Thursday, 29 August 2013

Mesin Diesel Sistem Common Rail

Common rail termasuk mesin diesel generasi terbaru, dibandingkan mesin diesel lama, diesel common rail terkenal dengan CC yang lebih kecil tapi bisa menghasilkan tenaga dan torsi yang jauh lebih besar. dibandingkan dengan diesel non common rail seperti panther 2.5, tenaga maksimum hanya 74 HP/3500 Rpm dan torsi maksimum = 191 Nm/2000 Rpm.
Berdasarkan Jenisnya, diesel common rail termasuk direct injection, dimana bahan bakar langsung disemprotkan ke piston. Pembakaran dipicu oleh udara yang dimampat  atau dikompresikan didalam silinder. Akibat pemampatan itu, tekanan udara dan suhunya menjadi sangat tinggi, dan mencapai titik bakar solar, ketika solar disemprotkan ke udara yang dimampatkan itu, solar langsung terbakar. Dengan cara ini, mesin diesel tidak memerlukan busi sebagai pemantik api.

Perbedaan utama common rail dengan tipe diesel yang lama adalah sistem injeksinya,sistem common rail ini digabungkan dengan sistem injeksi yang dikontrol secara elektronik, sedangkan tipe diesel yang lama injektor membuka karena tekanan bahan bakar, tetapi pada common rail yang membuka injektor adalah arus listrik dari ECU (komputer). Kuantitas bahan bakar dan putaran mesindiatur secara terpisah oleh control module (ECU).

Teknologi Common Rail Injection (Injeksi Rel Bersama) merupakan salah satu teknologi injeksi pada bahan bakar yang berada pada ruang bakar dengan sistem tekanan yang dihasilkan secara terpisah oleh injektor. Dalam aplikasinya, teknologi common rail injection memerlukan alat penampung yang memilikei tkanan tinggi pada nozzel. Sistem tekanan injeksi tersebut dapat diatur secara terpisah dari putaran mesin dan jumlah bahan bakar yang telah terinjeksi menurut kalkulasi tertentu. Tingkat  tekanan injeksi didalam penampung tersebut mencapai 1600 bar yang mengalir menuju injector.

Teknologi common rail injector berfungsi untuk mengurangi emisi gas buang pada mesin dan juga untuk melakukan penghematan bahan bakar sehingga lebih efisien. Dengan adanya teknologi common rail injeksi diharapkan sistem pembakaran pada mesin menjadi lebih optimal. Dengan sistem kerja yang maksimal pada teknologi common rail injection dikhawatirkan membuat mesin menjadi panas dan dapat menimbulkan kebakaran serta ledakan apabila terjadi kebocoran

Cara kerja sistem common rail
sejumlah bahan bakar yang telah diberikan tekanan oleh pompa suplai kemudian disimpan kedalam sistem common rail sebelum dilakukan distribusi kepada injektor. Pada Electric Control Unit (ECU) dan juga Electronic Driving Unit (EDU) melakukan kontrol jumlah dan waktu kerja sistem injeksi bahan bakar untuk mencapai tingkat yang optimal dengan cara melakukan pembukaan dan penutupan sistem injektor dengan menggunakan sinyal yang didapat dari sensor yang terpasang.


Sumber Artikel :
http://www.esbepe.com/teknologi-common-rail-injection/#chitika_close_button
http://awansanblog.wordpress.com/2013/07/21/mengenal-mesin-diesel-common-rail/









Wednesday, 28 August 2013

Cara Mengatasi Sekering Mobil Sering Terbakar atau Meleleh

Sekering pada sirkuit kelistrikan mobil pasti sangat diperlukan, untuk mencegah terjadinya kebakaran pada kabel body mobil yang dikarenakan oleh hubungan arus pendek atau korsleting. Kadang kita menemukan sekering mobil meleleh, entah pada bagian sekering itu sendiri atau dari rumah sekering (Fuse Box).

