Friday, 17 October 2014

Scanner Motor Universal Terbaru

Salam sejahtera untuk pembaca setia "Blog Agung" semua, kali ini saya akan mengenalkan alat scan motor terbaru yang multi fungsi dan sangat support untuk motor-motor injeksi yang sudah beredar luas diindonesia seperti "Yamaha, Honda, Suzuki, Kawasaki".Anda pasti sedang kesulitan mencari scanner motor yang dapat mendeteksi All motor yang sudah beredar diindonesia, banyak scan motor universal diindonesia yang diperjual belikan, tapi satu kelemahannya nggak bisa scan motor Honda, hehehe.... saya akan berbagi info dan menurut saya sih kabar gembira dibidang perbengkelan diindonesia, karena udah ada scan All motor injeksi diindonesia, bengkel motor umum bisa tampil keren, dan nggak kalah keren sama Dealer motor resmi.



Scanner motor Universal yang akan saya kenalkan adalah, scanner "Zeus Automotor". Scanner ini produk dari China, dan kompatibel untuk motor : Honda, Yamaha, Sym, Suzuki, dll. Scanner ini selain bisa langsung scan Handheld tanpa pake laptop, tapi klo pengen keliatan "Wah" sama pelanggan scan ini juga bisa digunakan pake laptop, keren kan... Selain itu, scan ini juga bisa diupgrade, kalo ada motor produk baru, ente nggak usah bingung lagi, cuma tinggal upgrade aja,,, untuk scan yang sudah beredar luas diindonesia, kebanyakan motor-motor lama yang bisa discan,,,  

Berikut Fitur-fitur yang ada discan motor universal "Zeus Automotor"
  1.  Membaca data kerusakan sistem injeksi
  2. Menghapus kode kerusakan, dan history kerusakan pada motor
  3. Pengetesan Aktuator (Sesuai Fitur Motor), Biasanya cuma motor yamaha
  4. Stel CO/BBM (Boros/Iritnya bahan bakar)
  5. Pengetesan sistem sensor
  6. Dan banyak lagi fungsi yang terdapat pada scanner ini
  7. Fungsi tambahan, Menampilkan data grafik osiloscop
  8. Bahasa indonesia lagi, tambah keren kan nih alat. Semakin mudah dipelajari bahkan orang awan sekalipun, menjadikan teknisi anda semakin mandiri sehingga tidak memerlukan bocoran teknik tiap produk motor dari teknisi bengkel resmi, karena scan ini bisa mendeskripsikan setiap menu injeksi motor secara otomatis




Data steam via laptop

Data Stream via unit scan





Scanner bergaransi 1 tahun, bisa diupdate, bisa untuk scan motor-motor injeksi diindonesia, juga bisa diupdate untuk motor kawasaki dengan menambahkan software dan socket DLCnya. Coba bayangin aja scanner motor kawasaki kan mahal banget brooo,,,, 

Selain itu, scan ini juga bisa diberi label nama bengkel, biar seperti bengkel resmi. lihat gambar dibawah



masih kurang sama info diatas, pengen liat penggunaan alat, nih aku kasih link videonya tapi masih pake bahasa vietam, Video Scanner Motor Universal

Harga scanner diatas belum termasuk kawasaki Rp. 6.850.000, (Honda, Yamaha, Piaggio, Sym, DLL)
Harga scanner motor komplit dengan kawasaki Rp. 9.000.000

tapi jika dihitung jika bos beli scanner eceran
Scanner Motor Yamaha                                 Rp. 2.500.000
Scanner Motor Honda                                   Rp. 2.600.000,  ada juga yang 3.300.000
Total                                                             -----------------   +
                                                                     Rp. 5.100.000

itu belum scan yang lain-lain,,, iyaa nggak. Harga scan diatas 6.850.000 sudah Nett, beli scan sama agung dijamin, Aman, terpercaya, pelayanan oke, fast respon, bisa konsultasi, dll. hehehe.... "Promo boleh donk"

Minat, Segera hubungi 
SMS/WA/Call  : 0857-2881-8122/ telkomsel : 0852326294855
BBM               ; 5FC72426
Fanpage FB     : Dokter Otomotif

Semoga bermanfaat, salam otomotif,,, jangan lupa lika FP disamping kanan bawah yaa, kalo suka sama artikelnya, jangan lupa beli alatnya juga, hehehe







Tuesday, 14 October 2014

Apa itu socket OBD 2?

