektor di mesin, hubungkan kabel injektor tester dan hubungkan selang dari kaleng cairan injektro cleaner ke injektor lalu nyalakan saklar di alat injektor tester, maka injektor akan hidup dan menyemprotkan cairan cleaner dan akan membersihkan kotoran yang ada didalam injektor. kotoran akan terlihat jelas

4. Mencuci injektor dengan ultrasonik dan injektor cleaner tabung

Cara kerja :
Lepaskan injektor di mesin, lalu cuci injektor dengan cairan injektor cleaner, atau jika emang kepepet gak ada cairan injektor, bisa juga merendamnya dengan thinner dengan gambar alat sebelah kanan, sekitar kurang lebih 15 menit agar kotoran diinjektor rontok semua, jika sudah bersihkan injektor dengan injektor cleaner di sebelah kiri, dan perhatikan semprotan bahan bakar saat dibersihkan dengan alat tersebut.


Sumber artikel dan gambar : dari beberapa blog dan website di internet,

Perhatian : Like dokter otomotif ya ...!!! makasih dah mampir ke blog ane boss

Semoga bermanfaat, salam otomotif....
Jika ada yang ingin ditanyakan bisa hubungi kontak person saya
BBM : 5FC72426
Call/SMS :
   Indosat     : 0857-28/81-8122
   Telkomsel : 0823-2629-4855

 
Design by http://4-jie.blogspot.com/ | Bloggerized by Fajri Alhadi