Penyebab Sekering Mobil Meleleh/Terbakar

Sekering mobil yang meleleh/terbakar disebabkan karena panas yang ditimbulkan disekitar sekering, dan panas itu sendiri disebabkan karena ukuran ampere pada sekering lebih kecil dari arus listrik yang mengalir melewati sekering tersebut. Sebagai contoh perumpamaan, ketika kita menjumper accu untuk menstarter mobil dengan menggunakan kabel yang berukuran kecil. Apa yang akan terjadi? Ketika accu yang dijumper sudah terhubung dengan kabel kecil tadi, kemungkinan kabel akan panas membara

Sekering mobil yang sering meleleh juga bisa disebabkan karena faktor rumah sekering atau soket sekering yang longgar atau kontak sekering terdapat kotoran atau karat yang menyebabkan panas. Maka tidak perlu heran ketika sekering yang meleleh diganti kemudian sekering yang sudah diganti tersebut tidak lama kemudian juga itkut meleleh. Sekering mobil sering meleleh jarang kita temui pada mobil baru, biasanya mobil lama yang menambah kabel untuk aksesories atau keperluan lain dalam mobil, tanpa menggunakan sekering terpisah tetapi menggunakan sekering yang sudah ada, yang berakibat kelebihan beban pada sekering tersebut.

Cara Mengatasi sekering mobil yang meleleh

Sekering mobil meleleh biasanya disertai dengan rumah sekering yang ikut meleleh, untuk mengatasinya setidaknya harus memperbaiki soket sekering dulu. Jika memang tidak bisa diperbaiki, ganti rumah sekering (Fuse box) tersebut. Selanjutnya untuk mengatasi agar sekering tidak meleleh lagi adalah mengganti sekering dengan kemampuan arus yang lebih besar dari beban  yang akan melewati sekering tersebut.

Cari tahu secara  pasti beban arus listrik yang melewati sekering tersebut, jika sudah diketahui dengan pasti berapa ampere listrik yang akan melewati sekering, kita bisa menggunakan sekering dengan ukuran 5 ampere lebih tinggi dari arus yang lewat sekering.

Contoh : Headlamp/Lampu Kepala mobil dengan daya 130 W dibagi 12V pada accu mobil dan hasilnya
adalah 10.8 Ampere, dan cukup aman jika menggunakan sekering ukuran15 A atau 20 Ampere.

Sumber Artikel : http://otomotrip.com/penyebab-dan-tips-mengatasi-sekring-mobil-sering-meleleh.html


Software Management Bengkel

Bagi anda yang ingin mengembangkan bengkel anda menjadi bengkel yang lebih terpercaya, pastinya harus ada management control yang lebih bagus daripada sebelumnya. Dari harga jasa perbaikan yang teratur, surat perintah pekerjaan untuk mekanik dan track record mobil yang sudah menjadi pelanggan setia kita.

Bengkel yang bagus bukan hanya dilihat hasil pekerjaannya, tapi pelayanan pelanggan dan management yang teratur. Disini saya akan berbagi penjelasan tentang Software management bengkel mobil maupun motor

Software Managemen Bengkel adalah solusi operasional bengkel modern yang mempunyai kapasitas record yang tidak terbatas dan multi user akses. Software ini berisi tentang :
  • Cetak Surat Perintah Kerja
  • History Service tiap-tiap mobil pelanggan
  • Laporan Penjualan (Jasa Perbaikan)
  • Laporan Hutang Piutang
  • Stok Sparepart
  • Operasional
  • Laba dan rugi
  • Penjualan Sparepart
  • Service Kendaraan
  • Dll
 Seiring berkembangnya teknologi maka kita harus memanfaatkan dengan sebaik-baiknya, majukanlah usaha dengan perangkat lunak (Software) yang sesuai dengan kebutuhan. Software Management Bengkel adalah program serservice kendaraan (Mobil/Motor), ubahlah sistem perusahaan anda yang dulunya menggunakan sistem management tradisional (Tidak terkontrol) ke sistem management modern.