Socket OBD 2 adalah "On-Board Diagnostic" soket yang membantu anda untuk menghubungkan ECU/ECM mobil dengan alat scanner untuk mendiagnosa berbagai masalah di mobil. Tidak semua mobil dilengkapi socket OBD 2, namun jika mobil anda rakitan tahun 1996 atau yang terbaru, maka diwajibkan oleh hukum internasional untuk menggunakan socket OBD 2 sebagai standar untuk memeriksa kkerusakan dan masalah pada mobil. Khusus untuk negara kita "Indonesia", ada beberapa mobil yang masih beredar masih menggunakan OBD 1, seperti mobil Kijang EFI, Soluna, Honda Genio, dll. Tiap brand mobil yang menggunakan socket DLC OBD 1 bentuknya tiap merk mobil berbeda, seperti toyota socket 17 PIN dan 22 PIN, Honda 3 PIN, dll




On-Board Diagnostic atau OBD, dalam konteks otomotif, adalah istilah umum pada kendaraan untuk mendiagnosa dirinya sendiri dan melaporka data-data ke ECU dan laporan tersebut bisa kita akses dengan menggunakan alat scanner. Sistem OBD memberikan kemudahan kepada pemilik kendaraan atau teknisi bengkel mobil, untuk mengetahui kerusakan mobil dan sistem didalamnya. Jumlah informasi diagnostik yang tersedia melalui OBD telah bervariasi secara luas sejak diperkenalkannya pada awal tahun 1980. Pada tahun 1985, OBD 1  diperkenalkan untuk membakukan cara dimana komputer kendaraan dapat dipantau. Daftar fungsi OBD 1 mampu melakukan pemantauan elektrikal mesin secara sederhana dan sudah bisa membantu teknisi untuk mempermudah mencari masalah di dalam mobil. Tetapi masih banyak kekurangannya, salah satu contoh : kode trouble atau kode masalah disetiap merk mobil masih berbeda-beda walaupun masalahnya sama.

Kemudian, diawal sejarah OBD 2, sedikit dikenal dengan istilah OBD 1,5. Ini adalah pengenalan parsial untuk OBD 2, dengan versi beta. Sebagai contoh yang menggunakan OBD 1,5 adalah GM (General Motors) yang digunakan pada tahun 1994-1995. Pada saat tersebut katalitik lamda sensor mulai dipasang dan standar yang ditentukan sudah OBD 2 yang membawa kita pasa koode P (Trouble Code). Anda bisa menemukan kode ini bila pada mobil anda terjadi masalah pada sensor dan kita gunakkan alat scan tool untuk melihat masalah tersebut.

Akhirnya, pada tahun 1996 OBD 2 diperkenalkan dan dengan ini datang konektor Diagnostik 16 PIN yang kita kenal sekarang. OBD 2 standar yang ditetapkan jenis konektor diagnostiknya, mempunya format pesan dan cara dimana signal listrik akan ditransfer ke alat scanner. OBD 2  standar juga menyedianakn daftar ekstensif Diagnostic Code Trouble (DTC) sebagai hasil dari standarisasi ini, satu perangkat atau satu alat scan suda bisa digunakan untuk menscan berbagai merk mobil untuk mendiagnosis masalah.

Spesifikasi OBD 2 mengharuskan konektor standar, yaitu 16 PIN konektor.




 Jika kita perhatikan pada mobil kita, Toyota avanza lama, APV, Grandmax, dll. Terutama Mobil Jepang, Socket  OBD 2 hanya ada 4 PIN yang digunakan (PIN No. 4, PIN No. 5, PIN No. 7, dan PIN No. 16)

Tuesday, 7 October 2014

Cara mereset lampu indikator Timing Belt kijang Diesel



Langkah-langkah mereset lampu indikator timing belt kijang diesel
  1. Persiapkan alat yang dibutuhkan : Obeng (+)  panjang dan pendek
  2. Lepas/Bongkar dashboard dari dudukannya. Melepas dashboard kijang diesel sangatlah mudah, yaitu dengan melepas 6 skrup pengikat dibagian bawah dashboard dan 4 baut didalam laci
  3. Setelah 10 baut dan skrup terlepas, angkat sedikit dashboard , kemudian cabut/lepas beberapa socket saklar/panel dari : Lampu fog, electric mirror, almpu hazzard, Wipper belakang, Jam digital, Lighter, indikator  Alarm (Jika ada).
  4. Angkal dashboard keluar, Lepas 4 skrup pengikat speedometer. Cabut kabel kawat speedometer dan 3 socket speedometer
       