Berikut saya berikan sekilas gambaran isi Software Management Bengkel :



  • Tampilan Icon Desktop 
  •  Menu Utama Software Management Bengkel
  •  Setting Nama Bengkel,Alamat,No telp dan Logo Bengkel
  •  Daftar Mobil Yang Pernah Diservice

  • Daftar Pelanggan Tetap yang memiliki mobil lebih dari 1 seperti PT dan Pabrik

  • Daftar Mekanik
  • Tampilan Data Service Mobil Dikomputer
  • Tampilan Data Hystori Mobil Pelanggan
  • Cetak Surat Perintah Kerja
  • Cetak Nota

Klo berminat langsung hubungi no dibawah yaa boss

Harga cuma 300rb, pakai selawase alias selamanya....
Cara kerja simpel, laporan keuangan bengkel bisa dikontrol dan lebih efisien,,,, Anda berminat dengan software ini,
Hubungi :
SMS/CALL/WA
Indosat      : 0857-2881-8122
Telkomsel : 082326294855
PIN BB    : 5FC72426

Jangan lupa Like Fanspage Dokter otomotif disamping boss!!
Salam semangat, sejahtera, dan sukses selalu.... Salam otomootif...!!!

Friday, 23 August 2013

Buku Pedoman Perbaikan

Dijaman sekarang kendaraan sudah serba elektrik, kadang bagi mekanik yang sudah berpengalaman pun nggak percaya diri kalo sudah berurusan sama yang namanya elektrik mesin EFI, soalnya mereka tidak punya panduan/pedoman pembongkaran elektrik.

Menservis mesin EFI itu susah-susah gampang, yang susah itu kalo suruh memperbaiki troubel shooting dimobil, karena semua sistem dari pengapian, suplai bahan bakar dan waktu pembakaran sudah diatur semua sama komputer (ECU). Yang gampangnya kalo suruh tune up, soalnya cuma tinggal cek busi, throttle, sama bersihin filter aja performa mesin dah kembali normal.

Disini saya akan berbagi tentang buku pedoman perbaikan mobil maupun motor, berikut gambar tampilan buku-buku yang akan saya jelaskan

Buku Pedoman mobil berbeda dengan buku manual perbaikan mobil, buku ini lebih menekankan permasalahan yang sering terjadi dimobil dan analisa yang harus kita lakukan agar kita tidak salah tebak sumber permasalahan yang terjadi dimobil EFI.








Buku pedoman mobil ini dibuat untuk tiap tipe mobil, agar perumusan masalahnya dan analisanya lebih akurat.
Buku Pedoman Toyota : Kijang EFI/7K, Avanza, Yaris, Corolla, Innova Diesel, Innova Bensin, Soluna, Rush
Buku Pedoman Suzuki : APV, Baleno,Carry Futura,dll
Buku Pedoman Daihatsu : Grandmax, Taruna EFI,

Berikut isi dari buku pedoman perbaikan mobil
  • Letak sensor dan komponen-komponen elektrik yang berhuubungan dengan mesin
  • Wiring diagram mesin
  • Cara pengetesan sensor-sensor
  • Daftar DTC dan keterangannya
  • ECM Pin data
  • Cara memasang timing belt/timing chain
  • Cara mencari troubel shooting di mesin
  • Data tehnik









Saya juga punya Buku Pedoman untuk motor juga, Tapi yang sudah Injeksi juga seperti Honda Supra X 125 Helm In, Vario Techno FI, CBR, Yamaha Vixion, Mio J,








































Harga Rp 80.000 (Belum termasuk Ongkos kirim)
Jika berminat SMS/Call/WA ke : 0857-2881-8122/0823-2629-4855
BBM : 5FC72426

OBDMATE (Code Reader)




OBDMATE (Code Reader)
Alat simpel untuk mendiagnosa mesin mobil injeksi atau yang sering kita kenal dengan EFI (Electric Fuel Injection), Alat ini berfungsi untuk membaca dan menghapus kode kerusakan (DTC) yang tersimpan di memori komputer (ECU/ECM/PCM).