         5. Pindahkan skrup reset ke lubang sebelahnya seperti gambar dibawah ini


          6. Speedometer siap dipasang kembali, dan lampu indikator timing belt otomatis mati.


Semoga bermanfaat, salam otomotif....!!!!
jangan lupa like Fanpage dokter otomotif disamping yaa brooo

Sumber artikel :http://bengkelpinuji.blogspot.com

6 Alasan harus membeli OBDmate OM500 dan ELM 327

Dijaman sekarang mobil-mobil sudah memakai sistem injeksi/EFI (Electronic Fuel Injeksi), mengapa harus EFI? berikut alesannya, disamping lebih simple perawatannya juga lebih efisien dalam pemakaian bahan bakar karena semua sistem dimobil sudah dikontrol oleh ECU, pengukuran lebih presisi dan pas, lebih irit dan ramah lingkungan.

Mobil-mobil sudah EFI, berikut saya kenalkan alat scan yang dapat membantu meringankakn pekerjaan kita dalam memperbaiki mesin mobil injeksi yang sudah beredar diindonesia.. yaitu ELM 327 dan OBDMATE OM500

1. Harga murah
    Harga scan yang saya terangkan diatas termasuk murah dengan harga OBDMATE OM500 Rp. 1.250.000, dan untuk ELM 327 harga Rp.400.000, membantu meringankan pekerjaan kita dalam menganalisa kerusakan sistem injeksi pada mobil

2.  Sangat cocok untuk bengkel yang sedang berkembang dan mekanik panggilan dan rental mobil
     Dengan harga terjangkau, mekanik dapat menaikkan imaj canggih dimata pelanggan jika sudah memiliki scanner dan lebih dipercaya oleh pelanggan, disamping dapat nilai tambah dimata pelanggan pastinya harga jual jasa yang bisa naik dengan menganalisa dengan alat yang presisi yaitu scanner, untuk rental mobil alat ini sangat membantu mengecek kondisi kelistrikan mesin agar lebih terorganisir dalam servis mobil dan nggak bermasalah saat mobil rental disewa oleh pelanggan

3. Kompatibel untuk mobil yang sudah beredar diindonesia
   Scan diatas sangat kompatibel untuk mobil-mobil yang sudah beredah diindonesia, terutama mobil jepang 95% tembus, seperti Toyota, Suzuki, Mitsubishi, Mazda, Nissan, Daihatsu, Ford, dll. discan dengan OBDmate OM500, sedangkan mobil-mobil jepang terbaru seperti allnew toyota, allnew honda, allnew daihatsu, mobil-mobil eropa bisa discan dengan ELM 327

4. Best Seller
    Sejak dikenalkan dan dijual diindonesia, scan ini sangat booming dibidang perbengkelan mobil, terutama bengkel umum, karena harganya murah, dan sangat cocok untuk mobil-mobil yang sering masuk ke bengkel, sampai saat ini belom ada komplain dari pemakai OBDmate OM500 dan ELM 327

5. Praktis
Dua-duanya termasuk Scan yang kecil dan mudah dibawa, pengoprasian yang nggak sulit dan sangat mudah ini menjadi pilihan para mekanik, praktis dan nggak bikin pusing dalam pemakainan, mekanik kan sukanya yang praktis-praktis, udah pusing sama masalah mobil masak ya mau dibikin pusing lagi sama scanner. Yang harusnya scanner itu perannya sebagai perangkat pembantu mekanik, masak yaa harus bikin repot. hehehe

6. Canggih
Scanner ELM 327 ada yang versi bluetooth dan dapat menyecan mobil dengan menggunakan perangkat smartphone Android, dan aplikasi scannernya bisa didownload langsung dimarket placenya android yaitu di play store, banyak aplikasi untuk menscan mobil anda, dari yang gratis sampe yang berbayar. Selain itu ELM juga bisa menscan mobil dengan perangkat PC/Laptop, yaitu dengan menginstal CD elm ke laptop