Socket OBDII
Cara pengoperasiannya yang sangat mudah menjadi keistimewaan alat ini, dapat memeriksa berbagai merk mobil jepang yang sudah tersebar diindonesia seperti (Toyota, Honda, Suzuki, Mazda, Nissan, Daihatsu, dll) yang Socket DLC nya sudah OBDII (Biasanya mobil keluaran tahun 2000 keatas). Bukan hanya itu saja, harga murah juga menjadi daya tarik para mekanik/bengkel umum. Secara mobil sekarang kan dah pada injeksi, mobil yang konvensional alias karburasi udah nggak diproduksi lagi. Alat ini juga bisa menaikan Imej bengkel karena dengan alat ini mekanik bisa mendiagnosa komputer (ECU/ECM/PCM) dengan cara pemeriksaan yang sangat sederhana. Alat ini terlihat canggih dan sederhana dimata pengguna alat tersebut dan orang yang memiliki mobil yang anda sedang service.

 Sudah Penasaran ya mau liat cara pengoperasian nih alat,,, tenang sodara-sodara, saya akan menjelaskan secara detail nih alat sampai yang baca artikel ini pada paham....






Berikut cara penggunaannya :
1. Pasangkan Socket Code Reader ke socket DLC (Diagnostic Link Connector)
2. Putar kunci kontak ke arah ON, keadaan mesin mati. Nanti alat tersebut akan hidup dengan sendirinya karena alat mendapat suplai arus listrik dari kabel yang terdapat di DLC, nanti layar pada OBDMATE seperti gambar disamping.
3. Arahkan kusor di ke main menu denagan tombol arah naik lalu tekan tombol "ENTER" untuk masuk ke "Menu Utama"

4. Jika anda sudah masuk menu utama, layar pada OBDMATE akan menunjukkan merk-merk mobil jepang yang sudah kita kenal, sesuaikan mobil yang akan kita deteksi ke OBDMATE dengan cara menekan tombol arah keatas dan kebawah, lalu tekan "ENTER"

 4. Sesudah anda memilih mobil yang anda ingin diagnosa, layar OBDMATE akan muncul tampilan seperti gambar disamping, disini anda akan disuruh memilih menu "Membaca kode kerusakan (DTC) atau Menghapus kode kerusakan (DTC)" . Jika anda ingin mengecek kerusakan arahkan kusor ke tulisan "Read Codes", 


5. Jika mobil yang anda deteksi terdapat kerusakan, maka layar pada OBDMATE akan muncul gambar seperti disamping. Bila kerusakan berupa kesalahan tegangan, kode tersebut dapat dihapus dengan alat ini, jika kerusakan mobil ternyata disebabkan sensor yang rusak, kabel sensor putus, atau soket yang lupa tidak dipasang ke sensor maka kode tetap akan muncul dilayar alat OBDMATE. Walaupun anda hapus hapus berulang kali, kode kerusakan (DTC) akan tetap muncul

6. Jika kode kerusakan sudah dihapus dan keadaan mobil dah sehat wal'afiat maka layar pada OBDMATE akan muncul seperti gambar disamping. Setelah memakai alat ini, tinggal cabut socket yang terpasang di DLC. Sangat sederhana sekali kan, deteksi mesin kaya mainan game !!!!


Pasti anda-anda pembaca artikel bertanya-tanya sebenernya berapa sih harga ini alat,,, saya dah bisa nebak gan!! hehehehe
Harganya murah kok cuma Rp. 1.100.000 (Belum termasuk ongkos kirim), jika agan-agan minat langsung pesen aja ama saya.

SMS/Call/WA : 0857-2881-8122/0823-2629-4855
BBM               : 5FC72426
Fanpage          : Dokter Otomotif











Wednesday, 21 August 2013

Download Software Manual Sepeda Motor

Untuk anda yang suka bongkar-bongkar motor, apa yang pengen belajar bongkar pasang secara otodidak.... download software manual perbaikan sepeda motor dibawah, dijamin gak kecewa, murah meriah.... daripada jauh-jauh ke toko buku, mending langsung download aja software ane....

DOWNLOAD













DOWNLOAD





DOWNLOAD

DOWNLOAD

DOWNLOAD














Monday, 12 August 2013

Buku Pedoman Perbaikan

Saya punya software dan buku pedoman perbaikan motor maupun mobil gan,,,, dijamin komplite dan murah meriah.

SOFTWARE MANUAL SEPEDA MOTOR

Yamaha Vixion Injeksi           : Rp 40.000
Yamaha Mio Vino Karburasi : Rp 25.000
Honda Mega Pro Karburasi  : Rp 25.000
Honda Karisma Karburasi     : Rp 25.000
Honda Vario 110 Karburasi   : Rp 25.000

SOFTWARE MANUAL MOBIL

Software Manual Toyota Avanza                        : Rp 60.000
Software Manual Toyota Kijang EFI/7K            : Rp 60.000
Software Manual Toyota Kijang Innova Bensin   : Rp 60.000
Software Manual Toyota Kijang Innova Diesel   : Rp 60.000
Software Manual Toyota Altis                            : Rp 60.000
Software Manual Toyota Yaris                           : Rp 60.000
Software Manual Honda Jazz/Fit Vtec                : Rp 60.000
Software Manual  Honda CR-V 2007                : Rp 60.000
Software Manual Honda Civic                            : Rp 60.000
Software Manual Suzuki APV                            : Rp 60.000
Software Manual Suzuki Baleno                         : Rp 60.000
Software Manual Suzuki Futura EFI                   : Rp 60.000
Software Manual Suzuki Karimun Estillo            : Rp 60.000
Sofware Manual Hyundai Elantra                       : Rp 60.000
Software Manual Daihatsu Terrano                    : Rp 60.000


BUKU PEDOMAN PERBAIKAN MOTOR

Buku Pedoman Yamaha Vixion Injeksi              : Rp 80.000
Buku Pedoman Yamaha Mio J Injeksi               : Rp 80.000
Buku Pedoman Honda Supra-X 125 Injeksi      : Rp 80.000
Buku Pedoman Honda CBR Injeksi                   : Rp 80.000
Buku Pedoman Honda Vario Injeksi                  : Rp 80.000

BUKU PEDOMAN PERBAIKAN MOBIL

Buku Pedoman Toyota Kijang EFI                 : Rp 80.000
Buku Pedoman Toyota Kijang Innova Bensin : Rp 80.000
Buku Pedoman Toyota Kijang Innova Diesel  : Rp 80.000
Buku Pedoman Toyota Avanza                      : Rp 80.000
Buku Pedoman Toyota Yaris                          : Rp 80.000
Buku Pedoman Toyota Greal Corolla/Soluna  : Rp 80.000
Buku Pedoman Toyots Rush                          : Rp 80.000
Buku Pedoman Suzuki Carry Injeksi              : Rp 80.000
Buku Pedoman Daihatsu Grandmax               : Rp 80.000

Buku Pedoman perbaikan berbeda dengan manual book, buku pedoman perbaikan berisi tentang spesifikasi tegangan pada sensor, wiring diagram dan lokasi PIN ECU pada mobil, troubel shooting dan analisa perbaikan serta terdapat cara pemasangan timing belt dan timing chain. "
NB : Jika mau order buku atau software mobil yang tidak tercantum diatas bisa langsung menghubungi no dibawah ini

Jika anda berminat dengan Software dan buku diatas hubungi
SMS/Call/WA : 0857-2881-8122/0823-2629-4855
Pin BB             : 5FC72426
Facebook        : Dokter Otomotif

*Untuk Software manual sepeda motor anda dapat mendownload diblog saya, setelah anda download nanti anda saya SMS password pembuka File setelah anda mentransfer uang sesuai harga diatas.

*Untuk Software Manual mobil, software berupa kepingan CD. dikarenakan kapasitas file yang besar sekitar 100 sampai 200MB jadi saya simpan file dikepingan CD, jika anda berminat anda tinggal SMS alamat tujuan dan menstransfer uang sesuai harga diatas + ongkos kirim barang, jika uang telah ditransfer barang langsung saya kirim Via JNE

*Untuk Buku Pedoman, anda tinggal SMS alamat rumah atau tujuan pengiriman dan mentrasfer uang ke rekening saya, jika uang telah ditransfer buku langsung saya kirim ke tempat tujuan Via JNE
untuk buku pedoman "Harga diatas belum termasuk ongkos kirim"

semoga bermanfaat sodara-sodara

 
Design by http://4-jie.blogspot.com/ | Bloggerized by Fajri Alhadi