7. Untuk pengen jelas lagi tonton video dibawah
   -  Video ELM 327 yang lagi menscan mobil grand livina klik link untuk lihat video
      
   - Video OBDmate OM500 yang lagi menscan mobil Avanza Klik link untuk lihat video
    
Semoga membantu dalam memilih alat bantu dibengkel anda, salam otomotif... Like fanpage disamping ya boss

Minat dengan barang diatas hubungi
BBM : 52591A8B
SMS/Call/WA :
Indosat : 085728818122
Telkomsel : 082326294855

Hyundai Getz saat mesin panas tidak bisa di gas

Halo sobat otomotif semua, kali ini saya akan bertukar pengalaman mengenai troubelshooting pada mobil Hyundai Getz SOHC,



Awal cerita, pelanggan datang dan saya tanya keluhan pada mobil yang dibawa oleh pelanggan, dan si pelanggan menerangkan keluhan mesin mobil mbrebet, dan ketika saya lihat kondisi mesin emang mbrebet nggak bisa buat jalan, saya mengarahkan pelanggan agar mobil diservis tune up dulu untuk mengecek semua sistem, dari sistem pengapian dan suplai bahan bakar.

Ketika ditune up, saya lihat kondisi busi, filter bensin, dan filter udara. Ternyata kondisi semua komponen masih bagus lalu saya pasang lagi seperti semula, lalu mesin saya starter hasilnya mesin tidak mbrebet lagi, lalu saya test drive sejauh kurang lebih 5 Km, mobil kumat lagi mbrebetnya, dan mogok. distarter juga nggak mau hidup mesinnya, setelah mesin dingin mesin mau hidup lagi saya bawa ke bengkel dan saya check kondisi pompa bensin ternyata tekanan bensin lemah, lalu saya minta yang punya mobil membelikan pompa bensin yang bagus, dapetnya malah merk "NUK". ya udah saya pasang aja mesin dingin masih normal dan stabil ketika mesin udah mulai panas dan mau saya test drive malah kumat lagi mbrebetnya dan mogok maning. Karena hari sudah sore, yang punya mobil saya suruh pulang dulu dan saya pulang untuk menjernihkan pikiran karena masalah-masalah bengkel. hehehehe

Esok harinya saya check kelistrikan sensor-sensor injeksinya, menurut pengalaman, kalo mesin bermsalah ketika panas dan mogok biasanya bermasalah pada sensor CKPnya, dan ternyata benar kabel-kabel disekitar sensor CKP konsleting, pada berantakan solasinya dan 2 kabel saling berhubungan, dan itu dapat mengakibatkan suplai data ke ECU terganggu, saya coba perbaiki dan rapikan kabel-kabelnya, tapi masih aja mobil kumat lagi brebetnya, saya berfikir sensor CKP sudah rusak dan saya beli sensornya dengan harga 400.000 yang original barangnya, soalnya nggak bisa dituker kalo rusak.hehehe
Karena kemaren saya udah minta pompa bensin dan ternyata nggak sembuh, nggak enak donk kalo mau minta sparepart lagi.Sparepart udah dapet dan saya pasang, mesin saya starter hidup normal, dan langsung saya test jalan kan sama temen-temen... dan lagi-lagi apa yang saya takutin terjadi, penyakit akutnya kumat lagi udah ganti sparepart masih aja nggak sembuh-sembuh. Saya check lagi sistem kelistrikannya ternyata nggak ada masalah, lalu saya check pompa bensinnya lagi saya bongkar lagi rumah pompa bensin yang ada didalam tangki bensin, ternyata rumah pompa bensin yang berbahan plastik pecah, saya coba tambal pakai lem plastik steel dulu soalnya kalo saya minta ganti ntar kasihan pelanggan abis duit banyak, setelah tambalan kering, pompa bensin saya pasang, setelah rapi mesin saya hidupkan sekitar 15 menit, kondisi idle stabil, lalu saya coba test jalan, dan mesin masih juga stabil buat akselerasi juga nggak mbrebet lagi,,,, gara-gara masalah spele otak dibikin muter-muter


NB : lebih telitilah dalam memeriksa suatu komponen.
Semoga bermanfaat buat para mekanik, dan para pembaca setia blog saya... salam otomotif

 
Design by http://4-jie.blogspot.com/ | Bloggerized by Fajri Alhadi